Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Load test Pedestal Crane di XMA PT Pertamina EP Field Jatibarang Platform

  
Hallo teman - teman mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechaniv yang menceritakan pengalaman kerja dhevils didunia mechanic Oil and Gas Industry, dan kali ini ingin berbagi cerita waktu load test crane setelah crane di GOH. kebetulan yang kami test ini adalah pedestal crane yang ada disebuah platform  X-ray  milik PT Pertamina EP Field Jatibarang. Bagaimana keseruannya  yuk ikuti terus tulisan dhevils mechanic.

Crane  di buah offshore platform sangat penting sekali, sebab untuk transfer material maupun transfer personal selalu mengunakan crane, dan oleh karena itu performer crane harus selalu bagus, tidak boleh sampai terjadi breakdown.  sehingga crane harus rutin di maentenace, rutin di inpeksi.

Crane beroperasi harus ada SKPI dari dirjen migas. Migas mempersyaratkan sertifikat kelayakan (worthiness certificate) untuk SKPP (utk peralatan) dan SKPI (utk facility) yang harus di applikasikan oleh Operator Oil & Gas yang beroperasi di Indonesia as per regulasi berikut:
Keputusan Direktorak Jendral Minyak dan Gas Bumi Nomer: 84.K/38/DJM/1998

Baca juga :

Peralatan  Keselamatan Di Offshore Platform


Profile Team Mechanic Offshore

Kehidupan Di Offshore Platform

Macam -  Macam Pompa Special Efek



Load test pedestal crane ini pada crane dengan merk Mniatec dengan kapasitas 30 Ton, yang dimaksus kapasitas 30 disni adalah daya angkat pada saat derajat boom ter besar dan jarak beban terdekat itu 30 Ton. Test beban ini mengunaka water bag dengan mengisi air laut sesuai dengan berat yang akan diinginkannya.

Nahh seperti apa  load test pedestal crane dengan mengunakan beban water bag, dan berikut adalah urutan pelaksanaan nya ikuti terus yaa :

Prepare alat (persipan alat)
  water bag di siapkan pada hock crane dengan ditambah timbangan untuk mengukur berat air yang dimasukan kedalam water bag. jangan lupa pasang tali untuk safety pada sisi bawah water bag, hal ini bertujuan jika ada sesuatu emergency air yang didalam water bag dapat di buang / di release kedalam laut supaya beban berkurang.  setelah semua siap baru water bag di angkat dan diturrunkan mendekati permukaan laut untuk pengisian air pada water bag

Pengisian air ke dalam Water Bag
Pengisisna ini mengunakan pompa dari pompa fire speed boot, karena posisi speed boot dapat berada disamping  water bag. pengisian ini dilakukan secara perlahan sesuai dengan beban yang diyaratkan. tidak boleh langsung tetapi secara bertahap, kita catat dan documentasikan.


Setalah water bag terisi air dengan berat tertentu  Operasikan pedestal crane dengan mengetest Swing, Boom up, Boom down sesuai dengan radius yang disyartakan didalam load test, check suara engine, temperature oil hidrolik maupun depleksi pada structure crane. lakukan secara bertahap dan lakukan hal yang sama.
Penegetesean ini hingga 100 % dari kapasitas crane karena sebagaian besar part crane diganti baru, seperti pompa hydrolic main dan aux, drum komplite dengan motor winch, wire rope, hock dll. Jika semua data sudah didapat maka kemudian di release kembali air ke laut secara perlahan untuk mengakiri test load pada pedestal crane ini.

Setelah pekerjaan selesei, sebelum meninggalkan paltform kita house keeping semua peralatan yang sudah tidak terpakai kemudian  menulis laporan pengetesan pedestal crane ini. untuk mendapatkan SKPI yang sekarang namanya COI.

Semoga Tulisan ini  dapat memberi gambaran bagaiman cara pengetesan beban pedestal crane di offshore. ditunggu komentar dan diskusinya jika teman - teman semua mempunyai cara lain dalam mengetest beban pada pedestal crane di Offshore platform sup[aya sharring knowledge ini lebih seru lagi.
Foto - foto koleksi pribadi, di ambil pada saat pengetesan beban pedestal crane manitec ML2400  dengan beban 30 T di Platform XMA  Lapangan  X-Ray PT Pertamina EP Field Jatibarang

Comments

Dwie said…
pekerjaan waktu measih menjadi mekanik offshore
PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

Keterangan tambahan :
1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
3. SPI-PI Besi Baja,
4. SPI-PI Produk Kehutanan,
5. SPI-PI Barang Bekas,
6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
7. Produk-produk Lartas SNI
8. LS ( Laporan Surveyor )
9. LS Alas kaki
10. LS Garment
11. LS Textile
12. LS Electronik

Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id


Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...