Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Hydrolic Starting System


Pada umumnya starting suatu engine adalah mengunakan electrical starter, namun di temapat - temapt khusu yang hazarduz area tidak dianjurkan mengunakan electric starter, seandainya mengunakan electric starter harus yang type class 1 div 1 ato class 1 div 2.

Untuk saat ini saya lagi troubleshoot engine crane Roto 15 tidak dapat running dikarenakan pressure nitrogen akumulator menunujukan 0 Psi, dan di isi kembali menunjukan pressure 0 psi, berati akumulator dinyatakan rusak, sebelum kita membahas tentang akumulator sebaiknya kita membahas tentang sytem hydrolic stater.

System Hidrolik Starter menyimpan energi dalam bentuk minyak hidrolik di bawah tekanan di dalam akumulator piston. Minyak dilepas oleh katup kaki yang dioperasikan secara manual atau katup starter yang dioperasikan solenoid.

Setelah terlepas, oli akan berjalan ke motor starter yang terhubung dengan gigi ring mesin dan mulai menghidupkan mesin.

Ketika mesin telah mencapai kecepatan tembak, roda gigi pinion secara otomatis ditendang kembali oleh gigi ring.

Pengisian ulang dapat dilakukan secara manual menggunakan pompa tangan, elektrik menggunakan pompa hidraulik atau bahkan menggunakan hidraulik on-board mesin host.


Motor starter bekerja dengan cincin gigi mesin dan engkol mesin. putaran hydrolik motor starter ini ada yang 400Rpm hingga 6000 rpm tergantung unit apa yang akan diputar/distart.

Meskipun kecil dan sangat ringan (11 lbs), starter ini memberikan pukulan yang cukup dengan torsi 15 ft-lbs dan kemampuan untuk menyalakan 7000 RPM. Ini diterjemahkan menjadi mesin yang sangat cepat mulai dari mesin hingga 9 liter (549 cu. Masuk). Mesin yang lebih kecil ini sangat umum di sekoci, yang merupakan contoh utama ketika start cepat adalah yang terpenting.


Akumulator menyimpan energi hampir tak terbatas dalam bentuk minyak bertekanan.

design and manufacture piston accumulators at our facility located in Alsip, IL. Our standard offering includes 3,000, 5,000 and 10,000 psi rated models in capacities from 1 quart to 50 gallons. We have also extensively designed and manufactured custom accumulators for various applications. Our offering includes units made of stainless steel, carbon steel, plated carbon steel and aluminum ranging in pressures from 1000 psi to 30,000 psi



Pompa tangan mengisi ulang akumulator tanpa memerlukan sumber daya eksternal. Alat ini digunakan jika pressure di ruang oli akumulator sudah rendah, tetapi biasanya kita mengunakan peneumatic pump merk Huzkle.


video diatas adalah saat kami ngetest kebocoran akumulator dengan pressure 1200 Psi, Seal piston dan seal cover kita ganti baru tetapi hasil modifikasian.





Tulisan ini jauh dari kata sempurna, sehingga ditunggu kritik saran dan masukan supaya tulisan ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Comments

brightshieldz said…
thank atas penjelasannya mas
Dwie said…
terimakasih sudah mampir omkoeh, semoga dapat bermanfaat
Salam kenal om Dwi,

Mau tanya Om....kapal selam AL yg dibeli dari Korsel akan melakukan penggantian "DC motor starter hidraulic pump"....nah yg dimaksut komponen tsb seberapa besar ukurannya dan untuk melakukan penggantian apakah bisa bisa dikerjakan secara plug and play ataukah harus membelah bodi kapal selam dulu untuk mengeluarkan motor hidraulik pump nya ��
Dwie said…
salam kenal balik omkoeh... semoga sehat selalu.. Untuk DC motor Stater Hydrolic pump ini yang dimaksud adalah motor DC untuk memompa pressure hydrolickah? klo itu yang dimasud tergantung KW motor DC yang digunakannya om... untuk mengeluarkan motor hydrolic pump secara pulug and play atau membelah kapal? sepertinya ngak om.. karena jika ukurannya masih dibawah 100HP masih bisa muat lewat pintu/ windownya kapal selam om, atau mungkin di kapal selam ada pintu/window untuk maintenance peralatan.

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...