http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Menjadi seorang mekanik yang bekerja di sebuah perusahaan Oil and Gas harus siap sedia, kapan pun unit ada trouble harus segera teratasi dan unit harus segera operasi kembali, apalagi menyangkut dengan loss produksi.
Disini saya akan ceritakan pengalaman troubleshoot pada unit genset Perkins suka mati sendiri setelah beberapa menit operasi, tanpa indikator alarm dan pada saat di start running kembali, tetapi beberapa menit mati kembali.
Berawal dari WA dari teman yang on duty, memberi tahu jika genset perkins sering mati-matian, sehingga proses pemompaan air injection menjadi terganggu dan dikawatirkan luber ke persawahan penduduk yang nantinya bakal rame, karena tidak dapat dipungkiri untuk saat ini isu lingkungan sangat sedap sekali dan sering dimanfaatkan oleh kelompok masyarakat untuk mencari kesempatan melakukan demo yang ujung - ujungnya minta jatah makan/ uang. dan perusahaan seringnya di peras oleh mereka yang katanya atas nama LSM...
Setelah melalui perjalanan puanjang menelusuri hutan jati di wilayah Cepu, tibalah dhevils mechanic di Wono Semi atau sering disebut WSI, disana dhevils mechanic menemukan genset perkins tidak dapat running, Genset ini mengunakan engine perkins dengan 3 cylinder inline, dengan daya 13KVA. mengunakan sytim starting 12VDC.
System fuelnya mengunakan pompa solar electric 12 v DC ini memudahkan engine running dengan tangki solar berada dibawah,
Untuk menyeburkan tenaga supaya dapat maksimal engine Perkins 3 Cylinder ini di jejali turbo supaya HP engine dapat meningkat dan pembakaran dapat maksimal.
Dhevils mechanic curiga pada socket pada shutoff valve di injection pump kendor, yang menyebabkan suplay power ke selenoid putus dan menyebabkan fuel suplay ikut tertutup. hal ini yang menyebabkan unit genset mati. Kemudian socket di bersihkan dan dipasang kembali dengan sedikit menjepit supaya socket tidak kendor.
Kemudian unit genset kita start kembali dan kita amati parameter yang ada di panel, suara pada engine, respon pada saat mendapat beban, hingga bau dari knalphotnya.
Systim charging bateray menunjukan 14V, ini pertanda tidak ada masalah dengan system carging dan alternator.Running hour dari engine
System counter KWH pada generator, semua terecord dengan baik.
Ampere dari tiap lilitan
Voltage output dari lilitan
Frequency dari engine
Pressure dari oil cooler engine.
Itulah pengalaman Dhevils Mechanic troubleshoot engine genset Perkins sering mati sendiri karena disebabkan shocket selenoid valve shutoff yang da di injection fuel pump kendor, semoga dapat bermanfaat
Ditunggu komentar dan diskusinya yaa.. supaya pembahasan kita lebih seru dan rame.
Comments
Saya start 1x,,2x gak bisa nyala 3x baru bisa menyala tpi hanya sebentar hitungan detik mati lagi dan muncul alarm tanda ( V↓ ),,
Mohon pencerahanya suhu 🙏
Mohon penjelasannya 🙏
Pertanyaannya kira2 apa yg menyebabkan dgn indikasi begitu? Tolong di jawab admin..
Genzet saya 160 kva, saya audah ganti filter oli dan ganti oli baru,waktu menyalakan genzet belum 10 menit genzet mati dan timbul tanda peringatan gambar ceret dan sesekali timbul seperti gambar filter oli..
Mohon penjelasannya 🙏
Alarm tersebut menjelaskan jika oli yang dibaca kurang, hal ini dapat real kurang oli atau sensor pressure oli yang bermasalah, coba lepas dan bersihkan socket sensor olinya dahulu, semoga hanya karena kendor socketnya
Mohon ilmunya suhu
Mf menggu 🙏
salam kenal dari Sulawesi bang🙏bang bisa GK minta no WA nya🙏
Mf menggu 🙏
salam kenal dari Sulawesi bang🙏bang bisa GK minta no WA nya🙏
February 27, 2022 at 11:06 PM
maaf telat menjawab karena kesibukan kerja di plant sedang ada pekerjaan besar Turn Arround(TA) sehingga ngak mantengin blog. untuk no Wa mohon maaf blm dapat ngasih ya, karena masih gabung dengan wa pribadi nanti klo dah punya 2 hape akan kami kasih.
April 16, 2022 at 12:29 PM
Yang dimaksud minyak kurang kuat disini apakah pressure minyak pelumas atau pengakabutan minyak bahan bakar yang tidak kuat?
jika presure lube oil kurang kuat, coba check yang paling ringan dulu ganti atau check oil filternya. jika ganti oil filter minyak pressure masih rendah coba buka carter oli, di ujung saluran inlet pompa oil ada screen filter dan sering terjadi plugging disana karena kelamaan ganti minyak pelumas, lepas dan besrihkan screen filter tersebut.
jika yang dimaksud dengan presure pada bahan bakar kemungkinan kerusakan pada injection pump dan hal ini dapat diperbaiki dengan melepas dan kalibrasi nya kembali sekalian nozzle di lepas dan dikalibrasi ya.. supaya mendapat hasil yang lebih maksimal
Mohon ilmunya suhu
February 7, 2022 at 3:55 AM Delete
Untuk suaranya gimana mas? apakah normal atau ada yang pincang? jika ada yang pincang biasanya masih ada angin yang kejebak, coba sambil di flashing sambil running di masing - masing noozle
Terima kasih sebelumnya
Terima kasih sebelumnya
August 25, 2022 at 11:46 PM
Sepertinya low frequency pada genset sampean, coba check system bahan bakarnya apakah masih normal atau ada problem disitu
Sy pakai genset perkins 80kva pada mesin pabrik es balok...permasalahannya genset mati mendadak sekitar 15 menit setelah mesin pendingin atau kompressor nyala. Kelihatan tagangan turun, gimana solusinya biar bisa kembali normal dan tidak mati lagi. Makasih. Pak
April 9, 2023 at 6:53 AM
pada saat mesin pendingin dan kompressor nyala, beban dicatat berapa KW atau KVA mas? dan pada saat engine mati alarm yang muncul apa? apakah over load?, under freq?.. under voltage? atau seperti apa? karena nanti terkait penanganannya berbeda - beda... Ouw iya pada saat beban juga dapat di pastikan asap dari keluaran kenalphot berwarna apa? apakah hitam tebal? hitam kebiru2an? ato putih tebal?