Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Troubleshoot Pompa KSB Rate Pompa Turun Di SPU-B

 Pompa KSB digunakan sebagai pompa Wastepite dan digunakan untuk memompa air limbah untuk dikirim ke Water Injection plant (WTIP) yang nantinya air limbah yang ikut terproduksi di olah sesuai dengan baku mutu yang distandardkan LH dan di injection kan kembali ke bumi melalui sumur - sumur injection.

Pompa KSB ini ber operasi 24 jam / hari dan disini kita sebagai seorang mechanic maentenance mendapat laporan dari operator produksi  bahwa rate pompa mengalami penurunan rate pompa, yang biasanya pompa KSB ini mampu memompa 125m3/h pada saat ini hanya mampu memompa sebanyak 70m3/h dan hal ini berdampak pada daya tampung air limbah menjadiberkurang, karena tidak imbang anatara laju produksi dengan laju pengiriman air limbah ( air yang ikut terproduksi)

Baca juga :


Service Rutin Pumping Unit (Pompa Angguk) Churchill

Crew akhirnya meluncur ke lokasi untuk pengecheckan dan di bongkar untuk memastikan kondisi dari pompa .

Setelah di bongkar ditemukan sumbatan kotoran pada inlet impeller, dan hal ini yang menyebabkan isapan impeller menjadi tidak lancar, hal inipula biasanya juga dapat ditandai dengan pressure outlet yang tidak stabil, dan suara desing pada pompa. karena pompa mengalami kavitasi.


Kita juga pastikan kondisi suction dan discharger dalam kondisi baik, tidak ada kotoran yang menyumbat, maupun kita check kondisi valve tidak ada yang stauck, klarena air yang dipompakan selain panas juga asin, mengandung berbagai macam chemical. dan hal tersebut sering menyebabkan valve stuck.

setelah semua di pastikan OK, pompa di rkit kembali dan jangan lupa untuk di aligment kembali supaya pompa tidak vibrasi dan unit dapat awet di operasikan.

Demikianlah troubleshoot terhadap pompa KSB rate pompa turun, semoga dapt membantu di tunggu komentar dan diskusi terkait mechanical rotating, pompa, genset, gas engine, diesel engine, dan lain sebagainya.
Tanks to my crew workshop BRU PT Pertamina EP Field Jatibarang  : dono, agus, warsila, wahono semoga kalian terus sukses..

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...