http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Hai teman - teman semua, jumpa lagi dengan dhevils mechanic. Dan tak bosan - bosannya membahas tentang dunia mekanik di Oil and Gas industry. karena memang kehidupan di dunia mekanik buaanyak banget unit - unit atau pengalaman - pengalaman yang dapat di share untuk menambah wawasan kita semua. dan ini ada di Indonesia lho... negara yang selallu kita cintai ini. Kali ini dhevils mechanic ingin cerita pengalaman merawat unit fire pump supya selalu siap sedia pada saat digunakan.
Unit fire pump adalah unit pompa air yang di peruntukan mematikan api pada saat kebakaran terjadi jangan sampai api merusak fasilitas yang ada pada sebuah plant. Jadi unit fire pump ini di gunakan pada saat sudah ada kejadian dan kejadian itu kita tidak pernah tahu tahu kapan akan terjadi. fire pump di beli untuk kemungkinan - kemungkinan kebakaran yang akan terjadi,kebakaran tersebut diharap jangan pernah terjadi , tetapi jika terjadi unit siap di gunakan.
baca juga :
Unit fire pump kali ini berprimover diesel engine dengan merk Cumins engine, 6 cylinder inline, dan berada di Offshore Platform tepatnya di lapangan X Ray PT Pertamina EP Field Jatibarang . starting mengunakan system electrical manual dan outomatis.
Untuk menjaga Performer unit yang dhevils mechanic lakukan adalah :
1. Menganti minyak pelumas setiap 250 running hour atau setaiap 6 bulan mana yang lebih cepat.
2. Mengetest performer pompa dengan fire drill 1 bulan sekali sampbil kita check seberapa jauh semburan dari nozzle - nozzle hidrant.
3. Memanasi engine pump setiap 3 hari sekali, dan kadang ini dilakukan oleh operator HSSE yang ada di plant. dan apa saja yang dilakukan pada saat memanasi engine fire pump adalah sebagi berikut
- Check level solar atau minyak diesel, karena ini yang utama engine tidak akan running jika solar habis. sekalian pompa primming pump yang melekat pada block samping dari engine.
- Check water cooler pada heat exchanger dengan cara membuka tutupnya, isi jika levelnya berkurang. Pada unit fire pump pendeinginan engine sebagian besar mengunakan heat exchanger, karena bentuk dan ukurannya simple. Heat exchanger ini memnafaatkan fluida air bertekanan hasil dari pompa fire pump. air dingin keluaran dari pompa akan masuk ke pipa melingkar - lingkar di dalam tabung exchanger diharapkan membawa panas air yang keluar dari engine.
Check level minyak pelumas dengan cara mencabut stick level oli, tambahkan minyak pelumas jika kurang, di sini kami mengunakan Oli untuk diesel engine Meditran S40 product dari pertamina sendiri yang sudah tidak dapat diragukan kualitasnya. cerita minyak pelumas di Indonesia sebagian besar peluams yang beredar adalah base minyak pelumas product dari Pertamina ada di RU 5 Cilacap, dan para distributor menambah warna dan bau untuk dikemas dilabel untuk dipasarkan.
Check kondisi engine dengan cara mengelilingi unit engine dan pompa, jika dirasa ada yang kendor dan lepas segera perbaiki.
- Check control panel, voltase bateray, atau indicatur / alarm yang muncul di HMI.
- Pilih opsi manual dengan cara menekan tombol pilihan opsi starting engine ini bertujuan supaya engine dapat running secara manual. dan tekan tombol starting, disini ada 2 pilihan dengan bateray A atau dengan bateray B. sebagaimana kita ketahui unit fire pump ini mengunakan 2 set system starting 2 bateray, 2 tombol start, ini bertujuan jika bateray A gagal / kurang volatsenya dapat mengunakan bateray B atau kedua - duanya tekan semua. untuk lebih jelasnya dapat kita saksikan video tutorial warm up unit fire pump Cumins berikut :
- Tunggu kurang lebih 10 menit sambil kita mengecheck pressure out put dari pompa, system pendinginannya, pressure pada heat exchanger, voltase charging dari alternator, RPM engine, dan lain - lain. dan tekan tombol Stop untuk mematikan engine.
- Jangan lupa check keliling kembali untuk memastikan unit dalam keadaan aman untuk ditinggalkannya.
Semoga dapat bermanfaat, ditunggu komentar dan diskusinya yaa.. jangan lupa like dan subcribe channel kami yaa, supaya kami dapat selalu mengupdate cerita - cerita mechanic di dunia Oil and Gas.. terima kasih
Comments