Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Genset Tidak Keluar Strum?? Begini Cara Perbaikannya

Halo teman - teman dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang tak jauh bercerita pengalaman kerja bekerja di Oil and Gas industry, dan kali ini ingin mengulas sedikit tentang genset.

Keberadaan listrik bagi manusia sangatlah penting dan dibutuhkan untuk membantu berbagai pekerjaan menjadi lebih mudah. Ketergantungan akan listrik di zaman modern seperti ini membuat manusia menyiapkan segala sesuatunya untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti pemadaman listrik secara tiba-tiba oleh PLN dengan menggunakan genset

Genset adalah akronim dari kata generator set yaitu suatu mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik (generator) dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu.

Sering kali kita menemukan permaslahan tentang genset, dan berikut ini Penyebab Genset Tidak Keluar strum /Listrik Dan Cara Mengatasinya

1. Kabel Output Putus

Genset memiliki generator yang berfungsi sebagai penghasil arus listrik. Arus yang keluar dari generator akan dialirkan oleh kabel menuju lubang stop kontak pada genset. Namun, kabel out put tersebut sering kali meleleh karena tidak kuat menahan panas listrik. Sehingga mengakibatkan listrik yang keluar dari generator akan terhenti.

Cara mengatasi masalah seperti ini yaitu dengan menelusuri jalur kabel yang keluar dari generator. Jika menemukan kabel yang putus, maka sambunglah kembali dan tutup dengan isolatip. Kemudian lakukan pengecekan ulang dengan multitester.

2. Kapasitor Genset Terbakar

Pada mesin genset yang memiliki kapasitas arus listrik di bawah 2500 watt, memiliki sebuah kapasitor yang berfungsi sebagai pengontrol arus listrik yang keluar dari generator mesin genset tersebut. Jika pemakaian listrik melebihi kapasitas, maka kapasitor tersebut akan terbakar atau meleleh.

Jika kapasitor tersebut terbakar (putus), cara mengatasinya yaitu  dengan mengganti kapasitor baru yang memiliki ukuran yang sama dengan kapasitor yang telah rusak tersebut

3. AVR Mati

Penyebab yang ketiga dari mesin genset tidak keluar arus listrik yaitu AVR mati. AVR merupakan kepanjangan dari automatis voltage regulator yang fungsinya mirip dengan kapasitor yaitu sebagai pengatur keluarnya arus listrik yang keluar dari generator. Dan AVR ini hanya dimiliki oleh mesin genset yang memiliki kapasitas listrik di atas 2500 watt.

Untuk dapat mengetahui AVR mesin genset yang rusak, kita dapat melihat tanda-tandanya, seperti AVR yang meleleh, sambungan kabelnya tidak terhubung, atau terdapat retakan pada fisik AVR tersebut.

Jika menemui gejala AVR rusak, maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengganti AVR tersebut dengan AVR baru. Namun perlu ketahui bahwa untuk mengganti AVR tersebut haruslah memiliki bentuk dan kapasitas daya listrik yang sama dengan yang diganti.

4. RPM Mesin Rendah

Putaran mesin yang lambat dapat juga menjadi penyebab tegangan listrik pada mesin genset tidak keluar. RPM mesin yang lambat ini juga dapat menyebabkan frekuensi listrik genset tidak stabil. Sehingga arus listrik yang keluar tidak beraturan.

Jika RPM mesin menurun, maka kita harus menyervis mesin penggerak pada genset tersebut. Hal ini dapat kita lakukan dengan cara membersihkan karburator, mengganti busi, atau mengencangkan baut head pada mesin penggerak genset tersebut.

5. Generator Terbakar

Faktor penyebab genset tidak keluar arus listrik selanjutnya yaitu generator terbakar. Generator merupakan bagian yang berupa gulungan tembaga. Biasanya, penyebab dari generator terbakar ini yaitu menempelnya bagian rotor dengan stator, sehingga mengakibatkan generator tersebut cepat panas yang lama-kelamaan akan terbakar.

Cara mengatasi generator yang terbakar yaitu dengan menggulung gulungan tembaga pada generator tersebut. Namun, jika ingin lebih cepat, kita dapat mengganti rotor dan stator teserbut dengan yang baru.

Demikinlah sedikit cerita tentang genset tidak keluar strum atau listriknya, semoga dapat bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...