Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Merawat Unit Fire Pump Agar Selalu Ready To Use

heat exchanger
 Hai teman - teman semua, jumpa lagi dengan dhevils mechanic. Dan tak bosan - bosannya membahas tentang dunia mekanik di Oil and Gas industry. karena memang kehidupan di dunia mekanik buaanyak banget unit - unit atau pengalaman - pengalaman yang dapat di share untuk menambah wawasan kita semua. dan ini ada di Indonesia lho... negara yang selallu kita cintai ini. Kali ini dhevils mechanic ingin cerita pengalaman merawat unit fire pump supya selalu siap sedia pada saat digunakan.
cumins engine
 Unit fire pump adalah unit pompa air yang di peruntukan mematikan api pada saat kebakaran terjadi jangan sampai api merusak fasilitas yang ada pada sebuah plant. Jadi unit fire pump ini di gunakan pada saat sudah ada kejadian dan kejadian itu kita tidak pernah tahu tahu kapan akan terjadi. fire pump di beli untuk kemungkinan - kemungkinan kebakaran yang akan terjadi,kebakaran tersebut diharap jangan pernah terjadi , tetapi jika terjadi unit siap di gunakan.

baca juga :




 Unit fire pump kali ini berprimover diesel engine dengan merk Cumins engine, 6 cylinder inline, dan berada di Offshore Platform tepatnya di lapangan X Ray PT Pertamina EP Field Jatibarang . starting mengunakan system electrical manual dan outomatis.
check oli
 Untuk menjaga Performer unit yang dhevils mechanic lakukan adalah :

1. Menganti  minyak pelumas setiap 250 running hour atau setaiap 6 bulan mana yang lebih cepat.

2. Mengetest performer pompa dengan fire drill 1 bulan sekali sampbil kita check seberapa jauh semburan dari nozzle - nozzle hidrant.

3.  Memanasi engine pump setiap 3 hari sekali, dan kadang ini dilakukan oleh operator HSSE yang   ada di plant. dan apa saja yang dilakukan pada saat memanasi engine fire pump adalah sebagi berikut

- Check level  solar atau minyak diesel, karena ini yang utama  engine tidak akan running jika solar habis. sekalian pompa primming pump yang melekat pada block samping dari engine.

  - Check  water cooler pada heat exchanger dengan cara membuka tutupnya, isi jika levelnya berkurang. Pada unit fire pump pendeinginan engine sebagian besar mengunakan heat exchanger, karena bentuk dan ukurannya simple. Heat exchanger ini memnafaatkan fluida air bertekanan hasil dari pompa fire pump. air dingin keluaran dari pompa akan masuk ke pipa melingkar - lingkar di dalam tabung exchanger diharapkan membawa panas air yang keluar dari engine.
 Check level minyak pelumas dengan cara mencabut stick level oli, tambahkan minyak pelumas jika kurang, di sini kami mengunakan Oli untuk diesel engine Meditran S40 product dari pertamina sendiri yang sudah tidak dapat diragukan kualitasnya. cerita minyak pelumas di Indonesia sebagian besar  peluams yang beredar adalah  base  minyak pelumas product dari Pertamina  ada di RU 5 Cilacap, dan para distributor menambah warna dan bau untuk dikemas dilabel untuk dipasarkan.
 Check kondisi  engine dengan cara mengelilingi unit engine dan pompa, jika dirasa ada yang kendor dan lepas segera perbaiki.
- Check control panel, voltase bateray,  atau indicatur / alarm yang muncul di HMI.
 - Pilih opsi manual dengan cara menekan tombol pilihan opsi starting engine  ini bertujuan supaya engine dapat running secara manual. dan tekan  tombol starting, disini ada 2 pilihan dengan bateray A atau dengan bateray B. sebagaimana kita ketahui  unit fire pump ini mengunakan 2 set system starting 2 bateray, 2 tombol start, ini bertujuan jika bateray A gagal / kurang volatsenya dapat mengunakan bateray B atau  kedua - duanya tekan semua. untuk lebih jelasnya dapat kita saksikan video tutorial warm up unit fire pump Cumins berikut :


- Tunggu kurang lebih 10 menit sambil kita mengecheck pressure out put dari pompa, system pendinginannya, pressure pada heat exchanger,  voltase charging dari alternator, RPM engine, dan lain - lain. dan tekan tombol Stop untuk mematikan engine.
 - Jangan lupa check keliling kembali untuk memastikan unit dalam keadaan aman untuk ditinggalkannya.

Semoga dapat bermanfaat, ditunggu komentar dan diskusinya yaa..  jangan lupa like dan subcribe channel kami yaa, supaya kami dapat selalu mengupdate cerita - cerita mechanic di dunia Oil and Gas.. terima kasih

 

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...