Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Jenis - Jenis Mechanical Seal Pompa

Mechanical Seal adalah Sebuah alat pengeblok cairan/gas pada suatu rotating equipment, yang terdiri atas : 1.    Dua buah sealface yang bisa aus, dimana salah satu diam dan satunya lagi berputar, membentuk titik pengeblokan primer (primary sealing). 2.    Satu atau sekelompok o-ring/bellows/PTFE wedge yang merupakan titik pengeblokan sekunder (secondary sealing). 3.    Alat pembeban mekanis untuk membuat sealface saling menekan. 4.    Asesoris metal yang diperlukan untuk melengkapi rangkaian Mechanical Seal. Tipe Mechanical Seal dapat dibedakan berdasarkan hal-hal sebagai berikut: A. Berdasarkan Cara Pemasangan Berdasarkan cara pemasangan, seluruh Mechanical Seal dibagi menjadi 2 tipe: 1. Basic Mechanical Seal / Non-Cartridge Mechanical Seal. Mechanical Seal Basic /Conventional, pemasangannya memerlukan sekian tahap perhitungan untuk mendapatkan kompresi optimal sesuai petunjuk Pabrik. Perhitungan kompressi dilakukan secara manual. Over kompresi, resikonya pecah. Kurang kompresi, pompa bocor. Ciri-ciri lain MechanicalSeal jenis ini adalah : * Disuplai tanpa shaft sleeve, dalam kondisi terpisah antara rotatingseal dan stationaryseal face. * Diperlukan penandaan pada shaftsleeve untuk mengetahui presisi tempat pemasangan. * Tempat / dudukan stationaryface adalah buatan pabrik pompa, bukan disuplai oleh pabrik MechanicalSeal. Tempat dudukan tersebut dinamakan Stationary housing atau Glandplate atau Gland Ring. Sekalipun pemasangan tipe basic/conventional dapat dengan mudah dipelajari, trend penghematan biaya perawatan menunjukkan naiknya jumlah permintaan MechanicalSeal tipe Cartridge 2. Cartridge MechanicalSeal Pemasangannya tidak memerlukan setting kompresi dikarenakan Pabrik Mechanical Seal telah merangkai Basic Seal diatas sleeve, melengkapi rangkaian ini dengan glandplate dan spacer. Keunggulan Cartridge MechanicalSeal adalah: * Tidak perlu setting kompresi manual, mengurangi kesalahan pasang secara signifikan. * Biaya perawatan lebih rendah. Bila aus, cukup membeli basic seal. * Parts yang bukan cakupan Basic Seal adalah: GlandPlate, sleeve, O-Ring sleeve, Gasket, Spacer, Retaining/Snap Ring, Set Screws, Collar Drive. B. Berdasarkan bebas tidaknya Gaya tekan pada Contact face. Berdasarkan bebas tidaknya gaya yang menekan sealface untuk saling kontak, MechanicalSeal dibedakan menjadi 2 : 1. Pusher / O-Ring MechanicalSeal Pusher / O-Ring MechanicalSeal memiliki O-Ring yang bebas bergerak sepanjang shaft sleeve untuk menjaga gaya tekan rotary sealface ke stationary sealface. Fitur ini mengakomodasi ausnya rotary sealface dan kekurang lurusan pemasangan. Keuntungan tipe-tipe ini adalah harganya yang tidak mahal dan secara komersial tersedia dalam berbagai varian dan konfigurasi. Kelemahannya adalah terjadinya kemacetan akibat menumpuknya kotoran, dan menimbulkan fretting pada shaft atau shaftsleeve. 2. Non-Pusher / Bellows MechanicalSeal Tipe ini tidak harus bergerak sepanjang shaft atau shaftsleeve untuk menjaga taut-eratnya kontak sealfaces. Keuntungan utama seal ini adalah kemampuannya untuk mengatasi aplikasi temperatur tinggi dan rendah dan tidak memerlukan O-Ring, sehingga terhindar dari masalah kemacetan O-Ring. Ada 2 tipe Bellows MechanicalSeal yaitu: Rubber/Elastomer Bellows dan Metal Bellows. Kelemahannya, untuk metal bellows, materialnya perlu di up-grade pada lingkungan yang korosif. C. Berdasarkan besar kecil nya area contact face yang mengalami penekanan. 1. Un-Balanced MechanicalSeal Tipe ini tidak mahal, jarang bocor dan lebih stabil mengatasi vibrasi, kekurangan pada alignment, dan kapitasi. Kelemahannya adalah tipe-tipe tersebut relatif hanya memiliki batas daya tahan tekanan yang rendah. Berikut gambar dari tipe Un-Balanced: 2. Balanced MechanicalSeal Suatu penyesuaian design yang meminimalkan gaya hidrolis yang diperlukan untuk menutup contactface. Rotating sealface nya memiliki bentuk berbeda. Perubahan bentuk ini menghasilkan semakin tingginya daya tahan terhadap pressure, rendahnya beban sealfaces dan panas yang ditimbulkan lebih rendah. Oleh karenanya tipe ini cocok untuk aplikasi fluida yang lubrikasinya kurang dan tekanan penguapan yang tinggi seperti Light Hydricarbons. D. Berdasarkan jumlah Basic MechanicalSeal dalam satu rangkaian 1. Single MechanicalSeal  yaitu mechanical seal yang hanya terdiri dari 1(satu) unit Basic MechanicalSeal per set rangkaian. 2. Double MechanicalSeal ,  Yaitu mechanical seal yang terdiri dari 2(dua) unit Basic MechanicalSeal per set rangkaian. Unit paling di dekat impeller disebut dengan Inboard Seal / Impeller-side Seal, sedangkan unit di sisi atmosphere disebut dengan Outboard Seal / Atmosphere-side Seal. Demikianlah sekelumit cerita tentang mechanical seal pompa, ditunggu komentar dan diskusinya yaa, dan bagi pengalaman anda terkait mechanical seal di kolom komentar 
http://dlvr.it/RmPlsM

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...