http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Waktu melihat - lihat pameran truck Hino Dutro 130HD penasaran ingin mengenal lebih dekat bagaimana sich spesifikasi dan performanya, apalagi sambil berbincang - bincang dengan SPG,nya yang aduhai.. hmmm.. dan Dhevils mechanic ingin lebih jauh mengulasnya.
Performa mesin adalah salah satu paling utama dalam melihat spesifikasi
sebuah unit kendaraan, Kecepatan maksimum yang bisa di hasilkan oleh
mobil hino dutro 130 HD adalah 103 km/jam. Sedangkan kekuatan di jalan
menanjak adalah 39,6 km/jam. dengan spesifikasi mesin sebagai berikut :
- Model W04D - TR
- Tipe Mesin Diesel 4 langkah segaris-Direct injection
- Tenaga Maksimum (PS/rpm) 130 / 2. 700
- Torsi Maksimum (kgm/rpm) 38/1.800
- Jumlah silinder 4
- Diameter x langkah piston (mm) 104 x 118
- Isi Silinder (cc) 4.009
Merupakan ukuran panjang atau jarak yang terdapat di Mobil Hino Dutro 130 HD. Dimensi merupakan salah satu bagian spesifikasi yang perlu di ketahui seorang calon customer yang memiliki usaha. Sebab dimensi yang sesuai, akan dapat menyesuaikan keinginan pemilik usaha dalam mengangkut barang. Dimensi yang ada ada di bawah dalam satuan (mm)
- Jarak Sumbu Roda 3.380
- Cabin to Axel 2.900
- Cabin to end 4.480
- Total Panjang 6.026
- Total Lebar 1.945
- Total Tinggi 2.165
- Lebar jejak Depan 1.455
- Lebar jejak Belakang 1.480
- Julur Depan 1.066
- Julur Belakang 1.580
- Belakang Full-Floating, single reduction, Single speed with
- Depan Reverse Elliot, I-Section Beam
- Perbandingan Gigi akhir 6,428
- Sistem Penggerak Rear, 4 x 2
Truck Fresia Sang Fighting Yang Gagah Perkasa
Proses Menghidupkan Kembali Pompa Aurora Setelah Tidur 5 Tahun
Berat Chasis ( Kg )
Berat chasis depan 1.419
Chasis Belakang 936
Berat Kosong 2.355
GVWR / GCVWR 8.250
Rasa penasaran saya seperti gayung bersambut ketika beberapa hari berikutnya saya diajak oleh sahabat saya untuk menemani beliau melihat project Hino Dutro untuk unit Fire Fighting. disalah satu perusahaan asembly unit Fire Pump yang ada di Indonesia.
Disani banyak pekerjaan pabrikasi yang sedang on Progres dalam perakitannya, dan perhatian saya tertuju pada Truck Hino Dutro 130, karena memang kebutuhan di wilayah kerja saya membutuhkan armada yang kecil lincah dan bertenaga, maklum wilayah kerja saya adalah perbukitan yang melewati jalan - jalan desa yang sempit dan terjal dengan jembatan - jembatan yang kecil pula, tidak mungkin mengunakan fire truck yang besar.
Mulai dari ruang kabin sang cukkup luas dan lega jika membawa 3 crew pemadam kebakaran, dengan kaki yang dapat sedikit selonjoran sehingga crew bisa nyaman dan lega duduk didalam menuju lokasi yang kan dituju.
Ruang Kemudi juga lega dan mudah dalam pengoperasiannya, dengan bahasa panel yang kita semua dengan mudah memahaminya. dan untuk unit yang dipesan untuk fire fighting ini mengunakan 4x6 sehingga diharapka lincah dalam pemakainannya
Fire truck ini belum selesei pengerjaannnya tetapi sudah menampkan bentuk aslinya, dengan dilengkapi peralatan untuk menjinakan sang jago merah, membawa air cadangan untuk pemadaman, cairan foam, hose rill, dan dilengkapi hose suction pompa jika dibutuhkan untuk menghisap dari sungai atau tandon air pada saat figthing dengan sijago merah.
Untuk oengoperasiannya cukup mudah karena trottle gas berada dibelakang dekat dengan operator pompa, sehingga dengan mudah untuk menambah tekanan maupun menguranginya, atau jika terjadi sesuatu dapt dengan mudah menshutdown pompa.
Pressure gauge juga terpasang pada panel di belakang dan panel dalam kabin sehingga kita tahu pressure pada suction dan discharger pompa.
Bersama boss HSSE dari salah satu perusahaan Oil and Gas terkemuka di Indonesia yaitu mas Rudiono saya belajar banyak tentang dunia HSSE, bagaimana seharusnya Truck Figthing beroperasi, peralatan apa saja yang ada di fire truck, dan standard apa yang berlaku, dll.
Semoga tulisan ini bermanfaat, ditunggu komentar dan diskusinya yaa....
Comments