Skip to main content

Cara Mengatasi Genset Sering Trip / Shutdown Karena Pengunaan Bio Solar (B20)



Hai teman Dhevils mechanic.  ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang bercerita tentang pengalaman - pengalaman di dunia mekaik Oil and gas industry. tulisan - tulisan sharring tentang permasalahan yang sering terjadi di dunia mekanik.

Dan kali ini dhevils mechanic ingin membahas pengalaman pengunaan minyak B20 sebagai bahan bakar diesel engine (genset yang sering trip akibat pengunaan diesel fuel jenis tersebut, tapi sebelum lebih jauh bercerita tentang bagaimana solusinya tidak salahnya kita mengenal lebih dekat apa itu Bio diesel B20 itu.

baca juga :

Kehidupan di Offshore Platform

Macam - Macam pompa Dengan Cara Kerja Spesial Efek

Profile Team Mechanic Offshore

Bru Ejector Solusi Memproduksikan Sumur Tekanan Rendah


Biodiesel adalah bahan bakar nabati (BBN) untuk mesin atau motor diesel berupa ester metil asam lemak (minyak nabati atau fatty acid methyl ester/FAME) yang terbuat dari minyak nabati atau lemak hewan melalui proses esterifikasi atau transesterifikasi. Bahan baku biodiesel saat ini berasal dari minyak sawit (CPO)

Manfaat biodiesel digunakan sebagai energi alternatif pengganti BBM jenis diesel atau Solar. Dengan kata lain, minyak sawit ini bisa dipakai 100% untuk seluruh kendaraan diesel atau dicampur dengan Solar pada tingkat tertentu, seperti 20%. Jadi program B20 ini mengkombinasikan 80% Solar dan minyak sawit 20%.

Teknik Pembuatan Biodiesel :
Transesterifikasi (disebut alkoholisis) adalah pertukaran antara alkohol dengan suatu ester untuk membentuk ester lain pada suatu proses yang mirip dengan hidrolisis,kecuali pada penggunaan alkohol untuk menggantikan air. Proses ini telah digunakan secara luas untuk mengurangi viskositas trigliserida.
Alkoholisis adalah reaksi reversible yang terjadi pada temperatur ruang dan berjalan dengan lambat tanpa dibantu dengan katalis. Untuk mendorong reaksi kearah kanan dapat dilakukan dengan menggunakan alkohol berlebih.
Reaksi antara minyak (trigliserida) dengan alkohol disebut transesterifikasi . Alkohol direaksikan dengan ester untuk menghsilkan ester baru sehingga terjadi pemecahan senyawa trigliserida untuk mengadakan migrasi gugus alkil antar ester dan ester baru yang dihasilkan adalah metil ester (biodiesel).


Efek plus
1. Sifat membersihkan yang baik, membersihkan kotoran-kotoran di jalur yang dilewati, salah satunya di tangki bahan bakar.
2. Lubricity yang baik, membantu melumaskan terutama di bagian ruang bakar.
3. Terbarukan, jenis bahan bakar baru, harganya lebih mahal dari solar.
4. Ramah lingkungan

Efek minus
1. Sifat membersihkan menyebabkan larutan kotoran pada tangki atau jalur bahan bakar di mana kotoran yang terbawa oleh mesin menyebabkan penyumbatan filter atau kerusakan sistem injeksi bahan bakar mesin.
seandainya mobil diesel buatan 1980-an menggunakan BBN biodiesel kemudian terasa mesin agak tersendat, hal itu mungkin efek dari pembersihan tangki. Kotoran terbawa ke mesin, sehingga otomatis injektor bahan bakarnya akan rusak dan akan merembat ke pembakaran, oli, dan sebagainya.
2. Struktur kimia rantai gandanya mudah teroksidari.
3. Hygroscopic (mudah menyerap air) sehingga bakteri dapat tumbuh dan hasilnya adalah lunpur dan asam yang menyumbat filter.
Biodiesel yang disimpan kurang lebih enam bulan di tangki akan mudah rusak dan bisa menjadi lumpur
 Periode pemeliharaan pembangkit jadi lebih pendek, dan frekuensi penggantian filter jadi lebih banyak, dan penggunaan bahan bakar lebih tinggi

Dari uraian diatas mak dhevils mechanic memberi solusi  dan biasa dilakukan oleh dhevils mechanic untuk menyeleseikan masalah diatas :

1. Pasang fuel filter tambahan
   Dalam penambahan fuel filter ini dhevils mechanic sarankan mengunakan filter yang catridenya menguanakan bahan metal (bukan kertas) agar fuel filter dapat di cuci kembali jika filter sudah kotor, hal ini dapat menghemat biaya operasional genset / engine



2. Pasang Fuel Filter 2 Unit di Pararel
Hal ini bermanfaat unit genset atau engine tidak sampai shutdown karena fuel filter beroperasi secara bergantaian, jika warna indicator fuel sudah mendekati merah alihkan valve ke fuel filter yang tadinya standby dan bersihkan kembali fuel filter yang kotor supaya jika nanti yang operasi saat ini kotor tinggal mengalihkan ke fuel filter yang sudah di bersihkan.  dengan demikian un it genset atau engine tidak sampai shutdown

Demikianlah ide dari dhevils mechanic semoga bermanfaat, ditunggu komentear dan diskusinya yaa.. supaya sharring pengalaman ini lebih greget lagi

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...