Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Project Pengecatan pompa Minyak model Steam TeiKoku

 TeiKoku adalah merk pompa yang sangat lawas sekali, Pompa ini di pasang pada tahun 1972, tetapi sampai saat ini masih beroperasi, dengan banyak modifikasi.
 Hasil gambar untuk tekoku steam pump
Ada bermacam - macam model pompa yang dengan merk TeiKoKu, ada yang horisontal Setam pump, ada yang vertikal steam pump. untuk yang horisontal hampir mirip dengan product gardener denver dengan type FJ.
 
Pompa ini beoperasi dengan pengerak  gas dari well head/ gas sumuran yang bertekanan 20 Bar dan digunakan untuk memompa minyak dari stasiun pengumpul ke Stasiun Pengumpul Utama, minyak yang dipompakan type HPPO yaitu type minyak yang kental dan beku jika suhunya dibawah 60 derajat Celsius

Pompa Positive Displesmant atau pompa reciprocating dengan Double acting ini dulunya  mengunakan plunger sebagai pendorong minyak, tetapi olehnkami di modifikasi mengunakan Rubber piston yang lebih mudah diganti rubbernya dari pada waktu masih mengunakan plungger 5"
Hasil gambar untuk rubber piston 5"
Modif dari punger ke rubber piston hanya merubah Plunger dengan Rubber piston Asembly, sementara untuk piston rod masih mengunakan yang lama. Merk Rubber piston bermacam - macam, dapat mengunakan merk Mission, merk Gardener denver, atau merk lokal yang banyak dijual di toko - toko penjual peralatan pompa.

 
Untuk Suction Valve dan discharger valvenya juga sudah kami modifikasi, jika dulu mengunakan valve dari bahan kuningan dalam setiap set valve suctin terdiri dari 4 valve kuningan yang kecil - kecil, kini pompa ini mengunakan Durabla Valve dari bahan Stainless Steel dan Teflon,
 Hasil gambar untuk durabla valve
Hal ini lebih memudahkan dalam perawatannya, jika dulu mechanic sering skuur valve karena sisi seat dan valve seing aus,  sekarang lebih awet dan tahan terhadap fluida minyak yang dipompakannya
 
Dan kali ini kami sebagai team maentenance mekanik setelah memperbaiki pompa karena tidak dapat menghisap, pompa kami bersihkan dan lakukan pengecatan guna perawatan
 
pompa kami bersihkan dengan mengunakan kondensat untuk menghilangkan minyak, kemudian kami bilas dengan mengunakan sabun

Setelah kering baru kami cat dasar, dan lanjut dengan cat utama  dan hasil seperti gambar diatas


Semoga dapat memberi pencerahan, ditunggu komentar dan diskusinya untuk menambah wawasan kita semua, profil penulis, bergabung dengan pertamina semenjak th 1994 sebagai mekanik pompa, kompressor, genset, dll

#Dhevils Mechanic
















Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...