Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Pekerjaan Pengantian Engine Pedestal Crane di Offshore

Hallo teman - teman semuanya, kali ini saya ingin menceritakan pengalaman kerja kami dalam pengantian engine pedestal crane di offshore platform, tepatnya di XD PT Pertamina EP Field Jatibarang. pekerjaan yang memang sulit dan penuh resiko. karena selain teinggi juga faktor angin dan ombak yang sangat mempengerahui.
Bekerja di offshore penuh tantangan., dan hal ini sangat saya sukai. Tantangan yang lumayan berat klo menurut saya adalah pengantian unit engin pedestal crane. Jika perbaikan / pengantian unit lain sich ngak terlalu banyak masalah, karena ada unit crane yang dapat digunakan untuk proses lifting sendiri. Berbeda dengan trouble saat ini, unit engine crane itu sendiri yang rusak, sementara tidak ada lagi alat angkat disana.karena Dia yang paling tinggi posisinya diatas platform

Baca juga ;






Kenapa engine musti diganti?
engine primeover  merk Caterpillar dengan model Cat D3406 RPM 2.000 RPM mengalami pecah pada block. hal ini akhibat engine over heat sehngga packing cylinder head terbakar dan air pendingin masuk ke ruang kompresi. Sementara Air tidak dapat di kompresi menyebabkan piston jebol dan connecting rod menonjok kesamping  dan block engine pecah.
Solusinya unit engine harus diganti baru. dimulai dengan pekerjaan membuat scaffolding dulu di area sekitar deck engine supaya ada rauang untuk bekerja.
Bongkar cover kabin engine dan peralatan lainnya.
Pindahkan engine ke deck hellypad yang ada disebelahnya dengan cara di bikinkan ayunan dari wirerope ke gantri crane
Buat Jimpull ke Gantri Pedestal crane dengan cara di buatkan klem bolt dan diberi engsel untuk swing
Setelah cuaca tenang, ombak kecil dan alun pendek, barulah kapal AHT bisa merapat ke platform
Dan berikut adalah foto - foto yang kami lakukan dalam proses pengantian unit engine cat D3406 sebagai primeover pedestal crane merk manitec 



 
Ini adalah alat angkat/ tarik yang kami gunakan dalam proses pengangkatan ini, 

Dalam prose pengangkatan secara manual dari kapal ke platform terutama ke atas kabin engine crane pededtal crane harus benar - benar hati - hati, mengutamakan keselamatan dan harus ada safty officer yang mengawasi dari jauh barang kali ada potensi - potensi yang membahayakan.
Pekerjaan selesei dengan aman, dilanjut dengan house keeping peralatan dan material yang tidak terpakai, Foto diatas adalah pada saat dhevils mechanic mengawasi pekerjaan tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...