http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Halo teman - teman dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang tak jauh membahas dunia mechanic Oil and Gas industry. Tulisan tentang speck unit, problem dan troubleshot, serta ide = ide terkait cara penyeleseian problem di lapangan. Dan kali ini kita membahas Air compressor Ingersollrand yuk, lebih spsesifik ke Hydrolic Cylinder nya.
Air Compressor ya ng kita bahas kali ini adalah jenis screw air compressor dengan 2 stage screw dimana ada LP Screw 1st stage dan HP screw 2nd stage. dengan merk ingersollrand, tetapi tidak menutup kemungkinan bermerk lain tetapi mempunyai pronsip yang hampir sama.
Hydrolic Culinder adalah salah satu part dari air compressor screw yang berfungsi untuk mengatur bukaan trootlevalve pada intake air compressor. yang bertype screw air compressor. sebagaimana pada pompa sentrifugal untuk mengatur kapasitas output dari pompa adalah mengaturt bukaan valve dischargernya.
Kerja dari Trootle valve ini berlawanan dengan blowdown valve, dimana jika posisi air compressor unload, trootele valve menutup dan blowdown valve membuka sehingga kompressor tidak mengeluarkan tekanan, sementara jika posisi load trrtlevalve membuka full, blowdown valve menutup sehingga air compressor mengeluarkan tekanan ke system.
Kenapa kita bahas cylinder hydrolic ini karena ditempat dhevils mechanic bekerja ditemukan problem muncul alarm 2APT dan 2ATT secara bergantian, jika kita setting trootle valve terlalu lebar akan muncul alarm 2APT dan jika terlalu kecil akan muncul alarm 2ATT.
Ouw Iya kalian sudah baca alarm yang ada di Ingersollrand Screw Compressor kan? jika belum baca disini yaa.. Yang dimaksud alarm 2 ATT adalah Temperature pada dischager LP 1st stage sementara 2APT adalah Pressure inlet Intercooler.
Akhirnya Cylinder hydrolic ini kita bongkar kita bawa keworkshop untuk kita check kondisinya dan part dari cylinder hydrolic ini adalah sebagai berikut :
1. Cilinder
ini adalah rumah dari piston yang berbahan dari alumunium aloy
2.Spring
Pegas yang berfungsi untuk mendorong kembali piston jika tidak ada tekanan dari minyak pelumas
3, Piston
Berbahan dari karet ini berfungsi untuk mendorong shaft ke trrootle valve
5. Shaft
Berfungsi meneruskan tenaga dari piston ke trrotlevalve atau ke blowdown valve
6. Cover real/front
Berfungsi sebagai penutup kanan dan kiri dari rauang cylinder.
Setelah dilakukan pembersihan dan diketemukan scrat sedikit pada diniding cylinder ini, kita perbaiki dengan mengamplas halus dan membalik cylinder dengan memilih yang lebih halus permukaan cylindernya,
Setalah di lakukan perbaikan dan disrakit dilakukan test stroke dengan mengunakan udara bertekanan, setelah dirasa panjnag dan pendeknya stroke sesuai kemudian dilakukan pemasangan pada unit untuk dilakukan mech run. dan dioptimasi alarm yang munculnya.
Demikianlah tadi sedikit tulisan dhevils mechanic terkait Hydrolic Cylinder pada air compressor Ingersollrand SH250, semoga dapat bemanfaat untuk membuka wawasan kita terkait dunia mechanic. terhadap unit - unit yang sering digunakan di Industry oil and Gas.
#dhevilsmechanic
#DwiHardiSangDhevilsMechanic
Comments