Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Penyebab dan Cara Mengatasi Screw Air Compresor High Temperature

Hallo teman - teman semua, ketemu lagi dengan tulisan dhevils mechanic yang tentu tak jauh - jauh membahas dunia mechanic Oil and Gas Industry, terkait  equipment - equipment yang digunakan, permaslahan yang sering terjadi maupun ide - ide penyeleseian masalah yang sering terjadi dilapngan. Dan kali ini yuk kita bahan terkait screw air compressorOver heating adalah situasi di mana temperatur kerja pada sistem compressor melebihi 100 0C. Over heating ini sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Pengecekan harus terus dilakukan, karena jika terlambat maka temperatur yang tinggi akan menurunkan kualitas oli sebagai pelumas tentu saja merusak mesin compressor itu sendiri. Berikut beberapa efek yang timpul akibat over heating :1. Bearing screw memerlukan pelumasan, dan jika terjadi over heating, secara otomatis sistem pelumasan tersebut akan tidak maksimal. Hal ini tentu akan merusak bearing. 2. Kerusakan pada bearing tentu akan berdampak pada sistem yang lain. Salah satunya adalah putaran screw, putaran screw menjadi tidak stabil dan tidak center. Mungkin juga akan terjadi benturan antar screw yang tentu akan membuat screw menjadi cacat. Hal ini akan mengakibatkan efisiensi dari tekanan udara yang dihasilkan menjadi menurun. 3.Tidak centernya putaran screw akan berpotensi menimbulkan adanya gesekan-gesekan pada ruang screw. Walaupun masalah over heating dapat diatasi, masalah ini akan mengakibatkan penurunan efisiensi tekanan udara yang dihasilkan.4.Gesekan yang terjadi antar material dalam ruang screw tadi akan menghasilkan serbuk besi, dan serbuk esi ini kemungkinan besar akan terbawa oleh oli. Serbuk-serbuk besi ini tentu akan menuju filter oli dan membuat filter oli menjadi tersumbat. Jika hal ini tidak terdeteksi, maka volume oli yang masuk kembali ke dalam ruang screw dan sistem pelumasan bearing akan mengalami penurunan/berkurang. Bayangkan jika komponen dalam compressor berputar dengan level oli yang di bawah standart, sudah pasti komponen dalam ruang screw tersebut akan mengalami kerusakan. 5.Keadaan ini akan jauh lebih parah jika Thermo Control Unit tidak bekerja dengan baik. Sistem tidak mampu mendeteksi temperatur yang aktual dengan akurat di mana yang seharusnya mesin berhenti secara otomatis tetapi tetap terus berjalan. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya over heating, diantaranya : 1. Tidak terjadi sirkulasi udara yang baik di dalam ruang compressor. Jika terjadi hal ini, suhu di dalam ruang pasti akan tinggi. 2.Oli sudah tidak layak (melewati batas jam kerja normal). Hal ini sering terjadi di mana oli yang sudah seharusnya diganti tapi tidak diganti. Kualitas oli sudah pasti akan menurun. Dan jika kualitas oli menurun, secara otomatis fungsinya sebagai pelumas dan media pendingin pun akan menurun. 3. Tersumbatnya separator oli. Hal ini tentu akan mengakibatkan aliran udara yang keluar menjadi terhambat, sehingga membuat temperatur dan tekanan di dalam seperator tank menjadi naik. Biasanya penggantian rutin dilakukan setiap 4000 sampai 6000 jam.4. Terhambatnya pembuangan panas pada cooler unit. Kotoran debu yang menempel/melekat pada sirip-sirip radiator biasanya menjadi penyebab terhambatnya transfer panas pada jenis air cooler. Lapisan kerak biasanya merupakan penyebab terhampatnya pendinginan pada jenis liquid coller. 5.Kotoran menyumbat filter oli. Sebaiknya setiap penggantian oli, dilakukan juga penggantian filter untuk mencegah terjadinya hal ini. 6. Tidak berfungsinya mekanisme distribusi di dalam oli filter housing unit. Foto diambil pada saat pemasangan screw air compressor dan di rangkum dari berbagai sumber http://dlvr.it/SPL7yq
http://dlvr.it/SPLjmq

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...