Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Motor Bahan Bakar Gas Dan Klasifikasinya

Motor Bahan Bakar Gas adalah suatu pesawat yang mengubah suatu bentuk energi panas menjadi energi mekanik. Motor bahan bakar gas berarti suatu pesawat yang tenaga mekaniknya diperoleh dari hasil pembakaran campuran bahan bakar gas dan udara yang dikompresikan ke dalam ruang bakar (Combustion Chamber). Kemudian dengan bantuan panas yang diperoleh dari loncatan bunga api listrik (Spark Ignition), sehingga terjadi ledakan yang menimbulkan ekspansi gas.  Tenaga ekspansi ini digunakan untuk mendorong piston dan melalui suatu rangkaian peralatan dirubah menjadi tenaga putar mekanis. Karena proses pembakaran berlangsung didalam ruangan silinder itu sendiri, maka motor bakar ini disebut motor pembakaran dalam (Internal Combution Engine).  Baca juga : Apa Saja Yang Diperhatikan Dalam Merubah Diesel Engine Menjadi Gas Engine TOP Overhoul Gas Engine  Generator Guascor SFGLD 560 Solusi Engine Caterpillar 3 Digit Yang Absolut Part Bahan bakar yang biasa digunakan dalam motor bakar gas adalah :  Propane, Bio gas, Wellhead gas (Field gas),  dan Dry Natural gas yang berasal dari sumur produksi (Terutama methane) yang telah dipisahkan kadar air dan kondensatnya (Dry Gas).   Klasifikasi Motor Bakar Gas             Motor bakar gas dapat di klasifikasikan menurut langkah  kerjanya menjadi :                                    1.  Motor Bakar Gas Empat Langkah Yang dimaksud dengan motor bakar gas empat langkah adalah sekali proses kerja dengan dua kali putaran poros engkol meliputi empat langkah torak (langkah-isap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah pembuangan). Proses kerja motor bakar gas empat langkah adalah : ·                  Langkah Hisap  Langkah pemasukan adalah langkah torak dimana katup masuk terbuka dan katub pembuangan tertutup. Torak bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah campuran udara dan bahan bakar mengalir melalui katup masuk yang terbuka ke dalam silinder. ·       Langkah Kompresi           Poros engkol yang berputar menggerakkan torak ke titik mati atas karena kedua Katup tertutup, maka campuran udara dan bahan bakar di kompresikan pada ruang silinder. ·        Langkah Kerja          Waktu berlangsungnya langkah kerja, kedua katup tertutup. Sesaat sebelum torak mencapai titik mati atas, pembakaran berlangsung sehingga tekanan dan temperatur gas pembakaran naik. Pada saat itu torak melampaui titik mati atas dan tekanan gas mendorong torak ke bawah, torak menggerakkan poros engkol sehingga diperoleh kerja mekanik. ·                 Langkah Pembuangan Poros engkol menggerakkan torak ke titik mati atas, sehingga isi silinder berkurang. Waktu pembuangan katup masuk tertutup dan katup buang terbuka. Oleh karena itu, torak dapat mengalirkan gas bekas pembakaran keluar silinder. Brand – brand motor bakar gas empat langkah : Caterpillar, Waukesha, Arrow, Superior, Guascore, Doosan, Deuthz, Vortec, dan lain sebagainya.   2.   Motor Bakar Dua Langkah  Dalam mekanisme kerja motor dua langkah melengkapi siklusnya dalam dua gerakan piston atau satu putaran crank shaft (poros engkol). ·       Langkah Pertama  Piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) akibat adanya pembakaran, maka gas hasil pembakaran akan mendorong piston sehingga terjadi langkahn kerja. Selanjutnya beberapa derajat (85º - 55º) sebelum piston mencapai titik mati bawah (TMB), lubang buang terbuka dan sisa gas pembakaran mengalir keluar karena adanya perbedaan tekanan. Dan beberapa derajat (60º - 45º) sebelum titik mati bawah (TMB) lubang isap terbuka sehingga, udara dan bahan bakar masuk ke dalam silinder (ruang bakar), pada saat ini disebut juga langkah pembilasan yaitu masuknya udara dan bahan bakar baru sambil mendorong sisa-sisa gas bakar keluar. ·               Langkah Kedua Piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) menuju titik mati atas (TMA). Beberapa derajat (45º - 60º) sesudah titik mati bawah (TMB) lubang isap menutup, maka berakhirlah pembilasan. Kemudian setelah beberapa derajat (55º - 85º) sesudah titik mati bawah (TMB) lubang buang tertutup, maka berakhirlah langkah buang. Dengan berakhirnya langkah buang dan langkah isap, maka mulai terjadi proses pemampatan dan langkah ini disebut langkah kompresi. Beberapa derajat sebelum piston mencapai titik, mati atas (TMA) terjadi pembakaran di dalam silinder. Akibatnya pembakaran ini piston  terus bergerak menuju titik mati atas selanjutnya menuju titik mati bawah. Proses ini terulang seperti langkah-langkah pertama.   Brand – brand  motor bakar gas yang mengunakan 2 langkah adalah : Ajax, Arrow, Detroit, dan lain sebagainya. Semoga dapat bermanfaat, Tulisan ini di ambil dari KKW dhevils mechanic di AKAMIGAS Cepu Jurusan Tehnik Mesin Lapangan Tahun 2009
http://dlvr.it/RqdxZZ

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...