Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Perawatan Engine Survival Capsule Supaya Selalu Siap Digunakan


 Haloo teman - teman semua, kembali kita bertemu di blog ini tentang kisah dunia mechanic di Oil and gas industry, teruma di offshore, kali ini kami ingin bercerita tentang perjalanan kami dalam merawat engine survival capsule yang ada di anjungan tempat kami bekerja.
Survival capsule.adalah salah satu alat penyelamatan yang dilakukan pada saat emergency atau abandon area pada sebuah platform, yang dimasksud abandon adalah kondisi emergency karena platform sudah membahayakan untuk ditempati oleh penghuninya. kejaidan ini bias bermacam - macam, misalkan terjadi kebakaran yang sudah tidak dapat dipadamkan lagi, kondisi cuaca extreme kapal, helicopter tidak dapat merapat lagi.

baca juga :

Proses pemasangan Gas Engine Generator Guascor SFGLD560

Basic Gas Engine

Mechanical seal dan Gland Packing di Industry Oil and Gas


 
Seperti peralatan keselamatan lainnya, kita semua berharap Surviaval capsule ini jangan pernah sampai digunakan, dalam kata lain jangan sampai mengalami kondisi emergency atau abandon, tetapi jangan sampai ada kejadian emergency survival capsule ini tidak dapat dioperasikan. dan untuk itu survival capsule ini harus selalu ready on use. dan itu tugas dari mechanic untuk merawatnya.

 Sekarang kami ingin berbagi pengalaman kami sebagai Dhevils Mechanic dalam merawat survival capsul, terutama pada engine pengeraknya. supaya unit survival capsule ini selalu ready untuk digunakan. apa saja yang musti di lakukan untuk merawatnya.  dan hal ini dilakukan setiap minggu, terutama di hari kamis hari pertama setelah crew change.
 Survival capsule ini ber merk : western  di produksi tahun :  1990   dengan kapasitas :  28 orang  dengan model Ball survival Capsule. Engine merk  : Western  jumlah Cyl : 3 Cyl, bahan bakar :solar, starting system hyd starting
Yang pertama kita buka dulu pagar pengamannya supaya kita dapat masuk ke dalam survival capsule, pagar ini dipasang supaya tidak ada personal yang berada di sekitar survival capsule dan hanya orang - orang yang berkepentingan yang boleh masuk.

 Buka tutup pintu survival capsule dengan cara memutar pengunci ke arah ON. pembukaan pintu ini sekalian 2 pintu supaya sirkulais udara kedalam tidak pengap. karena jika blower tidak diyalakan duduk didalam survival capsule panas sekali.

 Buka tutup cover atas ini untuk melancarkan sirkulasi udara, posisi ada diatas platform. cover atas ini dibuka pada saat ingin melepas hock jika survival capsul sudah berada di permukaan air laut dan siap untuk lepas / menjauh dari platform.
Buka tutup engine dan tutup PTO agar kita bias melihat kondisi pada engine dan peralatan lainnya. karena engine survival capsul ini tersembunyi dibawah tempat duduk personal.
 Seperti pengecheckan pada engine secara umum check level air di heat exchanger, level minyak pelumas,  dan pressure akumulator, tabung akumulator ini berisi gas nitrogen bertekanan 1500psi dan minyak hidrolik yang bertekanan 3000psi. 
Akumulator itu adalah tabung bertekanan yang berisi oli hydrolic untuk memtar hyd motor stater. didalam akumulator itu juga berisi gas nitrogen yang membantu daya dorong oil hyd untuk memutar hy motor stater.
 Jika pressure akumulator kuang bias ditambahkan tekanannya dengan pompa huskle yang berpengerak angina atau dengan pompa hyd manual. yang digerkan dengan power off sepiring. hingga pressure akumulator menunjuka npressure 2500Psi.
 Pust start button untuk menghidupkan engine. dan tunggu kurang lebih 10 menit untuk memanasinnya, kenapa hanya sebentar?? karena engine ini pendinginnya mengunakan heat exchanger dan air laut sebagai media pembuang panasnya. sementara survival ini digantung di ats platform.

 Setelah engine cukup dalam memanasinnya. matikan engine dan tutup kembali box cover engine. rapikan kembali seperti  pada saat sebelum di maintenance tadi
Untuk lebih detail akan apa saja yang dilakukan team Dhevils mechanic dalam merawat survival capsule  adalah seperti video yang dhevils apload di channel dwi hardi prasetyo ananto, jangan lupa like dan subcribe yaa. supaya kami lebih semangat lagi berbagi ilmu dan pengalaman di dunia mekanik Oil and Gas Industry.
Jangan lupa like dan subcribe  chanelnya yaa.. agar kami biar selalu update kegiatan - kegiatan yang dilakukan mechanic pada dunia Oil and gas Industry
 Check juga kondisi makanan dan minuman yang wajib ada di survival capsule, jangan lupa check tanggal expirednya. dan segera ganti jika sudah tidak layak untuk dikusumsi.


 Check juga kondisi peralatan emergency yang tersedia  peralatan dayung, peralatan P3K, dan lain- lain sebagai peralatan yang disyaratkan untuk sebuah survival capsule.
,
 Jika sudah dilakukan semua jangan lupa catat semua aktifitas tadi pada buku looksheet yang tersedia di dalam survival capsule, hal ini bertujuan supaya semua ada rekap atau ada datanya. kapan saja unit survival capsule di di check.

 Bersihkan  barang - barang bekas kegiatan dan pastikan semua peralatan tidak ada yang tertinggal didalam.
 Tutup kembali pintu survival capsule dan jangan lupa kondisi penguncinya pada posisi Off. agar supaya air hujan tidak masuk kedalam survival capsule.
 Tutup kembali pagar pengaman supaya unit survival capsule aman untuk ditinggalkannya. dan siap digunakan jika ada kejadian abandon pada platform

Demikianlah perawatan yang dilakukan pada survival capsule, semoga dapat memberi pencerahan kapad kita semua bagaimana sich kehidupan sebagai mechanic, ditunggu komentar dan diskusinya yaa..

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...