Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Overhoul Detroit Diesel ( Engine Diesel Dengan System 2 Stroke / Tak)


 
Hallo teman - teman mechanic, gimana kabarnya lama ngak bahas tentang engine di dunia oil and gas industry,  dan sekarang saya ingin cerita pengalaman overhoul engine Detroit Diesel yang ada di PT Pertamina EP Field Jatibarang tempat saya menuangkan tenaga dan pikiran untuk mechanic.

  Speck dari engine detoit diesel ini adalah sebagai berikut :
Engine manufacture : Detroit Diesel Amerika
Model  : 3-71
Daya    : 113 HP
Jumlah Cylinder : 3 Cylinder inline
stroke : 2 Stroke with exhaust valve

 Saya suka engine ini karena  enginenya lucu klo menurut saya, engine diesel yang  menganut system 2 Stroke, tetapi mempunyai valve pada exhoust-nya.
 
 System pemasukan udara bersihnya mengunakan blower yang disambung secara mecanic/ dengan gear disamping block engine.  dan putaran engine ini bvisa dirubah putar kanan atau putar kiri, dan bisa disambungin antara 2 engine dengan shaft di kopel jadi satu, satu engine putar kanan, satu engine lagi putar kiri.

Engine Detroit Diesel ini pada awalnya digunakan sebagai pengerak generator di salah satu stasiun pengumpul di Pertamina EP, karena sudah tidak ada tenaga lagi, dan startnya susah maka unit dibawa ke workshop BRU untuk di Overhoul.
 
Unit engine di lepasin satu persatu, untuk  di bersihkan  kemudian di check satu persatu mana part yang rusak dan mana part yang dapat digunakan kembali.

 System udara masukannya mengunakan system udara paksa dengan mengunakan blower mekanik yang digerakan oleh gear yang terhubung langsung dengan gear dari carankshaft dan cam shaft.

Berikut Gear yang saling menghubungkan dari gear cranksft, gaear camshaft, gear balance dan gear blower, waterpump, pompa primming dll. Dan lucunya klo menurut saya gear drive ini ada dibelakang dari engine, teapatnya seblah dalam dari Flywheel, karena umumnya gear drive engine adanya dis ebelah depan, dekat dengan kipas radiator.

Kondisinya memang sangat memprihatinkan dengan minyak pelumas yang sudah menghitam dan mengendap di sela - sela setiap pojokan dari unit engine tersebut. gambar diatas menunjukan valve hanya ada pada  jalur exhaust.

Valve digerakan oleh rocker arm, sementara rocker arm di gerkan oleh push rod, dan push rod degerakan oleh camshaft. rocker arm yang tengah itu mengerakan injection pump yaitu pompa solar yang masuk ke Nozzle di ujungnya.


Piston kita lepas dan bersihkan dan untuk mengecheck kondisi liner dan body piston.
 
Setelah semua terlepas,  dan dicheck mana yang dapat digunakan kembali dan harus diganti.
 
kemudian satu persatu kita rakit kembali. hingga unit dapat kita solo run, kemudain kita kople kembali dengan generatornya.
 
Setelah selesei dan sudah kita test running unit engine genset Detroit diesel kita Cat supaya unit bersih dan terlihat baru kembali
 
  Demikianlah Overhoul engine Detroit Diesel yang pernah kami lakukan,  semoga dapat membuat penecrahan kita akan engine diesel 2 stroke yang ada di oil and gas industry, ditunggu komentar dan diskusinya.

jangan lupa follow blog kami, supaya selalu update akan perkembangan di dunia Oil and Gas Industry.

Comments

Unknown said…
Saya mau overhoul mesin detroit untuk kapal saya, tapi blm dapat mekanik yg bisa, mohon bantu di 081248i2013
Unknown said…
Saya mau overhoul mesin detroit untuk kapal saya, tapi blm dapat mekanik yg bisa, mohon bantu di 081248i2013
Dwie said…
mohon maaf, slow respon karena banyak kerjaan dan trouble dilapangan, apa yang dapat saya bantu om
sulaimanady said…
Tolong dijelaskan mas Dwi cara setel kelepnya sama injektornya berapa ukurannya .hatur nuhun🙏
Dwie said…
Tolong dijelaskan mas Dwi cara setel kelepnya sama injektornya berapa ukurannya .hatur nuhun🙏

November 30, 2022 at 5:52 AM

Dalam setting valve engine detroit Diesel ini memang sangat unit om, hanya valve exhaiutnya saja, tetapi biasanya kita patokannya pada top pistonnya, baru kita setting dengan mengencangkan nut di rocker arm ke push rod, untuk ukurannya kita palai 0.30" sd 0,35 "

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...