Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Problem Pada Engine Waukesha L5774 LT Shutdown Tanpa Indikasi ( ESM Problem)

 








Hallo teman - teman ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, yang tidak jauh membahas dunia mechanic yang ada di Oil and gas industry. Dan kali ini dhevils mechanic ingin membahas sedikit tentang engine waukesha. Bagimana ceritanya ikuti terus yuk tulisan dhevils mechanic ini.

Yang kita bahas kali ini terkait gas engine dengan merk waukesha dimana unit engine ini mengunakan bahan bakar gas  yang ada di tempat dhevils mechanic bekerja. gas yang digunakannya berasal dari sumuran minyak yang di produksikan dengan system gaslift. minyak dan gas yang diproduksikan oleh sumuran tersebut dipisahkan di separator  dimana minyak mengalir ke tangki penampungan sementara gasnya di gunakan  untuk suplay gas kompressor yang digerakn oleh waukesah ga s engine dengan bahan bakar dari gas tersbut. hehehe muter - muter terus yaa... engine berbahan bakar gas mengerakan kompressor gas.
Engine tersbut dengan speck seperti dibawah ini yaa...
Output dan rpm yang berbeda akan menghasilakn daya yang berbeda pula.

Engine Waukesha ini memiliki control engine yang disebut ESM atau disebut dengan Engine System Manager atau juga disebut dengan ECU nya engine waukesha, semua paramerter yang ada di engine ini di control oleh ESM ini.

Dan akhir  - akhir ini sering shutdown dengan indikasi Waukesha ESD 222 (Waukesha customer ESD). dan setelah shutdown di start lagi normal seperti tanpa masalah, dan berikut ini urutan pengecheckan jika terjadi problem seperti diatas.

1. Check dulu seluruh hardware apakah ada socket yang kendor atau keble yang putus, karena sensor mengirim sinyal palsu sehingga mematikan unit engine.

2. Coba check ‘first alarm’ di Altronicnya. karena kadang problem di ignition system sugnal ke ESM


Cust ESD ada di pin 15 module ESM (tapi sulit cari lokasinya).

Ikuti langkah sbb:

1. Jika masih terima signal ESD222, jangan ‘RESET’ panel altronic.

2. Cari kabel bertuliskan ‘ESD’ dari harness ESM ke panel altronic (kabel warna kuning atau hijau).

3. Periksa di terminal dikabel ‘ESD’ tsb, signal 24 VDC dari altronic (biasanya via Relay), Jika 0 volt artinya ALtronic kirim ESD.

4. Lepas kabel ‘ESD’ tersebut, kemudian inject +24 volt dari battery.

5. Kalau ESD222 hilang, ya runut ke arah Panel, cari root causenya refer ke First out shutdown. (Jangan lihat alarm-alarm selanjutnya ea. low oil press atau gas press). Check relay ESD dan Fuse-nya.

6. Tekan ‘RESET’ dipanel, periksa lagi terminal ESD, jika ada signal 24vdc, artinya relay dan fuse OK.

Semoga dapat menyeleseikan permaslahan yang ada di lokasi anda

Comments

dedychasan said…
Terimakasih Pak Dwi, atas sharingnya

Ijin bertanya, waukesha L7044 GSI jika kadang saat unit start di panelview muncul alarm shutdown "no first out" di salah satu Thermocouple Cyl Engine, sudah dicek dari harness aman, pengalaman darurat di lapangan cuma direset PLC nya, kira2 yang trouble apanya ya?
Dwie said…
om Dedy Chasan, alarm muncul saat PLC menemukan seauatu di luar dari settingannya dan selain dari bacaan memenga ada gangguan juga disebabkan sensor problem, bisa juga dari harnees yang problem, untuk thermocoiple coba bandingi hasil resitensi dengan cylinder yang lain nya dulu om,, ada anomali tidak,,, kemudian ukur resitensi harness nya sampai ke ujung plc juga bandingan dengan hasil harness thermocouple yang lainnya..

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...