Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Hati - Hati Dalam Memilih Oil Filter


Hallo Teman - Teman semuanya, ketemu lagi dengan tulisan dhevils mechanic ya.. yang tak jauh membahas dunia mechanic oil and gas industry. cerita pengalaman saat troubleshoot dilapangan atau ide - ide kreative tentang penyeleseian jika ada problem di lapangan. Dan kali ini yuk bahas Oil Filter atau Lube Oil Filter.

Oil Filter adalah adalah komponen / alat yang dirancang untuk menghilangkan kontaminan dari oli mesin, oli transmisi, pelumas, atau oli hidrolik. Penggunaan utamanya adalah pada mesin pembakaran internal untuk kendaraan bermotor (baik on-road maupun off-road), pesawat bertenaga, lokomotif kereta api, kapal dan perahu, peralatan berat seperti buldoser, exavator, greder dan lain - lain, mesin statis seperti generator, kompressor dan pompa. dan lain sebagainya yang membutuhkan lube oil atau pelumas /lube oil.

Ada beberapa jenis filter atau saringan oli yang perlu kamu tahu, di antaranya: 1. Cartridge filter Jenis filter oli ini menggunakan elemen yang bisa dilepas dari rumah saringan atau filter. yang terhubung dengan sistem oli. Salah satu kemudahan cartridge filter ini adalah bisa dibersihkan untuk diganti dengan cara melepasnya terlebih dahulu. Filter oli cartridge ini juga terbagi atas tiga jenis material, di antaranya: – Filter selulosa, berbahan dasar bubuk kayu yang dikombiasikan dengan fiber. Dari segi harga pun cenderung ekonomis dan dapat menyerap kandungan air di dalam oli. Sayangnya, tipe ini memiliki durabilitas yang rendah.
– Filter sintetik, terbuat dari fiber glass dan biasanya dibuat manual. Fungsi saringan oli ini bekerja secara konstan dan cenderung memiliki durabilitas yang lama, serta mampu menahan kotoran ukuran kecil. – Filter kombinasi sintetik dan selulosa, saringan oli ini memiliki fungsi kombinasi keduanya. Dengan begitu, menghasilkan metode penyaringan yang lebih optimal.

2. Filter magnetis

Saringan oli ini menggunakan komponen magnet permanen maupun elektromagnetik yang memiliki kegunaan untuk menangkap kotoran-kotoran logam ferromagnetic yang masuk ke dalam oli. Perawatan filter ini cukup sederhana, yaitu dengan membersihkan permukaan magnet filter yang telah menjangkau kotoran logam.

3. Filter sentrifugal
Filter oli ini bekerja dengan memisahkan oli dengan kotoran di dalamnya. Oli kotor dimasukkan pada pipa yang berada di tengah filter, sementara pipa kecil berputar pada ujung lubang nozzle. Kemudian, oli disemprotkan ke dinding filter yang berputar, sehingga kotoran menempel pada dinding filter dan oli bersih yang sudah tersaring akan kembali ke bagian bawah filter untuk didistribusikan ke mesinHati - hati dalam pengunaan Lube Oil filter, jangan melihat fisiknya saja, tetapi lihat speck nya secara menyeluruh.

Menurut Arah Alirannya Oil Filter dibagi menjadi 2 jenis yaitu :


Pernah kejadian dimana oil filter yang kita pasang hanya melihat diameter oring dan dratnya saja, tetapi pas di operasikan unit selalu trip karena low pressure oil bearing, usut punya usut teryata lobang -nya berbeda ukuran sehingga flow nya akan lebih kecil yang berdampak lebih kecil pula pressure nya.
Untung unit masih ada sensor - sensor nya, sehingga unit dapat trip karena tidak sesuai denga parameter yang di izinkan manifacture. Jika tidak ada sensor ya wasalam, unit bisa ambrol, bearing2 lengket dan kejadian - kejadian lain yang tidak di inginkan.

Maka berhati - hatilah dalam pemilihan dan pengunaan lube oil filter, jangan hanya melihat sepintas sama, harga murah, yang nanti jika kejadian unit rusak bisa banyak anggaran yang keliar untuk memperbaikinya..
Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...