Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Troubleshoot Genset Perkins Engine Sering Mati Sendiri

 
Menjadi seorang mekanik yang bekerja di sebuah perusahaan Oil and Gas harus siap sedia, kapan pun unit ada trouble harus segera teratasi dan unit harus segera operasi kembali,  apalagi menyangkut dengan loss produksi.
 Disini saya akan ceritakan pengalaman troubleshoot pada unit genset Perkins suka mati sendiri setelah beberapa menit operasi, tanpa indikator alarm dan pada saat di start running kembali, tetapi beberapa menit mati kembali.
 Berawal dari WA dari teman yang on duty, memberi tahu jika genset perkins sering mati-matian, sehingga proses pemompaan air injection menjadi terganggu dan dikawatirkan luber ke persawahan penduduk yang nantinya bakal rame, karena tidak dapat dipungkiri untuk saat ini isu lingkungan sangat sedap sekali dan sering dimanfaatkan oleh kelompok masyarakat untuk mencari kesempatan melakukan demo yang ujung - ujungnya minta jatah makan/ uang.  dan perusahaan seringnya di peras oleh mereka yang katanya  atas nama LSM...


 Teman mengatakan tanpa indikator di panel,  kebetulan saya pas libur dan lagi mudik ke Ngawi nenggok Orang tua. Saya ceritakan prisip kerja dari engine genset perkins ini dapat running, tetapi hingga pagi belum juga berhasil. dan Akhirnya dhevils mekanik ikut meluncur ke Lokasi dimana genset Perkins ini berada.
 Setelah melalui perjalanan puanjang menelusuri hutan jati di wilayah Cepu, tibalah dhevils mechanic di Wono Semi atau sering disebut WSI, disana dhevils mechanic menemukan  genset perkins tidak dapat running,  Genset ini mengunakan engine perkins dengan 3 cylinder inline, dengan daya 13KVA. mengunakan sytim starting 12VDC.
System fuelnya mengunakan pompa solar electric 12 v DC ini memudahkan engine running dengan tangki solar berada dibawah,

Untuk menyeburkan tenaga supaya dapat maksimal engine Perkins 3 Cylinder ini di jejali turbo supaya HP engine dapat meningkat dan pembakaran dapat maksimal.

 Dhevils mechanic curiga pada socket pada shutoff valve di injection pump kendor, yang menyebabkan suplay power ke selenoid putus dan menyebabkan fuel suplay ikut tertutup. hal ini yang menyebabkan unit genset mati.  Kemudian socket di bersihkan dan dipasang kembali dengan sedikit  menjepit supaya socket tidak kendor.

 Kemudian unit genset kita start kembali dan kita amati parameter yang ada di panel,  suara pada engine, respon pada saat mendapat beban, hingga bau dari knalphotnya.
 Systim charging bateray menunjukan 14V, ini pertanda tidak ada masalah dengan system carging dan alternator.
 Running hour dari engine
System counter KWH pada generator, semua terecord dengan baik.
 Ampere dari tiap lilitan
 Voltage output dari lilitan
 Frequency dari engine
  Pressure dari oil cooler engine.
Itulah pengalaman Dhevils Mechanic troubleshoot engine genset Perkins sering mati sendiri karena disebabkan shocket selenoid valve shutoff yang da di injection fuel pump kendor, semoga dapat bermanfaat
Ditunggu komentar dan diskusinya yaa.. supaya pembahasan kita lebih seru dan rame.

Comments

Unknown said…
Genset saya FIRMAN SDG 45 PS PERKINS,,
Saya start 1x,,2x gak bisa nyala 3x baru bisa menyala tpi hanya sebentar hitungan detik mati lagi dan muncul alarm tanda ( V↓ ),,

Mohon pencerahanya suhu 🙏
Dwie said…
itu karena low voltage mas, coba sebelum masuk ke yang lain check filter bahan bakarnya.
jualan sepatoe said…
Saya pake genset perkins pr83546 susah banget nyala,,, kenapa y?
Dwie said…
banyak penyebabnya... harus di cehack satu persatu.. mulai dari hal yang ringan dulu.. apakah fuel filter kotor? atau memang unitnya sudah waktunya overhoul?
Anonymous said…
Genzet saya 160 kva, saya audah ganti filter oli dan ganti oli baru,waktu menyalakan genzet belum 10 menit genzet mati dan timbul tanda peringatan gambar ceret dan sesekali timbul seperti gambar filter oli..

Mohon penjelasannya 🙏
Unknown said…
Bang mau tanya Mesin sy Cummins, relay nya persis seperti pada gambar di artikel ini, yg sy mau tanyakan saat mesin sy operasi -+ 30 menit trip dgn indikasi emergency stop lantas di lokasi tdk ada teman yg tekan tombol tsb..
Pertanyaannya kira2 apa yg menyebabkan dgn indikasi begitu? Tolong di jawab admin..
Dwie said…
Engine genset trip banyak sebabnya, coba di liat hystoru yang ada di logsheet alarm, kode munculnya apa? nah dari situ kita kan adapat mencarikan solusinya
Dwie said…
Anonymous said…
Genzet saya 160 kva, saya audah ganti filter oli dan ganti oli baru,waktu menyalakan genzet belum 10 menit genzet mati dan timbul tanda peringatan gambar ceret dan sesekali timbul seperti gambar filter oli..

Mohon penjelasannya 🙏

Alarm tersebut menjelaskan jika oli yang dibaca kurang, hal ini dapat real kurang oli atau sensor pressure oli yang bermasalah, coba lepas dan bersihkan socket sensor olinya dahulu, semoga hanya karena kendor socketnya
Anonymous said…
Genset saya pl 100 . Habis pembersihan fuel filter,, td saya starter lngsung nyala, tp ada indikasi tanda merah ( ! ) berkedip2 itu indikasi apa ya
Mohon ilmunya suhu
Unknown said…
Assalamualaikum
Mf menggu 🙏
salam kenal dari Sulawesi bang🙏bang bisa GK minta no WA nya🙏
Unknown said…
Assalamualaikum.. mas saya sekarang operasikan Perkins 500kva .. apa penyebab minyak kurang kuat tendangan.. sehingga pembakaran gagal.. TDK bisa start
Dwie said…
Assalamualaikum
Mf menggu 🙏
salam kenal dari Sulawesi bang🙏bang bisa GK minta no WA nya🙏
February 27, 2022 at 11:06 PM
maaf telat menjawab karena kesibukan kerja di plant sedang ada pekerjaan besar Turn Arround(TA) sehingga ngak mantengin blog. untuk no Wa mohon maaf blm dapat ngasih ya, karena masih gabung dengan wa pribadi nanti klo dah punya 2 hape akan kami kasih.
Dwie said…
Assalamualaikum.. mas saya sekarang operasikan Perkins 500kva .. apa penyebab minyak kurang kuat tendangan.. sehingga pembakaran gagal.. TDK bisa start

April 16, 2022 at 12:29 PM
Yang dimaksud minyak kurang kuat disini apakah pressure minyak pelumas atau pengakabutan minyak bahan bakar yang tidak kuat?

jika presure lube oil kurang kuat, coba check yang paling ringan dulu ganti atau check oil filternya. jika ganti oil filter minyak pressure masih rendah coba buka carter oli, di ujung saluran inlet pompa oil ada screen filter dan sering terjadi plugging disana karena kelamaan ganti minyak pelumas, lepas dan besrihkan screen filter tersebut.

jika yang dimaksud dengan presure pada bahan bakar kemungkinan kerusakan pada injection pump dan hal ini dapat diperbaiki dengan melepas dan kalibrasi nya kembali sekalian nozzle di lepas dan dikalibrasi ya.. supaya mendapat hasil yang lebih maksimal
Dwie said…
Genset saya pl 100 . Habis pembersihan fuel filter,, td saya starter lngsung nyala, tp ada indikasi tanda merah ( ! ) berkedip2 itu indikasi apa ya
Mohon ilmunya suhu

February 7, 2022 at 3:55 AM Delete

Untuk suaranya gimana mas? apakah normal atau ada yang pincang? jika ada yang pincang biasanya masih ada angin yang kejebak, coba sambil di flashing sambil running di masing - masing noozle
Unknown said…
Assalamualaikum mas genset saya perkins kekuatan 80 KVA setelah dinyalakan beberapa menit mati sendiri dengan logo kelinci itu kenapa ya? Dan gimana cara mengatasinya?

Terima kasih sebelumnya
Dwie said…
Assalamualaikum mas genset saya perkins kekuatan 80 KVA setelah dinyalakan beberapa menit mati sendiri dengan logo kelinci itu kenapa ya? Dan gimana cara mengatasinya?

Terima kasih sebelumnya
August 25, 2022 at 11:46 PM

Sepertinya low frequency pada genset sampean, coba check system bahan bakarnya apakah masih normal atau ada problem disitu
Zein Zainuddin said…
Sy pakai genset perkins 80kva pada mesin pabrik es balok...permasalahannya genset mati mendadak sekitar 15 menit setelah mesin pendingin atau kompressor nyala. Kelihatan tagangan turun, gimana solusinya biar bisa kembali normal dan tidak mati lagi. Makasih. Pak
Dwie said…
Blogger Zein Zainuddin said...
Sy pakai genset perkins 80kva pada mesin pabrik es balok...permasalahannya genset mati mendadak sekitar 15 menit setelah mesin pendingin atau kompressor nyala. Kelihatan tagangan turun, gimana solusinya biar bisa kembali normal dan tidak mati lagi. Makasih. Pak

April 9, 2023 at 6:53 AM
pada saat mesin pendingin dan kompressor nyala, beban dicatat berapa KW atau KVA mas? dan pada saat engine mati alarm yang muncul apa? apakah over load?, under freq?.. under voltage? atau seperti apa? karena nanti terkait penanganannya berbeda - beda... Ouw iya pada saat beban juga dapat di pastikan asap dari keluaran kenalphot berwarna apa? apakah hitam tebal? hitam kebiru2an? ato putih tebal?

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...