http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Mendapat hibahan unit pompa dari bagian lain ada suka dukanya, disisi lain kita senang dapat tambahan unit pompa untuk membackup masalah pemompaan di unit kita, kita tidak kerepotan lagi dalm permasalahan pemompaan. Tetapi disisi lain kita sebagai mechanic mendapatkan pekerjaan tambahan, selain nantinya pada saat maentenance juga pada saat ini mempersiapkan unit tersebut bisa handal beroperasi di lapangan yang kita support.
OK, akan kita ceritakan satu persatu tentang pekerjan kita saat ini, kita mulai ndari pompanya dulu ya...
Pompa dengan merk Gardner Denver, merk yang tidak asing di dunia industry Oil and Gas. Pompa ini buatan Amerika yang cukup handal dengan konstruksinya yang besar dan kokoh, menandakan jika unit pompa ini handal dan Heavy duty untuk di operasikan siang dan malam.
Pompa ini bekerja double acting dengan panjang stroke 12" diameter liner 5" dengan rubber piston sebagai part pendorongnya.
Sebagai primer over dari pompa ini mengunakan engine Caterpillar D334 engine diesel yang sudah tidak dapat diragukan lagi, Engine dengan 6 cylinder inline, pendingin dengan water cooled.
Unit Caterpillar yang sudah lama sekali di produksi tetapi masih handal beropersi di lapangan. dan untuk saat ini PT Trakindo sebagai agen resmi caterpillar di Indonesia sudah tidak melayani unit yang 3 digit lagi, karena mungkin spare partnya sudah tidak stock lagi. tetapi dilapangan masih banyak kita melihat unit ini masih beroperasi walau dengan seadanya.
Part - part unit engine ini masih banyak di toko - toko mesin industry atau after market didaerah asam reges jakarta.
Unit sebelum dipasang dilapangan di pastikan kondisinya di Bengkel Rekondisi Umum (BRU) workshop milik PT Pertamina EP Field Jatibarang sendiri. yang memiliki mechanic jago - jago dengan pengelaman puluhan tahun dan ribuan kali menangaini berbagai permasalahan di dunia mekanik terutama di bidang Oil and Gas. tetapi kadang lambat laun karena perubahan pola pikir pimpinan yang tadinya memanfaatkan kemampuan SDM yang ada untuk memaksimalkan unit - unit yang ada, memodifikasi dengan memanfaatkan alat - alat yang ada, sehingga unit bisa beoperasi handal. Beralih dengan pola pikir rusak buang beli baru, atau unit rusak nyuruh pihak ke 3 untuk menyeleseikannya. dan Dapat kita saksikan seperti mas Dono, bapak Warsila, pakdhe Agus om Wahono, ilmu dan pengalamannya tidak dapat tersalurkan. ehh kok jadi ngelantur...
Setelah unit sampai di workshop unit di check dan di bongkar jika ada kelainan atau sudah tidak dapat di gunakan lagi.
Modifikasi - modifikasi tentu dilakukan pada part yang rusak, tetapi dapat dikerjakan di BRU sendiri, karena di bengkel rekondisi umum ini juga tersedia perlalatan Bubut, Frais, Scrap, Milling, Las, dan lain - lain, fasilitas yang cukup lengkap digunakan untuk perbaikan pompa, genset, engine, vesel - vesel, dan laian - lainnya.
Valve - valve yang offspeck tidak kita gunakan lagi dan kita ganti.
Semoga dapat memberi pencerahan kita tentang dunia mekanik di OIl and Gas Industry, ditunggu komentar dan diskusi terkait pompa Gardener denver.
# di ambil dari berbagai sumber dan pengalaman penulis.
# dedicated for My Team.... Mas Agus, Warsila, Wahono, Dono, Mas Tadji, Mas Doli, Eko.. dll kalian adalah The Real Jago Mechanic
OK, akan kita ceritakan satu persatu tentang pekerjan kita saat ini, kita mulai ndari pompanya dulu ya...
Pompa dengan merk Gardner Denver, merk yang tidak asing di dunia industry Oil and Gas. Pompa ini buatan Amerika yang cukup handal dengan konstruksinya yang besar dan kokoh, menandakan jika unit pompa ini handal dan Heavy duty untuk di operasikan siang dan malam.
Sebagai primer over dari pompa ini mengunakan engine Caterpillar D334 engine diesel yang sudah tidak dapat diragukan lagi, Engine dengan 6 cylinder inline, pendingin dengan water cooled.
Unit Caterpillar yang sudah lama sekali di produksi tetapi masih handal beropersi di lapangan. dan untuk saat ini PT Trakindo sebagai agen resmi caterpillar di Indonesia sudah tidak melayani unit yang 3 digit lagi, karena mungkin spare partnya sudah tidak stock lagi. tetapi dilapangan masih banyak kita melihat unit ini masih beroperasi walau dengan seadanya.
Part - part unit engine ini masih banyak di toko - toko mesin industry atau after market didaerah asam reges jakarta.
Unit sebelum dipasang dilapangan di pastikan kondisinya di Bengkel Rekondisi Umum (BRU) workshop milik PT Pertamina EP Field Jatibarang sendiri. yang memiliki mechanic jago - jago dengan pengelaman puluhan tahun dan ribuan kali menangaini berbagai permasalahan di dunia mekanik terutama di bidang Oil and Gas. tetapi kadang lambat laun karena perubahan pola pikir pimpinan yang tadinya memanfaatkan kemampuan SDM yang ada untuk memaksimalkan unit - unit yang ada, memodifikasi dengan memanfaatkan alat - alat yang ada, sehingga unit bisa beoperasi handal. Beralih dengan pola pikir rusak buang beli baru, atau unit rusak nyuruh pihak ke 3 untuk menyeleseikannya. dan Dapat kita saksikan seperti mas Dono, bapak Warsila, pakdhe Agus om Wahono, ilmu dan pengalamannya tidak dapat tersalurkan. ehh kok jadi ngelantur...
Setelah unit sampai di workshop unit di check dan di bongkar jika ada kelainan atau sudah tidak dapat di gunakan lagi.
Modifikasi - modifikasi tentu dilakukan pada part yang rusak, tetapi dapat dikerjakan di BRU sendiri, karena di bengkel rekondisi umum ini juga tersedia perlalatan Bubut, Frais, Scrap, Milling, Las, dan lain - lain, fasilitas yang cukup lengkap digunakan untuk perbaikan pompa, genset, engine, vesel - vesel, dan laian - lainnya.
Biasanya yang sering rusak pada pompa adalah bagian - bagian fluid end, diantaranya Valve, liner, seat valve, rubber piston, piston rod, dll. Untuk seat valve jika kerusakan masih tidak parah biasanya di pakai ualang dengan di bubut, diratakan lalu di keraskan lagi dengan cara di sepuh.
Rubber piston juga kita bongkar, kita kita ganti rubber insertnya, rubber insertnya mengunakan ukuran 5" dan biasanya stock di workshop banyak, karena part ini yang sering mengalami kerusakan, apalagi jika unit digumakan untuk memompa fluida yang banyak slug.nya.
# di ambil dari berbagai sumber dan pengalaman penulis.
# dedicated for My Team.... Mas Agus, Warsila, Wahono, Dono, Mas Tadji, Mas Doli, Eko.. dll kalian adalah The Real Jago Mechanic
Comments