Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Cerita Troubleshoot Air Compressor Ingersollrand di Remote / NUI

Remote / NUI

 

Remote atau NUI adalah sebutan untuk platform - platform kecil tempat beberapa cluster sumur/Well.   Minyak dan Gas yang di produksikan dari beberapa Remote / NUI dikirim/ dilairkan ke Platform proses bisa memlalui perpipaan dibawah laut atau lewat kapal tangker. 

Jarak setiap Remote/ NUI tidak sama ada yang dekat ada pula yang jauh tergantung dimana letak titik bor dari cadangan minyak yang ada. ada yang hanya 15 menit dari platform utama dan ada yang 1 jam perjalanan dari platform utama.


Perjalanan ke Remote /NUI mengunakan kapal crew boat, dan kadang jika kapal crew boat sedang banyak job sementara trouble di Remote / NUI harus segera diseleseikan, perjalanan mengunakan kapal suply / AHT


Berangkat ke Remote/NUI biasanya pagi hari, jkita dibawain sekalian snack, makan siang, dan cemilan. kadang kita tidak sempat sarapan minta dibungkusi sekalian sarapannya.

Seperti saat ini, semalem dapet laporan via Pigging dari marinir yang jaga di Remote/NUI  klo Air compressor tidak ada suaranya. akhirnya marinir kita pandu untuk mengamankan operasi air compressornya. yang 1 unit bisa running normal dan satu unit trip di panel. akhirnya kita jadwalin besuk paginya untuk berangkat ke Remote/NUI

Team yang ikut berangkat dari Mekanik, Electrical dan Instrument. karena permasalahannya saling terkait antara bagian satu dengan bagian yang lainnya, Elctrical untuk power, instrumentrasi untuk controlnya dan mekanik bagian Air Compressornya.




Sesampai perjalanan  dengan ombak yang cukup lumayan akhirnya kita sampai di Remote/ NUI, kita sarapan dahulu dengan memakan bekal dari team Ctaering

Setelah selesei sarapan baru kita action terhadap laporan trouble semalem, kita check Air compresor ke panel conrolnya yang ada di Switch Gear platform. teryata disana ada lampu indikasi low press oil setelah kita check ke air compressornya teryata memang air compressor minyak pelumasnya berkurang, akhirnya kita tambahkan minyak pelumas kurang lebih 4 Liter
Akhirnya kita coba test Running leg and lagnya kurang tepat, seharusnya air compresor mulai nyala di pressure 85 Psi dan mati di 110Psi. kemudian kita setting ulang leg and lagnya. berikut ini tutorial settingnya 


                                    

 Setelah selesei setting kita test kembali, kita check semua parameter OK semua pekerjaan troubleshoot air compressor di remote selesei. kita menunggu kapal jemputan.

Demikianlah gambaran bekerja di offshore semoga dapat membantu, silahkan tulis coment dan pertanyaan untuk lebih jauh tentang dunia offshore 




Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...