Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Perbaikan Pompa Gardener Denver IFD 172

 Mendapat hibahan unit pompa dari bagian lain ada suka dukanya, disisi lain kita senang dapat tambahan unit pompa untuk membackup masalah pemompaan di unit kita, kita tidak kerepotan lagi dalm permasalahan pemompaan. Tetapi disisi lain kita sebagai mechanic mendapatkan pekerjaan tambahan, selain nantinya pada saat maentenance juga pada saat ini mempersiapkan unit tersebut bisa handal beroperasi di lapangan yang kita support.

OK, akan kita ceritakan satu persatu tentang pekerjan kita saat ini, kita mulai ndari pompanya dulu ya...
 
 Pompa dengan merk Gardner Denver, merk yang tidak asing di dunia industry Oil and Gas. Pompa ini buatan Amerika yang cukup handal dengan konstruksinya yang besar dan kokoh, menandakan jika unit pompa ini handal dan Heavy duty untuk di operasikan siang dan malam.

Pompa ini bekerja double acting dengan panjang stroke 12"   diameter liner  5" dengan  rubber piston sebagai part pendorongnya.
 
Sebagai primer over dari pompa ini mengunakan engine Caterpillar D334 engine diesel yang sudah tidak dapat diragukan lagi,  Engine dengan 6 cylinder inline, pendingin dengan water cooled.
 Unit Caterpillar yang sudah lama sekali di produksi tetapi masih handal beropersi di lapangan. dan untuk saat ini PT Trakindo  sebagai agen resmi caterpillar di Indonesia sudah tidak melayani unit yang 3 digit lagi, karena mungkin spare partnya sudah tidak stock lagi. tetapi dilapangan masih banyak kita melihat unit ini masih beroperasi walau dengan seadanya.
 
 Part - part unit engine ini masih banyak di toko - toko mesin industry atau after market didaerah asam reges jakarta.


Unit sebelum dipasang dilapangan di pastikan kondisinya di Bengkel Rekondisi Umum (BRU) workshop milik PT Pertamina EP Field Jatibarang sendiri. yang memiliki mechanic  jago - jago dengan pengelaman puluhan tahun dan ribuan kali menangaini berbagai permasalahan di dunia mekanik terutama di bidang Oil and Gas. tetapi kadang lambat laun karena perubahan pola pikir pimpinan yang tadinya memanfaatkan kemampuan SDM yang ada untuk memaksimalkan unit - unit yang ada, memodifikasi  dengan memanfaatkan alat - alat yang ada, sehingga unit bisa beoperasi handal. Beralih dengan pola pikir rusak buang beli baru, atau unit rusak nyuruh pihak ke 3 untuk menyeleseikannya.  dan Dapat kita saksikan seperti mas Dono, bapak Warsila, pakdhe Agus  om Wahono, ilmu dan pengalamannya tidak dapat tersalurkan. ehh kok jadi ngelantur...

Setelah unit sampai di workshop unit di  check dan di bongkar  jika ada kelainan atau sudah tidak dapat di gunakan lagi.

Modifikasi - modifikasi tentu dilakukan pada part yang rusak, tetapi dapat dikerjakan di BRU sendiri, karena di bengkel rekondisi umum ini juga tersedia perlalatan Bubut, Frais, Scrap, Milling, Las, dan lain - lain, fasilitas yang cukup lengkap digunakan untuk perbaikan pompa, genset, engine, vesel - vesel,  dan laian - lainnya.
 Biasanya yang sering rusak pada pompa adalah bagian - bagian fluid end, diantaranya Valve, liner, seat valve, rubber piston, piston rod, dll. Untuk seat valve jika kerusakan masih tidak parah biasanya di pakai ualang dengan di bubut, diratakan lalu di keraskan lagi dengan cara di sepuh.
 
 Valve - valve yang offspeck tidak kita gunakan lagi dan kita ganti.
 Rubber piston juga kita bongkar, kita kita ganti rubber insertnya, rubber insertnya mengunakan ukuran 5"  dan biasanya stock di workshop banyak, karena part ini yang sering mengalami kerusakan, apalagi jika unit digumakan untuk memompa fluida yang banyak slug.nya.
 Semoga dapat memberi pencerahan kita tentang dunia mekanik di OIl and Gas Industry, ditunggu komentar dan diskusi terkait pompa Gardener denver.

# di ambil dari berbagai sumber dan pengalaman penulis.
# dedicated for My Team.... Mas Agus, Warsila, Wahono, Dono, Mas Tadji, Mas Doli, Eko.. dll kalian adalah The Real Jago  Mechanic

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...