http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Hai teman - teman semua, kali ini Dhevils mechanic ingin membahas prime over dari Pumping unit, yaitu pengerak dari pumping unit. dan pembahasan kali ini lebih focus ke Pumping unit yang ada di PT Pertamina EP Field Cepu.
Pumping unit yang saat ini beroperasi kebanyakan mengunakan primeover, diesel engine, electro motor, dan gas engine. untuk gas engine brand yang sering digubakan adalah Caterpillar dan Arrow engine. dan kali ini kita akan focus bahas ke Arrow engine.
Arrow Engine adalah engine dengan 1 cylinder yang sangat simple dan handal, untuk bahan bakarnya tidak membutuhkan bahan bakar yang metan number yang tinggi. Cukup dari natural gas yang keluat dari wellhead.
Arrow engine ini mengadopsi 2 langkah atau 2 stroke engine. benar - benar engine yang simple dan mudah perawatannya. dan spesifikasinya adalah sebagai berikut :
Pumping unit yang saat ini beroperasi kebanyakan mengunakan primeover, diesel engine, electro motor, dan gas engine. untuk gas engine brand yang sering digubakan adalah Caterpillar dan Arrow engine. dan kali ini kita akan focus bahas ke Arrow engine.
Arrow Engine adalah engine dengan 1 cylinder yang sangat simple dan handal, untuk bahan bakarnya tidak membutuhkan bahan bakar yang metan number yang tinggi. Cukup dari natural gas yang keluat dari wellhead.
Arrow engine ini mengadopsi 2 langkah atau 2 stroke engine. benar - benar engine yang simple dan mudah perawatannya. dan spesifikasinya adalah sebagai berikut :
C-46
(1 cyl.) C-66
(1 cyl.) C-96
(1 cyl.) C-106
(1 cyl.) C-255
(2 cyl.)
Rated continuous HP at max continuous RPM 9 HP
800 RPM
6.7 KW 13 HP
700 RPM
9.7 KW 19 HP
600 RPM
14.2 KW 32 HP
800 RPM
23.9 KW 65.7 HP
750 RPM
49 KW
Bore & stroke (MM)
5" x 6-1/4"
(127 x 159) 5-3/4" x 7-1/2"
(146 x 190.5) 7" x 8-1/2"
(178 x 216) 7-1/2" x 8-1/2"
(190.5 x 216) 7-1/2" x 7-1/2"
(190.5 x 190.5)
Displacement (liters)
122.7 C.l. (2)
195 C.l. (3.3) 327 C.l. (5.5) 376 C.l. (6.4) 660 C.l. (11.2)
Compression ratio
4.8:1
5.2:1
4.8:1
6.2:1
7:1
RPM range
450-800
350-700
300-600 300-800 400-750
RPM ranWR^2 (Spoke Flywheel)
Moment of Inertia
(Kg-M^2) ge
290LB FT^2
(12.18) 600LB FT^2
(25.20) 1600LB FT^2
(67.20) 1760LB FT^2
(73.92) 1430LB FT^2
(60.06)
WR^2 (QD Flywheel)
Moment of Inertia
(Kg-M^2) 1800LB FT^2
(77.88) 1850LB FT^2
(77.88)
PTO shaft size
(mm)
1 7/16" (36.5)
2 1/4" (57.2) 2 1/4" (57.2) 2 1/4" (57.2) 3" (76.2)
Oil capacity
(liters) 7 qts.***
(6.6) 7 qts.***
(6.6) 11 qts.***
(10.4) 11 qts.***
(10.4) 25 qts.***
(23.7)
Water capacity
(liters) 12 qts.
(11.4) 16 qts.
(15.1) 20 qts.
(18.9) 20 qts.
(18.9) 9 GAL
(34.1)
Spark plug size 18 mm 18 mm 18 mm 18 mm 18 mm
Exhaust connection 1-1/2 " NPT 2" NPT 2 -1/2 " NPT 2 -1/2 " NPT 2 -1/2 " NPT
Fuel gas pipe size 1/2" NPT 1/2" NPT
1/2" NPT
3/4" NPT 3/4" NPT
Mtg. bolts: No./size
4
3/4" 4
3/4" 4
1" 4
1" 4
1"
Shipping wt.
(kg)
Truck load quantity* 1,433 lbs.
(650)
24 1,811 lbs.
(821)
22 2,790 lbs.
(1,266)
16 2,975 lbs.
(1,349)
16 4510 lbs.
(2045)
10
Safety controls
Standard Water level, oil pressure & overspeed**
Ignition Starfire
Fuel Gaseous
Lubrication
Full pressure
Oil Filtration
Replaceable full flow filter
Clutch P.T.O.
C-107-SP-5
C-110-HP-4 C-110-HP-3 SP-111-HP-3 SP-114-PO
Starting equipment
12-Volt Ring Gear Starter Standard
C-46 (1 cyl.) | C-66 (1 cyl.) | C-96 (1 cyl.) | C-106 (1 cyl.) | C-255 (2 cyl.) | |
---|---|---|---|---|---|
Rated continuous HP at max continuous RPM | 9 HP 800 RPM 6.7 KW | 13 HP 700 RPM 9.7 KW | 19 HP 600 RPM 14.2 KW | 32 HP 800 RPM 23.9 KW | 65.7 HP 750 RPM 49 KW |
Bore & stroke (MM)
| 5" x 6-1/4" (127 x 159) | 5-3/4" x 7-1/2" (146 x 190.5) | 7" x 8-1/2" (178 x 216) | 7-1/2" x 8-1/2" (190.5 x 216) | 7-1/2" x 7-1/2" (190.5 x 190.5) |
Displacement (liters)
|
122.7 C.l. (2)
| 195 C.l. (3.3) | 327 C.l. (5.5) | 376 C.l. (6.4) | 660 C.l. (11.2) |
Compression ratio
| 4.8:1 |
5.2:1
| 4.8:1 |
6.2:1
| 7:1 |
RPM range
|
450-800
|
350-700
| 300-600 | 300-800 | 400-750 |
RPM ranWR^2 (Spoke Flywheel)
Moment of Inertia (Kg-M^2) ge | 290LB FT^2 (12.18) | 600LB FT^2 (25.20) | 1600LB FT^2 (67.20) | 1760LB FT^2 (73.92) | 1430LB FT^2 (60.06) |
WR^2 (QD Flywheel) Moment of Inertia (Kg-M^2) | 1800LB FT^2 (77.88) | 1850LB FT^2 (77.88) | |||
PTO shaft size (mm) |
1 7/16" (36.5)
| 2 1/4" (57.2) | 2 1/4" (57.2) | 2 1/4" (57.2) | 3" (76.2) |
Oil capacity (liters) | 7 qts.*** (6.6) | 7 qts.*** (6.6) | 11 qts.*** (10.4) | 11 qts.*** (10.4) | 25 qts.*** (23.7) |
Water capacity (liters) | 12 qts. (11.4) | 16 qts. (15.1) | 20 qts. (18.9) | 20 qts. (18.9) | 9 GAL (34.1) |
Spark plug size | 18 mm | 18 mm | 18 mm | 18 mm | 18 mm |
Exhaust connection | 1-1/2 " NPT | 2" NPT | 2 -1/2 " NPT | 2 -1/2 " NPT | 2 -1/2 " NPT |
Fuel gas pipe size | 1/2" NPT | 1/2" NPT |
1/2" NPT
| 3/4" NPT | 3/4" NPT |
Mtg. bolts: No./size
| 4 3/4" | 4 3/4" | 4 1" | 4 1" | 4 1" |
Shipping wt. (kg) Truck load quantity* | 1,433 lbs. (650) 24 | 1,811 lbs. (821) 22 | 2,790 lbs. (1,266) 16 | 2,975 lbs. (1,349) 16 | 4510 lbs. (2045) 10 |
Safety controls
|
Standard Water level, oil pressure & overspeed**
| ||||
Ignition | Starfire | ||||
Fuel | Gaseous | ||||
Lubrication |
Full pressure
| ||||
Oil Filtration |
Replaceable full flow filter
| ||||
Clutch P.T.O. |
C-107-SP-5
| C-110-HP-4 | C-110-HP-3 | SP-111-HP-3 | SP-114-PO |
Starting equipment
| 12-Volt Ring Gear Starter Standard |
Comments