Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Tata Cara Hidrotest Scrubber Gas Bekas Untuk Difungsikan Kembali


hai teman - teman, ingin dhevils mechanic ceritain pengalaman lama sekali yang pernah dhevils mechanic lakukan. yaitu hydrotest scrubber gas.
Scruber ini berfungsi untuk memisahkan fasa gas dan cairan/condensat yang terikut dengan gas. dan scruber ini sudah lama tidak digunakan dan kan digunakan kembali pada salah satu plant yang ada di PT Pertamina EP. sebelum digunakan kembali scruber ini harus sudah di test ketebalannya, di hydrotest dahulu untuk memastikan unit crubber ini dapat digunakan kembali.

Baca juga :

Merubah Gland Packing Menjadi Mechanical Seal Pada Pompa Centrifugal

Mengatasi Troubleshoot Gas Engine Caterpillar Tidak Dapat Start Karena Kebanjiran

Permasalahan Sumur Kepasiran dan Cara penyeleseiannya


Dan berikut ini  adalah urutan pekerjaan  dan tata cara hidrotest scruber gas yang da di Field kami, dan dhevils mechanic rasa tidak jauh berbeda untuk pekerjaan hydrotest scruber  gas yang ada di tempat - tempat lain.
 

Langkah pertama adalah melepas flange - flange yang ada untuk diganti blank flange atau flange yang sudah dimodifkasi dengan pipa 1/2" yang terhubung ke instalasi peralatan hydrotest.

Setelah Flange sudah terpasang maka dipasang alat hydrotestnya. dan untuk pekerjaan ini kami dan team menngunakan hydrotest manual. dan foto alatanya seperti beriku.
 
 Setelah terpasang mulailah kita memompa pompa untuk mengisi air didalm scruber, jangan lupa buka salah satu valve yang diatas untuk membuang angin yang terjebak didalam cruber tersebut.
 
Angin yang ada didalam scruber dipastikan sudah tidak ada maka mulailah pemompaan dengan pressure  yang lebih tinggi sesuai dengan name plate dari scruber tersebut atau sesuai dengan  rating pressure kerja scrubber tersbut nantinya ditambaih 20% untuk safety factornya.


Amati dan dan tunggu jarum indikator pada pressure gauge turun apa tidak, jika turun ada kemungkinan angin masih ada didalam dan pastikan sudah tidak ada angin yang terjebak, atau ada kebocoran pada scruber tersbut. hal ini dapat kita lihat secara visual kebocoran yang yang terjadi. dalam hydrotest preasure ini biasanya kami melakukan selama 5 sd 10 menit. dan jika tidak turun jarum preassure gauge berarti scrubber  dalam kondisi baik dan layak digunakan kembali.

Demikianlah cerita hydrotest scrubber ini. jangan lupa bersihkan peralatannya, dan pastikan ditinggal dalam posisi aman.

Semoga dapat bermanfaat dapat memberi gambaran bagi kita semua, ditunggu komentar dan diskusinya yaa..
@dhevilsmechanic with my crew.. Bapak Tua Sarkadi, Mas Sutadji dan Warsila

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...