Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Team Mechanic Distrik II Field Cepu

Pindah - pindah tempat kerja adalah hal biasa yang dilakukan oleh seorang mechanic, karena tergantung perintah dari perusahaan tempat bekerja, dan begitu juga dengan yang dialami oleh dhevils mechanic dari pertama kali kerja mengenal dunia mechanic pada tahun 1994 hingga sekarang.



Entah sudah berapa tempat yang sudah dhevils mechanic duduki, sudah berapa ribu unit equipment yang sudah dirawat dan perbaiki, hingga dhevils mechanic bekerja bergabung dengan team Mechanic Distrik II Field Cepu.
Mechanic Distrik II Field Cepu mempunyai wilayah kerja yang menjadi tanggung jawabnya meliputi : area nglobo dan sekitarnya, area ledok dan sekitarnya, area semangi dan sekitarnya, area BNA dan wonosemi, Area workshop dan fasum, dan tambahan area CPP Gundih.
Mechanic Distric II dengan motto Pastikan Kerja Aman... Kerja Nyaman... dan Jangan Lupa Bahagiyah..  hal ini membuat team menjadi kompak, dan saling support jika ada pekerjaan yang berat. tidak ada masalah yang berat jika dikerjakan bersama - sama.

Dan berikut ini beberapa Pekerjaan mechanic Distrik II antara lain :

Perawatan Pumping Unit

Pumping unit berfungsi untuk memompa minyak dari dalam bumi untuk diangkat dan dialirkan ke SP (Stasiun Pengumpul Minyak), dengan jumlah sumur hingga mendekati ratusan sumur yang operasi. Crew mechanic dengan riang gembira melaksanakan tugas - tugas tersebut.

Perawatan pumping ini selain juga merawat unit pumping yang sudah ada juga melakukan pemasangan pemasangan pumping unit di sumur - sumur baru rekativasi sesuai dengan program operasion, jadi hal biasa bagi mechanic distrik II dalam membongkar dan memasang kembali unit pumping .

Perawatan Gas Engine Prime Over Pumping Unit.

Di wilayah kerja distrik II artifial lift mengunakan pumping unit dengan prime over gas engine, disini team mempunyai tanggung jawab menjaga kehandalan dari unit, unit gas engine yang umumnya bermerk Arrow dengan Type C106 dan C225, gas engine model ini sangat handal dengan bahan bakar langsung dari wellhead tanpa ada proses pemisahan dari gas - gas yang terikut didalam gas metan.

Unit engine dengan 1 cylinder untuk type C106 ini butuh xtra ketelatenan karena selain modelnya unik juga umur dari unit - unit engine ini sudah tua.
Perawatan Pipa dan Flowline
Jika di Field lain dipsahkan antara pekerjaan mechanic rotary dan mechanic static di distrik II ini justru kebalikannya, pekerjaan mechanic rotary tentang mesin - mesin juga merawat equipment static seperti valve, kebocoran pipa, tangki, pasang dan perawan pipa flowline sumuran, sehingga tukang las / welder harus bisa juga perbaikan mesin,


Perbaikan & Overhoul Engine

Selain merawat unit - unit yang running dilapangan, mechanic distrik II juga melakukan pekerjaan perbaikan dan overhoul unit - unit engine di workshop mechanic, pekerjaan ini untuk menunjang operasi dilapangan, jika ada yang rusak dilapangan dan tidak dapat diperbaiki dengan segera, team mechanic tinggal menukar dengan unit standby selesei diperbaiki.

Unit yang sudah selesei perbaikan di bungkus rapi, dan disimpan di tempat yang aman, dan jika dibutuhkan tinggal angkut dan dipasdangkan di lapangan, hal ini akan mempersingkat waktu downtime yang terjadi dilapangan sehingga operasi produksi akan berjalan secara maksimal.


Refurbish unit - unit yang Idle
banyak sekali unit - unit yang terbengkalai dibiarkan saja dengan kondisi yang mengenaskan, perlahan dan pasti satu persatu di hidupkan kembali sesuai dengan peruntukannya, seperti unit - unit genset, firepump, gas engine, pumping unit, air compresor dan lain - lain.


Banyak lagi sebenarnya yang ingin diceritakan terkait pekerjaan mechanic distrik II, Insya Allah akan distulis di episode - episode berikutnya.

 

Team mechanic Distrik II dari kiri ke kanan
Mr John...... 
Mr Oent......
Mr Moer........
Mr Ugie.......
Mr Walay..
Mr Dhevils......
Mr Mach.....



Terima kasih sudah berkunjung di blognya dhevils mechanic, semoga dapat bermanfaat, ditunggu komentar dan diskusi nya terkait dunia mechanic. Supaya berbagi pengalaman kerja ini lebih seru lagi.











Comments

Ari IRC #019 said…
Saran kang, APD utk pasukan anti sambat e perlu dilengkapi biar lebih ciamixs hehe
Dwie said…
hahahaha siap omkoeh, dari keadaan yang seadanya hahaha

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...