http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Hallo teman - teman semua, apakah kalian semua pernah dengar pompa bermerk Aurora?? dhevils mechanic yakin nama tersebut sudah tidak asing lagi bagi kita semua yang bekerja di dunia oil and gas, karena pompa merk itu sudah banyak digunakan untuk Fire Protection system alias untuk pompa air pada saat terjadi kebakaran.
Bongkar bolt houshing pump yang mengelilingi pompa dengan kunci shock ukuran 15/16"
Angkat housing pompa bagian atas dengan mengunakan over head crane, jangan lupa kasih getaran dahulu houshing pompa yang akan diangkat dengan palu tembaga supaya dapat melepas gasket yang lengket karena kerak atau kotoran,
Setelah Houshing pompa terangkat maka akan kita lihat belahan unit pompa, dan ini yang kan kita check kondisinya masih dapat digunakan lagi atau harus kita perbaiki dan ganti, Pompa Aurora ini mengadopsi 1 unit impeller dengan model double suction, ini bertujuan untuk menghasilkan qapasitas yang besar yaitu kurang lebih 700GPM di RPM 2300 sementara dengan tekanan 150 Psi.
Angkat inner part dari pompa, guna pengecheckan komponen pompa dapat digunakan kembali atau sudah rusak, dan dalam kasus ini tidak da kerusakan yang signifikan, unit pompa tidak terkena korosif, padahal unit sudah lama di telantarkan kehujanan dan kepanasan.
Bersihkan kotoran / kerak yang menempel pada shaft pompa dengan mengunakan Amplas halus, terutama pada bagian yang terdapaka oleh galand packing, lanjut beri greashing bagaian wearing ring dan impeler, bongkar bagian cover beraing dan pastikan greas dapat dengan rata di bearing pompa.
Bersihkan kondisi housing pompa dari kotoran maupun dari bekas gasket lama yang lengket, hal ini harus bersih, jika tidak maka akan menganjal gasket yang baru dan menyebabkan kebocoran pada pompa.
Buat gasket pompa dari bahan kertas, dapat mengunakan merk tombo, fair play atau yang lainnya yang penting ketebalannya jangan melebihi 1mm hal ini bertujuan agar houshing pompa bagian atas dapat duduk dengan tepat pada wearing ring pompa.
Setelah gasket jadi lanjut pasang inner part dari pompa, yang terdiri dari shaft, impeller, wearing ring, dan houshing bearing set. jangan lupa di wearing ring ada pen (nok) dan harus masuk ke block housing pompa sebelah bawah, jika tidak pompa akan tidak center.
Tambahkan lem rubber cylicone untuk membantu mengisi pori2 pada lapisan gasket dan block pompa sehingga gasket dapat kuat menahan pressure dari air didalam pompa.
Setelah gasket terpasang baru housing pompa sebelah atas kita pasang, ada 2 pen (nok) yang ada pada houshing ini dan jangan sampai kebalik, karena disisi outlet ada jalur air untuk mendinginkan gland packing.
Pasang semua baut dan jika diperlukan kencangkan dengan kunci moment agar supaya kekencangan dari baut dapat rata dan tidak ada kemiringan dari houshing sebelah atas ini.
Lanjut pemasangan Gland Paking sebelah luar jangan lupa dalam pemasangan harus saling silang sambungannya, hal ini supaya gland packing dapat menahan pressure air dari dalam, setelah 3 lapis galnd packing pasang teflon untuk jalur pendingin gland packing.
Lakukan hal yang sama pada sisi pompa sebelah dalam. dalam mengencangkan bolt pada gland (pendorong gland packing harus mengunakan perasaan, jangan terlalu kencang nanti gland packing akan mengeluarkan asab dan kebakar, jangan terlalu kendor nanti akan bocor pompanya dan harus rata dalam pengencangannya, jika tidak rata maka gland akan gesek shaft bushing sleeve pompa dan kan menimbulan panas yang merembet ke baering pompa.
baca juga :
Truck Hino Dutro 130 HD Kecil Lincah Untuk Fire Fighter di Daerah Yang Terjal
Clarke Fire Pump Unit Handal Yang Belum Terinstal
Alat Pengaman / Safety Device Pada Pompa Recyprocating
Rumus - rumus pada pompa Reciprocating
baca juga :
Truck Hino Dutro 130 HD Kecil Lincah Untuk Fire Fighter di Daerah Yang Terjal
Clarke Fire Pump Unit Handal Yang Belum Terinstal
Alat Pengaman / Safety Device Pada Pompa Recyprocating
Rumus - rumus pada pompa Reciprocating
Pasang Coupling pompa, penghubung engine dengan pompa, dalam unit FPS Clarke ini coupling mengunakan cross joint, yaitu jenis coupling yang fleksible tidak terlalu banyak membutuhkan kelurusan antara engine dengan pompa sehingga tidak dibutuhkan alat aligment.
Pasang cover coupling untuk sistem pengaman putaran coupling. janganlupa sisi belakang dapat di ajust ke depan atau kebelakang jangan sampai mengesek pada hub coupling.
Pekerjaan pada pompa selesei tinggal menunggu proses test running pada unit FPS ini. bagaimana cara mengetesnya, apa saja yang dilakukan dalam pengetesan pompa, akan kita tulis di episode berikutnya
Demikianlah tulisan tentang perbaikan pompa Aurora yang sudah lama idle semenjak pengadaannya, tulisan, foto berdasarkan pengalaman dan koleksi dari dhevils mechanic, terima kasih kepada mas Safiq, mas Macan dan mas Masduki dan teman - teman lainnya yang membantu seleseinya pekerjaan ini.
Comments