http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Hallo Teman - Teman semuanya, ketemu lagi dengan tulisan dhevils mechanic ya.. yang tak jauh membahas dunia mechanic oil and gas industry. cerita pengalaman saat troubleshoot dilapangan atau ide - ide kreative tentang penyeleseian jika ada problem di lapangan. Dan kali ini yuk bahas Oil Filter atau Lube Oil Filter.
Oil Filter adalah adalah komponen / alat yang dirancang untuk menghilangkan kontaminan dari oli mesin, oli transmisi, pelumas, atau oli hidrolik. Penggunaan utamanya adalah pada mesin pembakaran internal untuk kendaraan bermotor (baik on-road maupun off-road), pesawat bertenaga, lokomotif kereta api, kapal dan perahu, peralatan berat seperti buldoser, exavator, greder dan lain - lain, mesin statis seperti generator, kompressor dan pompa. dan lain sebagainya yang membutuhkan lube oil atau pelumas /lube oil.
Ada beberapa jenis filter atau saringan oli yang perlu kamu tahu, di antaranya:
1. Cartridge filter
Jenis filter oli ini menggunakan elemen yang bisa dilepas dari rumah saringan atau filter. yang terhubung dengan sistem oli. Salah satu kemudahan cartridge filter ini adalah bisa dibersihkan untuk diganti dengan cara melepasnya terlebih dahulu.
Filter oli cartridge ini juga terbagi atas tiga jenis material, di antaranya:
– Filter selulosa, berbahan dasar bubuk kayu yang dikombiasikan dengan fiber. Dari segi harga pun cenderung ekonomis dan dapat menyerap kandungan air di dalam oli. Sayangnya, tipe ini memiliki durabilitas yang rendah.
– Filter sintetik, terbuat dari fiber glass dan biasanya dibuat manual. Fungsi saringan oli ini bekerja secara konstan dan cenderung memiliki durabilitas yang lama, serta mampu menahan kotoran ukuran kecil.
– Filter kombinasi sintetik dan selulosa, saringan oli ini memiliki fungsi kombinasi keduanya. Dengan begitu, menghasilkan metode penyaringan yang lebih optimal.
2. Filter magnetis
Saringan oli ini menggunakan komponen magnet permanen maupun elektromagnetik yang memiliki kegunaan untuk menangkap kotoran-kotoran logam ferromagnetic yang masuk ke dalam oli. Perawatan filter ini cukup sederhana, yaitu dengan membersihkan permukaan magnet filter yang telah menjangkau kotoran logam.
Filter oli ini bekerja dengan memisahkan oli dengan kotoran di dalamnya. Oli kotor dimasukkan pada pipa yang berada di tengah filter, sementara pipa kecil berputar pada ujung lubang nozzle. Kemudian, oli disemprotkan ke dinding filter yang berputar, sehingga kotoran menempel pada dinding filter dan oli bersih yang sudah tersaring akan kembali ke bagian bawah filter untuk didistribusikan ke mesinHati - hati dalam pengunaan Lube Oil filter, jangan melihat fisiknya saja, tetapi lihat speck nya secara menyeluruh.
Menurut Arah Alirannya Oil Filter dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
Pernah kejadian dimana oil filter yang kita pasang hanya melihat diameter oring dan dratnya saja, tetapi pas di operasikan unit selalu trip karena low pressure oil bearing, usut punya usut teryata lobang -nya berbeda ukuran sehingga flow nya akan lebih kecil yang berdampak lebih kecil pula pressure nya.
Untung unit masih ada sensor - sensor nya, sehingga unit dapat trip karena tidak sesuai denga parameter yang di izinkan manifacture. Jika tidak ada sensor ya wasalam, unit bisa ambrol, bearing2 lengket dan kejadian - kejadian lain yang tidak di inginkan.
Maka berhati - hatilah dalam pemilihan dan pengunaan lube oil filter, jangan hanya melihat sepintas sama, harga murah, yang nanti jika kejadian unit rusak bisa banyak anggaran yang keliar untuk memperbaikinya..
Semoga bermanfaat.
Comments