Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Engine Over Speed Dan Cara Mengatasinya

 Setiap mesin didesain untuk bekerja dalam range putaran tertentu. Mesin genset dengan kategori Medium Speed (yang paling banyak kita jumpai di pasaran untuk keperluan industri), didesain untuk bekerja dengan putaran 1500-1800 rotasi per menit (RPM).

 Baca juga :

Troubleshoot Engine Cat G3412NA  Freq Drop Pada Saat Beban

 TroubleShoot  Mencari Penyebab Push Rod Bengkok Pada Engine Diesel Cat D3406

 Perbedaan Troubleshoot  Diesel Engine dan Gas Engine 

 Mencari Penyebab  Pompa Ebara  Pressure Discharger Drop

Namun oleh beberapa sebab, mesin dapat mengalami Overspeed, yaitu keadaan dimana putaran mesin mengalami peningkatan lebih dari yang seharusnya. Gejalanya: kita mendengar nada suara mesin (frekuensi suaranya) terus naik, mengesankan mesin menjadi tak terkendali dan bisa meledak sewaktu-waktu. Dan memang demikian! Keadaan overspeed ini sering disebut juga ‘mbandang’ oleh para mekanik di Jawa. Artinya kurang lebih: mesin menjadi liar dan tak terkendali!
Dalam putaran yang sangat tinggi, jauh melebihi ambang aman desainnya, komponen-komponen dalam mesin mengalami tekanan luar biasa hingga rusak (patah atau pecah). Bayangkan komponen tersebut bergerak dalam kecepatan tinggi, namun tiba-tiba patah atau pecah! Pecahan komponen itu akan segera terlempar dengan kecepatan tinggi, menghantam komponen lain dan menghancurkannya.
Kesimpulannya: rusaknya satu komponen segera mengakibatkan efek berantai yang bisa benar-benar membuat mesin pecah atau meledak!
Gambar di atas menunjukkan kondisi piston dan komponen-komponen lain dalam mesin genset Caterpilar yang mengalami Overspeed.
Penyebab terjadinya Overspeed paling umum adalah gangguan pada sistem Injeksi BBM. Akibat gangguan tersebut kurang lebih sama dengan gangguan pada pedal gas di mobil kita. Bayangkan jika pedal gas yang sudah terlanjur terinjak dalam, tiba-tiba macet dan tidak bisa kembali lagi ke posisi awal.  Alhasil laju putaran mesin pun akan jadi tak terkendali!
Sistem Injeksi BBM dapat terganggu akibat mekanisme yang aus, tapi lebih umum terjadi karena BBM yang kotor atau tercampur air. Air dalam BBM juga berpotensi menimbulkan karat pada plunger dalam Sistem Injeksi. Karat atau partikel kotoran dalam BBM bisa memacetkan kinerja plunger sehingga jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke ruang bakar menjadi tak terkendali dan mesin pun sangat berpotensi mengalami Overspeed.
Semoga dapat memberi wawasan kepada kita untuk selalu menjaga unit engine yang kita rawat agar senantiasa dapat beroperasi secara handal.
Foto diambil dari berbagai sumber.

Comments

Dwie said…
semoga dapat bermanfaat

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...