Skip to main content

Langkah Kerja Engine Diesel

 
Halo teman - teman dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang bercerita tentang permasalahan - permasalahan yang sering terjadi di dunia mechanic Oil And Gas industry.Dan kali dhevils mechanic ingin membahas tentang prinsip kerja engine diesel karena di tempat gawe dhevils mechanic lagi ada anak - anak PKL dari SMK dan kebetulan juga lagi ada pekerjaan overhoul engine diesel.

Mesin diesel merupakan salah satu jenis motor dengan pembakaran dalam (internal combustion engine). Mesin diesel ditemukan pertama kali oleh seorang berkebangsaan negara jerman yaitu ditemukan oleh Rudolf Diesel pada tahun 1892. 
baca juga :

Mesin diesel memiliki efisiensi panas yang lebih baik dibandingkan dengan mesin bensin, karena pada mesin diesel memiliki perbandingan kompresi yang sangat besar.

Pembakaran pada mesin diesel terjadi ketika injektor atau nozzle menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Bahan bakar yang diinjeksikan ini akan terbakar karena temperatur yang tinggi yang disebabkan oleh tekanan kompresi mesin. dan berikut ini adalah langkah kerja dari engine diesel yang masih konvensional, karena sekarang ini tehnologi engine diesel semakin canggih.

Langkah kerja mesin diesel 4 tak dapat dibagi menjadi 4 langkah yaitu langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah buang.

Langkah hisap
Pada saat langkah hisap, piston akan bergerak dari posisi TMA (Titik Mati Atas) menuju ke posisi TMB (Titik Mati Bawah) dan posisi katup hisap akan membuka, sedangkan katup buang menutup. Akibat dari pergerakkan piston dari TMA ke TMB ini maka volume ruang silinder akan membesar dan menyebabkan terjadinya ke vakuman pada ruang silinder ini.

Pada saat langkah hisap ini udara akan dihisap masuk ke dalam ruang bakar akibat dari kevakuman yang terjadi pada ruang silinder.

Langkah kompresi
Pada saat langkah kompresi, piston akan bergerak dari posisi TMB menuju ke posisi TMA dan keadaan katup hisap serta katup buang dalam keadaan menutup. Pada saat langkah kompresi ini udara yang ada dalam ruang silinder akan ditekan (dikompresikan) oleh piston sehingga akan menaikkan tekanan dan temperatur di dalam ruang bakar.


Langkah usaha
Pada saat langkah usaha kedua katup hisap dan katup buang dalam keadaan menutup dan pada saat ini injektor atau nozzle akan menginjeksikan sejumlah bahan bakar ke dalam ruang bakar. Bahan bakar bertekanan yang diinjeksikan ini akan membentuk partikel-partikal yang kecil dan akan terbakar dengan cepat akibat temperatur di dalam ruang bakar yang tinggi.

Pada saat ini akan terjadi pembakaran dan tekanan pembakaran ini akan mendorong piston bergerak dari posisi TMA ke posisi TMB.

Langkah buang
Pada saat langkah buang, piston akan bergerak dari posisi TMB menuju ke posisi TMA dan keadaan katup buang akan membuka, sedangkan katup hisap dalam keadaan menutup. Pada saat ini gas hasil pembakaran akan ditekan keluar melewati katup buang oleh piston.

langkah - langkah diatas berulang terus menerus,  dan tunggu tulisan berikutnya tentang bagian - bagian dari engine diesel.

Demikianlah langkah kerja dari engine diesel , semoga dapat membuka wawasan kita terhadap dunia mekanik. ditunggu komentar dan diskusinya yaa..

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...