Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Macam - Macam Minyak Pelumas Yang Digunakan Untuk Industrial Compressor

Hallo teman - teman semua, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechnic. Dan kali ini dhevils ingin membahas tentang minyak pelumas yang sering digunakan oleh mechanic Oil and gas dalam maintenance maupun operasi dari unit - unit yang ada di oil and gas industry.  Dan karena dhevils mechanic bekerja di perushaan yang milik negara indonesia pembahasan pelumas iini juga ke minyak pelumas yang diproduksi oleh perusahaan milik dari rakyat indonesia yaitu minyak pelumas product dari Pertamina tentunya.

Minyak pelumas berfungsi untuk melindungi bagian - bagian dari mesin / equipment yang bergerak supaya tidak terjadi keausan, korosive maupun fatik karena temperature yang berlebih. sehingga lebih dapat dijabarkan minyak pelumas berfungsi sebagai bantalan dari kedua benda yang bergesekan supaya tidak aus, melindungi benda dari karat atau korosif serta sebagai pendingin dari engine.

Dan berikut ini adalah minyak pelumas dari pertamina yang digunakan untuk Industrial compressor yang ada di pasaran Indonesia :



1. GC LUBE SYN SERIES

Pelumas kompresor sintetik yang diformulasikan dari  oil sintetik diester dan aditif teknologi terkini. Pelumas ini didesain khusus untuk aplikasi penggunaan pelumas berbasis mineral oil dimana memberikan   kinerja yang kurang memuaskan.

TINGKATAN MUTU

GC LUBE SYN series memenuhi tingkatan mutu ISO 6743-3 DAB.

KEUNGGULAN
  • Sesuai dengan katalis yang digunakan pada proses operasi hydrotreating, reforming dan platforming.
  • Memiliki kestabilan panas dan oksidasi yang sangat baik untuk memberikan umur pakai yang panjang dan perlindungan terhadap pembentukan varnish dan deposit, yang dibutuhkan untuk memperpanjang umur bearing dan gear compressor.
  • Dilengkapi dengan aditif anti wear untuk memberikan perlindungan terhadap keausan berlebih.
  • Efektif untuk menjaga kompresor dari karat dan korosi.
  • Kemampuan pemisahan air yang baik. •Penguapan rendah untuk mengurangi risiko
  • kebakaran dan ledakan.
  • Memiliki pelumasan dan kemampuan mengalir yang
  • baik pada temperatur rendah sehingga memberikan penghematan energi.
PENGGUNAAN
  • GC LUBE SYN 68 direkomendasikan untuk rotary vane dan screw compressor.
  • GC LUBE SYN 100 & 150 direkomendasikan untuk reciprocating compressor.
  • GC LUBE SYN series dapat digunakan lebih dari 4000 jam tergantung pada kondisi operasi.
  • GC LUBE SYN series sesuai dengan seal yang terbuat dari Fluorocarbon, Fluorosilicon, PTFE, Polysulfide, Polyurethane, Acrylonitrile, Butadiene.
  • GC LUBE SYN series tidak direkomendasikan untuk kompresor yang memakai seal dari bahan natural rubber, Polyisoprene, lsobutylene, Isoprene, Buna-N, EPDM, EPM, SBR, Polyacrylate, Silicone

2. GC LUBE SYN PO SERIES 

Pelumas kompresor sintetik yang diformulasikan dari polyalphaolefin (PAO) synthetic base oil and base oil sintetik polyalphaolefin (PAO) dan aditif selected additives. pilihan.

TINGKATAN MUTU

GC LUBE SYN PO series memenuhi tingkatan mutu sebagai berikut :
• DIN 51506 VDL
• ISO 6743-3 DAJ

KEUNGGULAN
  • Memiliki kestabilan panas dan oksidasi yang sangat baik untuk memberikan umur pakai yang panjang dan perlindungan terhadap pembentukan varnish dan deposit.
  • Dilengkapi dengan aditif anti wear untuk memberikan perlindungan terhadap keausan berlebih.
  • Memiliki kemampuan mengalir yang baik pada temperatur rendah sehingga memberikan penghematan energi.
  • Efektif untuk menjaga kompresor dari karat dan korosi.
  • •Kemampuan pemisahan air yang baik.
PENGGUNAAN

GC LUBE SYN PO 32, 46 & 68 direkomendasikan untuk rotary vane dan screw compressor. Sedangkan GC LUBE SYN PO 100 & 150 direkomendasikan untuk reciprocating compressors.
GC LUBE SYN PO series dapat digunakan lebih dari 4000 jam, tergantung pada kondisi operasi. 

3, GC LUBE M SERIES 

Pelumas kompresor berkualitas tinggi formulated from hydrocracked yang diformulasikan dari base oil base oil and selected additives. hydrocracked dan aditif pilihan.

TINGKATAN MUTU

GC LUBE M series memenuhi tingkatan mutu sebagai berikut:
• DIN 51506 VDL
• ISO 6743-3 : DAB Severe Duty
• DIN 51524 HL

KEUNGGULAN
  • Memiliki kestabilan oksidasi yang sangat baik untuk mencegah pembentukan sludge dan deposit.
  • Memberikan perlindungan terhadap korosi dan keausan berlebih yang sangat baik untuk meningkatkan umur peralatan kompresor.
  • Memiliki kemampuan memisahkan air yang baik sehingga kompresor beroperasi lebih efisien.

PENGGUNAAN

GC LUBE M 32, 46 & 68 direkomendasikan untuk rotary vane dan screw compressor. Sedangkan GC LUBE M 100 & 150 direkomendasikan untuk kompresor jenis reciprocating.
PERHATIAN
Harus diperhatikan dalam memilih penggunaan pelumas kompresor. Rekomendasi pabrik harus selalu diikuti.
GC LUBE M series tidak direkomendasikan untuk kompresor yang menyuplai udara untuk pernafasan. 

Demikianlah sedikit ulasan minyak pelumas yang digunakan untuk compressor dimana dapat digunakan untuk air compressor maupun gas compressor di industry Oil and Gas,  dan produk dari pertamina ini dapat disandingkan dengan produk - produk luar negri.

Jika bangsa indonesia sendiri tidak mau mengunakan produksi bangsa sendiri siapa lagi yang akan mengunakannya? Cintailah Produk - Produk Dalam negri.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...