Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Bagian - Bagian Xmas Tree


Hallo teman - teman dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang tak jauh membahas dunai mechanic oil and gas industry, dan kali ini kita membahas terkait pekerjaan mechanic static ya.. dimana didalamnya merawat xmastree yang ada di disumur - sumur minyak. dan seperti apa xmastree tersebut? yuk ikuti terus ya tulisan dhevil mechanic ini.

X-mastre adalah kumpulan Valve - valve yang dirangkai bertujuan mengatur buka atau tutup suatu sumur minyak, dan bentuk dari X-mastree bermacam - macam dan biasdanya berdasarkan hal - hal berikut :

1. Pressure sumuran, ada X-mastree pressure rendah sedang dan tinggi. untuk wilayah tempat dhevils mechanic bekerja 3000Psi, 5000Psi dan 10.000Psi, untuk sumur - sumur Esp yang ada dioffshore X-ray kebanyakan mengunakan x-mastre 3000 Psi. walau sebenarnya pressure dari sumur - sumur ESP yang ada di X-Ray Offshore hanya 200Psi

2 Komposisi dari fluida sumuran, ini terkait bahan dari Xmastre dan Valve. ada yang mengunakan campuran baja, ada yang mengunakan staillesssteel untuk sumur - sumur yang H2S tinggi

3. Model pengangkatan minyak, bentuk X-mastree biasanya tergantung cara pengangkatan minyaknya, ada natural flow dengan bentuk x-mastree lengkap, gas lift, ESP, dan lain - lain

4. Berapa lapisan yang akan di produksikan secara terpisah, biasanya ini terkait pressure dan komposisi reservoir tiap - tiap lapisan yang berbeda. Sehingga tidak dapat langsung bareng di produksikan dikawatirkan pressure yang lebih tinggi mempengaruhi reservoir lainnya. misalkan lapisan pertama akan diproduksikan gas, sementara lapisan ke dua akan diproduksikan minayak dll, sehingga pengunaan dari X-mastree juga berbeda - beda, dan sering kita sebut dengan Xmastre dual string, triples string, dst.,

Pada Xmas tree kali ini, kita melihat terdapat empat valve yang terpasang.


Pada bagian bawah terdapat valve yang dinamakan master valve. Valve ini bertujuan untuk mengalirkan fluida ke permukaan. Karena perannya yang sedemikian maka valve ini bisa dikatakan sebagai valve induk. Valve ini terbagi menjadi dua yaitu bagian atas dan bagian bawah. Pada bagian bawah, valve ini dioperasikan secara  manual sedangkan bagian atas dioperasikan dengan bantuan hidrolik.


Bagian atas  adalah Swab Valve yaitu manual gate valve yang dibuka untuk membiarkan tekanan fluida mencapai top adapter untuk membaca tekanan, mengambil sample fluida dan juga untuk lewatnya wireline unit.

Bagian kiri dan kanan adalah wing valve. yaitu manual gate valve yang digunakan untuk operasi penutupan dan pembukaan secara normal sehingga valve ini paling sering mengalami kerusakan. Namun fungsi wing kanan dan wing kiri berbeda. Pada wing kiri dinamakan Kill Wing Valve sedangkan pada wing kanan dinamakan Flow Wing Valve atau Production Wing Valve. Fungsi dari Kill wing valve adalah untuk menginjeksikan fluida seperti inhibitor terhadap korosi atau methanol untuk mencegah terjadinya hidrasi pada formasi. Fungsi dari flow wing valve adalah mengalirmasukkan hidrokarbon menuju fasilitas produksi selanjutnya.

Dan jika kita melihat apa saja yang ada dibawah xmastree dapat kita perhatiakan gambar dibawah ini :

Semoga dapat bermanfaat dan memberi gambaran kita terhadap peralatan yang ada di oil and gas industry, jika ada pertanyaan atau pengalaman terkait hal ini dapat kalian tulis dikolom komentar ya.. supaya berbagi kisah pekerjaan ini lebih menarik lagi

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...