http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Remote / NUI
Remote atau NUI adalah sebutan untuk platform - platform kecil tempat beberapa cluster sumur/Well. Minyak dan Gas yang di produksikan dari beberapa Remote / NUI dikirim/ dilairkan ke Platform proses bisa memlalui perpipaan dibawah laut atau lewat kapal tangker.
Jarak setiap Remote/ NUI tidak sama ada yang dekat ada pula yang jauh tergantung dimana letak titik bor dari cadangan minyak yang ada. ada yang hanya 15 menit dari platform utama dan ada yang 1 jam perjalanan dari platform utama.
Perjalanan ke Remote /NUI mengunakan kapal crew boat, dan kadang jika kapal crew boat sedang banyak job sementara trouble di Remote / NUI harus segera diseleseikan, perjalanan mengunakan kapal suply / AHT
Berangkat ke Remote/NUI biasanya pagi hari, jkita dibawain sekalian snack, makan siang, dan cemilan. kadang kita tidak sempat sarapan minta dibungkusi sekalian sarapannya.
Seperti saat ini, semalem dapet laporan via Pigging dari marinir yang jaga di Remote/NUI klo Air compressor tidak ada suaranya. akhirnya marinir kita pandu untuk mengamankan operasi air compressornya. yang 1 unit bisa running normal dan satu unit trip di panel. akhirnya kita jadwalin besuk paginya untuk berangkat ke Remote/NUI
Team yang ikut berangkat dari Mekanik, Electrical dan Instrument. karena permasalahannya saling terkait antara bagian satu dengan bagian yang lainnya, Elctrical untuk power, instrumentrasi untuk controlnya dan mekanik bagian Air Compressornya.
Sesampai perjalanan dengan ombak yang cukup lumayan akhirnya kita sampai di Remote/ NUI, kita sarapan dahulu dengan memakan bekal dari team Ctaering
Setelah selesei sarapan baru kita action terhadap laporan trouble semalem, kita check Air compresor ke panel conrolnya yang ada di Switch Gear platform. teryata disana ada lampu indikasi low press oil setelah kita check ke air compressornya teryata memang air compressor minyak pelumasnya berkurang, akhirnya kita tambahkan minyak pelumas kurang lebih 4 Liter
Akhirnya kita coba test Running leg and lagnya kurang tepat, seharusnya air compresor mulai nyala di pressure 85 Psi dan mati di 110Psi. kemudian kita setting ulang leg and lagnya. berikut ini tutorial settingnya
Setelah selesei setting kita test kembali, kita check semua parameter OK semua pekerjaan troubleshoot air compressor di remote selesei. kita menunggu kapal jemputan.
Demikianlah gambaran bekerja di offshore semoga dapat membantu, silahkan tulis coment dan pertanyaan untuk lebih jauh tentang dunia offshore
Comments