http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Kondisi dari pompa tersebut rusak pada bearing sebelah depan. dan sama crew sudah diganti. tetapi setelah diganti bearingnya malah putaran pada pompa tidak semoott/ halus seperti ada sesuatu yang mengesek. dan dikawatirkan jika dioperasikan akan merusak pompa
Team mechanic memastikan permasalahnya apa, kok sampai pompa berputar tidak rata, ada gesekan di posisi derajat tertentu. Akhirnya pompa kita bongkar housing beraingnya, supaya lebih leluasa dalam pengamatannya.
Kondisi bearing housing sudah terlepas dengan mengunakan treker kaki 3 hal ini memudahkan pekerjaan pelepasan.
Setelah beraing Houshing terlepas, pasang dial meter untuk memastiakn jika shaft tidak bengkok, karena kecurigaannya adalah shaft diputar terasa berat pada deraja tertentu.
Dan berikut ini adalah video pada saat mengukur kelurusan pompa mengunakan dial. dan teryata kecurigaan kami benar shaft sedikit bengkok dan hal ini menyebabkan putaran pada pompa tidak smooth, ada yang nyangkut diderajat tertentu.
Seharusnya unit pompa ini di reject/ dibongkar untuk di ganti shaft pompanya, tetapi karena unit sangat dibutuhkan dan tidak ada unit pompa penganti. maka harus ada jalannya keluanya, yaitu dengan menganti jenis beraing yang berbeda, kami memilih jenis beraing yang sedikit flexible supaya dapat mengikuti bengkokan sedikit dari shaft.
Ini adalah bearing yang lama dengan type ZZ dan akhirnya diganti dengan type biasa supaya ada sepeleng dan shaft tidak tertekan.
Proses pemasangan bearing yang brau. ini sedikit keras dan membutuhkan sedikit pukulan dengan palu karet/ palu tembaga.
Lanjut di kencangkan bolt houshing bearingnya, jangan lupa pengencangannya silang supaya posisi beraing/housing tidak mering sehingga menekan shaft.
Pengencangannya sambil diputar shaft pompanya untuk memasatikan jika beraing houshing tidak miring.
Karet Kopling penghubung electro motor dan pompa, type kopling ini sangat mudah dalam pemasnagannya karena mempunyai toleransi aligment yang cukup besar. dan di sini kami tidak mempunyai alat aligment analizer untuk pemasngan pompa dan elmot. sehingga kami main filling saja dalam hal ini.
Electro motor untuk prime over pompa dengan daya 37KW RPM 2900 mampu memutar pompa dengan qapasitas dan head seperti diatas.
Bersama mekanik kawakan bapak Purwo, dengan gayanya yang macho beliau suka menerangkan permasalahan - permasalahan didunia mekanik dan penyeleseiannya, banyak ilmu yang dapat saya serap dari beliau, Beliau sebantar lagi pensiun dan semoga kesehatan selalu tercurahkan kepada beliau dan keluarga.
Semoga dapat menambah wawasan kita kan seluk beluk pompa centrifugal dan permasalahnya dilapangan, ditunggu komentar dan diskusinya yaa...
Comments