http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Hallo teman - teman dhevils mechanic semuanya, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic setelah beberapa waktu dhevils mechanic tidak update share pengalaman kerja di dunia mechanic Oil and Gas Industry, kali ini dhevils mechanic ingin sharing pengalaman dalam pekerjaan 4K pada gas turbine generator. Apa saja yang dilakukan yuk ikuti terus tulisan dhevils mechanic kali ini. baca juga : Apa saja sich yang harus diperhatikan dalam merubah diesel engine menjadi gas engine Mencari penyebab rubbing pada blade gas turbine generator PM rutin Pedestal Crane Di Offshore Platform
Pekerjaan kali ini dilakukan pada Gas Turbine Generator atau yang sering disingkat dengan sebutan GTG, dengan merk Kawasaki, model GPB30 yang berkapasitas 2.8 MegaWatt. Turbine ini berbahan bakar dual fuel liquid dan gas. Untuk liquid mengunakan bahan bakar Pertadex dengan konsumsi 1 Ton / Jam dan natural gas yang diambil dari sweet gas hasil dari pengolahan plant.
4K atau juga disebut 4000 jam ini dihitung adalah jam running setelah turbine comisioning atau juga unit turbine setelah dilakukan GOH, hal ini dilakuakan untuk mengetahui kondisi dari part - part yang berputar maupun yang tidak berputar dari dalam unit turbine. atau juga disebut boroscope.
Pengechekan Sisi dalam dari Turbine
Pekerjaan ini dilakukan dengan mengunakan camera borosope, yaitu kamera kecil dengan arah mata camera yang dapat di atur dari luar camera dengan sudut pandang mendekati 360* yang dimasukan kedalam engine turbine befungsi mengecheck satu persatu propeler dari turbine ini, entah itu propeler untuk kompresor maupun propeler untuk generator dari turbine.
pengechekan ini harus hati - hati dan teliti jangn sampai ada yang terlewat terhadap yang terjadi di propeler maupun di housing dari turbine, apakah ada cacat fisik di propeler, retak rambut, rubbing dan lain-lainnya
Gas fuel Filter.
Hal ini harus dibersihkan supaya jalannya bahan bakar dapat sempurna hingga proses pembakaran, gas fuel fimter ini berada di luar pakage dari turbin, setelah cover filter kita bongkar kita check kondisinya, jika kondisi sudah rudak maka gas fuel filter ini harus diganti sekalian, karena unit turbine beroperasi 24 jam ninstop dan baru di offkan setelah running 4000 jam berikutnya alias running hour sudah mencapai 8000 jam
Liquid Fuel Filter
Seperti halnya gas fuel filter, liquid fuel filer ini harus kita check dan seklian kita bersihkan jika kondisinya masih bagus, tetapi jika kondisi sudah parah/ rusak liquid fuel filter ini harus segera kita ganti.
Nozzle dan Combuster
Pekerjaan ini bertujuan untuk melancarkan jalur bahan bakar hingga ke dalam combuster, entah itu jalur gas fuel maupun liquid fuel, disini nozzle dibongkar kemudian direndam oleh cairan dan lanjut dibersihkan. part yang diganti disini hanya O-ring yang berfungsi sebgai gasket antara housing dengan nozzle / injector bahan bakar.
Cleaning Air Intake FilterPekerjaan yang dilakukan untuk membersihakan air filter dari turbine ini, dan jika ada air filter yang rusak dan kotor sebaiknya langsung diganti, O iya untuk Gas turbine kawasaki model GPB30 ini Air filter cylinder ada 20 Pcs dan Cone Air filter ada 20 Pcs Pekerjaan PM gas turbine generator ini juga dapat dilihat dichannel youtube dhevils mechanic. bagaimana pekerjaannya dapat dilihat di :
Setelah pekerjaan PM 4K atau 4000 Jam running, unit gas turbine generator ini di start kembali untuk mengetahui performanya. dan video berikut ini adalah video pada waktu start up kawasaki gas turbine generator dengan bahan bakar awal mengunakan liquid diesel.
Demikianlah pekerjaan yang dilakukan pada gas turbine generator running hour 4000 jam, semoga dapt bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. tulis komentarmoe jika mempunyai pertanyaan maupun mempunyai pengalaman terkait gas turbine generator ini, supaya sharring knowledge ini lebih seru lagiDhevils Mechanic onfire
http://dlvr.it/RsGBND
http://dlvr.it/RsGBND
Comments