Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

TOP Overhoul Gas Engine Arrow C106


Pekerjaan seorang mechanic adalah menjaga performa unit yang di rawat agar selalu handal dan ready untuk operasi, dan kali ini dhevils mechanic ingin menulis pengalaman overhoul unit engine arrow dengan type C106. Unit engine ini digunakan untuk primeover Pumping Unit atau pompa angguk.

Dan berikut ini speck dari  Unit gas engine Arrow C 106
Equipped with Arrow slow speed natural gas fueled engine with the following standard features:
  • Thermal siphon cooling system with radiator and cooling fan
  • Oil bath combustion air cleaner
  • Full flow lube oil filtration
  • Pressure lubrication throughout engine
  • Starfire ignition
  • Electrical engine speed governor (for AC units only)
  • Safety switches for low oil pressure, low lube oil, low coolant level
  • 12 volt electric ring gear starter
  • Amp meter
  • Reliable commercial external two bearing, brushless synchronous 60 hertz alternator available in either single-phase or three-phase (50 hertz on special order)
  • Remote, mounted electrical control panel including voltmeter, amp meter, frequency meter and fuse block for control circuit protection
  • Engine and alternator have V-belt and sheave drive connected together
  • Engine and alternator are mounted together on 9" concrete filled base

Engine Arrow ini  engine dengan 1 cylinder yang sangat mudh sekali perwatannya, dan berikut ini adalah pekerjaan yang dilakukan pada saat perbaikan atau overhoul engine Arrow C106.


Baca juga :

Langkah Kerja Dalam Menghidupkan Engine John Deere Setelah 5 Tahun Dongkrok


Proses Menghidupkan Kembali Pompa Aurora Setelah Tidur 5 TahunSystem Starting Pada Unit Engine Fire Pump
Cara Setting Panel  Monitor Genset Caterpillar Muncul Alarm AL15


Proses Pembongkaran

Bongkar cover Cylinder head, ini bertujuan untuk melepas rocker arm dan push rod engine.

Lepas bolt rocker arm  dengan mengunakan kuni pas 19mm atau 2/4" dan tarik rocker arm set, rocker arm ini berfungsi sebagai penekan valve inlet dan valve outlet. yang diatur waktu penekannnya oleh camshaft.

Setelah rocker arm terlepas tarik ke dua push rod untuk valve suction dan valve outlet, push rod ini berfungsi sebagai penerus gerakan dorong dari camshaft ke rocker arm.

Lanjut dengan melepas baut Cylinder head, jangan lupa untuk melepasnya mengunakan kunci shock yang ukurannya tepat supaya nut tidak rusak, setelah nut terlepas beri pukulan perlahan pad cylinder head dengan palu karet atau palu tembaga supaya cylinder head terlapas dari ruang cylinder, dan tarik cylinder head ke luar.

Tarik cylinder head keluar dan lepas valve satu persatu untuk pengukuran apakah valve dan seat harus diganti atau masih dapat digunakan ke,bali, jangan lupa sebelum mengukur clearend kemiringan valve dan seat harap dibersihlkan dahulu kerak - kerak yang menempel.

Lanjut bersihkan piston dan liner sebelum kita melepas keluar piston dengan cara melepas bolt metal jalan atau bolt connecting rod bearing. dan dorong perlahan connecting rod beraing untuk melepas piston kearah depan engine.

Persiapkan material penganti,nya biasanya kita dapat memberi dengan part group overhoul kit atau kita membeli part secara partial.


Proses Perbaikan
Setelah material datang lanjut pekerjaan perbaikannya, yang pertama Bersihkan Cylinder head dari kerak, ukur clearen seta valve dan valve jika masih dlam nominal standard yang disyaratkan manufacture lanjut skuur valve mengunakan grinding paste yang banyak dijual ditoko - toko teknik di setiap kota.

Jangan lupa bersihkan ruang carter/ crank case dari engine, biasanya banyak endapan oli dan jelaga yang ada didalan ruang crank case.


Proses Starting / Commisioning


Berikut ini adalah video stsrting engine Arrow C106 di workshop Ledok, tempat dhevils mechanic bekerja.



Semoga dapat membantu, dan membuka wawasan kita kan dunia mechanical ditunggu komentar dan diskusinya yaa..

Comments

Jennifer Kaylie said…
Wah terimakasih bapak untuk informasinya, sangat membantu sekali pak. sukses selalu pak.
Dhevilsmechanic said…
Sama2 mbak Jennifer kaylie.. semoga mbak juga sukses

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...