Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Cat dan Pengecatan

Hasil gambar untuk pengecatan
Cat dan Pengecatan
Hallo teman – teman semua, di dunia offshore tidak dapat lepas dengan maentenance, dan di bagian maentenace tidak bisa lepas juga dari masalah pengecatan (painting). Dan disini saya akan menulis tentang Cat dab Pengecatan secara umum. Bagaimana cara perlakuan pada saat proses pengecatan.

11.       Aduklah cat sebelum dipergunakan. Pigemen berat, cenderung untuk tengelam sampai dasar. Sekiranya cat dipergunakan tanpa diaduk terlebih dahulu dengan baik, maka komposisi didalam kaleng dapat berbeda disuatu permukaan dengan permukaan yang lainnya. Selaput yang mungkin terdapat agar dihilangkan dengan cara menyeringnya sebelum digunakan.

22.       Ketebalan

Spesifikasi ketebalan cat untuk suatu sistem cat agar benar – benar diperhatikan. Bilaman dipergunakan cat alkyd. Ketebalan yang berlebihan dapat menyebabkan gagalnya pengeringan keras (hard drying) dan menyababkan kerutan pada permukaan ditambah daya lekat kurang sempurna.

33.       Sekiranya sandblasting dan shopprimer tidak digunakan
Gunakan hanya sistem konvensional seperti cat alkyd

44.       Persiapan permukaan untuk pengecatan
Usia efektif dari lapisan anti korosive primers diatas permukaan baja sangat tergantung kepada sejauh mana suatu permukaan telah dipersiapkan, sebelum pekerjaan pengecatan dilaksanakan.
Pembersihan karat, millscale, garam, lemak, kotoran dan cat yang elah menegelupas penting artinya. Sisa karat akan menyebabkan dibawah permukan cat yang disebabkan oleh adanya penetrasi uap air dan oxygen dari udara luar. Millscale akan mengakibatkan lepasnya karat dan merusak kelekatan cat.

55.       Pembersihan.
a.       Pembersihan tangan dengan mengunakan sikat kawat, skrap, pahat, palu.
b.      Pemebrsihan dengan mesin dengan mempergunakan alat pengelupas. Sekiranya gerinda piringan dipergunakan, piringan harus berukuran benar kasar / halusnya dan sering kali harus diganti
Hasil gambar untuk menggerinda
c.       Sandblasting.
Hasil gambar untuk sand blasting
d.      Pembersihan dengan pembakaran.
Bilamana dipergunakan sistem cat mutakhir dengan dasar epoxy. chlorinated rubber atau vibyl. permukaan harus selalu dibersihkan dengan cara sandblasting hingga Sa 2 1/2 - 3 Swedish standard 055900.
Sambungan las diberikan perhatian khusu. Sambungan las dapat menyebabkan pengaratangalvanis sebagaimana halnya dengan millscale. Sambungan las tidak dapat dibersihkan secara efective dengan sikat kawat dan oleh kareanyasandblasting dipergunakan.

Bilamana hal ini tidak dapat dilaksanakan, maka sekurang - kurangnya piringan pembersihan yang dipergunakan, setelah primer harus segera di ualaskan.

Millscale harus dihilangkan sama sekali dengan cara sandblasting hingga Sa 2 1/2 - 3. Sekiranya tingkat ini tidak tercapai, maka sand blasting tidak disarankan karena dapat berakibat lebih parah lagi. Oleh karena itu disarankan  agar lebih baik millscale mengarat, mungkin dengan jalan memercikan air laut setiap hari sebelum pengecatan dilakukan. Jangan lupa membersihkan permukaan tersebut dengan air pembersih dan menghilangkan karat dengan jalan scarp, ketok atau sikat kawat sebelum pengecatan dilakukan.

6. Minyak, Lemak
 Minyak dan lemak dapat mencegah terjadinya cat melekat dan memperlambat pengeringan. Oleh karena itu harus dihilangkan dengan terpentine.

7.  Pengecatan dengan primier permukaan yang telah dipersiapkan
Satu lapisan primer harus segera di ulas setelah persiapan/pemebrsiahan guna melindungi permukaan yang telah berish tersebut. Untuk memperoleh perlindungan terbaik, lapisan primer diulas dengan kwas untuk diperoleh penutupan yang merata seluruh tempat, kelingan, sambungan las dan pori - pori.
Bilamana persiapan telah dilaksanakan dengan sand blasting maka primer boleh dicatkan dengan airless spray.

8. UnderCoats
Dengan adanya undercoating maka akan diperoleh suatu dasar yang baik untuk cat akhirnya pula memudahkan primier tertutup.
Undecoating membantu pula dalam menghasilakn ketebalan keseluruh lapaisan cat.

9. Cat Akhir'
Cat akhir dimaksudkan untuk memberikan perlindungan dan ketahanan bagi sistem cat tersebut. sekaligus memberikan keindahan. cat akhhir mencegah penetrasi uap air dan oksigen dari udara disamping kerusakan mekanis.

Demikianlah ulassan tentang cat ini dari saya, semoga dapat bermanfaat dan ditunggu coment dan sarannya untuk perbaikan tulisan ini

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...