Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Service Rutin Pumping Unit (Pompa Angguk) Churchill


Metoda pemakaian Pompa Angguk atau Sucker Rod Pump (SRP) adalah salah satu metode yang digunakan apabila suatu sumur minyak sudah tidak dapat lagi mengangkat fluida dari dasar sumur ke atas permukaan secara sembur alam.


Baca juga :




Sebenarnya banyak metode yang dapat dilakukan untuk mengangkat minyak dari reservoir ke permukaan, tetapi dengan berbagai pertimbangan dipilihlah metode yang tepat sesuai dengan karateristik dari reservoir tersebut. dan salah satunya adalah pemakaina pompa angguk tersebut.

Kali ini kita akan membahas tentang perawatan pompa angguk yang dhevils mechanic lakukan ditempat kerja, dan akan saya ceritakan satu persatu, semoga dapat membuka atau menambah wawasan kita akan dunia Oil and Gas Industry. dan kendala - kendala apa yang kami alami dilapangan

Pumping unit yang akan kita rawat kali ini bermerk Churchill dengan model : C114D-14364, unit ini kecil dan simple cocok untuk kedalaman sumur yang tidak terlalu dalam, dengan prime over electro motor 30 Kw, Perawatannyapun sangat mudah dan tidak rewel. 

Bearing - bearing, bushing yang selalu bergerak harus kita greasing, dalam hal ini greasing mengunakan grease product dari pertamina, product grease yang sudah tidak asing lagi untuk engine - engine atau unit - unit mesin industry , Pin - Pin yang selalu bergerak harus di gerasing semuanya, Oiya lupa fungsi dari gearbox adalah untuk merubah putaran dari prime over menjadi putaran lebih kecil. dan dilanjutkan ke lengan penerus yang dipasang counter balance guna menyeimbangkan berat sucker rod dan house head dari pompa angguk.


Jangan lupa Oil gearbox juga harus diganti setiap 8000RH, Oil gearbox mengunakan oli merk Pertamina yang digunakan untuk gearbox dan roda gigi RPM rendah yaitu Rored SAE 140,

Cover bearing kita lepas untuk mengecheck kondisi bearing upper dan lower bearingnya, jika rusak harus segera diganti karena kan merusak gigi gear yang ada didalamnya karena posisi gear sudah tidak center lagi.

Inti dalam perawatan pumping unit ini adalah untuk menjaga unit pompa angguk agar selalu dapat beroperasi dengan maksimal tidak ada kendala dilapangan pada saat operasi,  Terima kasih untuk temen - temen mekanik Nglobo dan Ledok, PT Pertamina EP Aset 4 Field Cepu.  dibawah leader mechanic mas Sarjono unit - unit pumping unit ini dapat beroperasi dengan handal.
Semoga dapat membantu, ditunggu komentar dan diskusinya terkait pumping unit ini .

Comments

Bagas Jr. said…
Trimakasih atas sharing perawatan SRP nya Bang, sangat bermanfaat. 🙏🏻
Dwie said…
semoga bermanfaat, untuk video - video pumping unit bisa kunjungi channel youtube nya "Dwi Hardi Prasetyo Ananto"

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...