Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Hidrolic Cylinder Air Compressor Ingersollrand

Halo teman - teman dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang tak jauh membahas dunia mechanic Oil and Gas industry. Tulisan tentang speck unit, problem dan troubleshot, serta ide = ide terkait cara penyeleseian problem di lapangan. Dan kali ini kita membahas Air compressor  Ingersollrand yuk, lebih spsesifik ke Hydrolic Cylinder nya.
Air Compressor ya ng kita bahas kali ini adalah jenis screw air compressor dengan 2 stage screw dimana ada LP Screw 1st stage dan HP screw 2nd stage. dengan merk ingersollrand, tetapi tidak menutup kemungkinan bermerk lain tetapi mempunyai pronsip yang hampir sama.
Hydrolic Culinder adalah salah satu part dari air compressor screw yang berfungsi untuk mengatur bukaan trootlevalve pada intake air compressor.  yang bertype screw air compressor. sebagaimana pada pompa sentrifugal untuk mengatur kapasitas output dari pompa adalah mengaturt bukaan valve dischargernya.
Kerja dari Trootle valve ini berlawanan dengan blowdown valve, dimana jika posisi air compressor unload, trootele valve menutup dan blowdown valve membuka sehingga kompressor tidak mengeluarkan tekanan, sementara jika posisi load trrtlevalve membuka full, blowdown valve menutup sehingga air compressor mengeluarkan tekanan ke system.
Kenapa kita bahas cylinder hydrolic ini karena ditempat dhevils mechanic bekerja ditemukan problem muncul alarm 2APT dan 2ATT secara bergantian, jika kita setting  trootle valve terlalu lebar akan muncul alarm 2APT dan jika terlalu kecil akan muncul alarm 2ATT.
Ouw Iya kalian sudah baca alarm yang ada di Ingersollrand Screw Compressor kan? jika belum baca disini yaa..  Yang dimaksud alarm 2 ATT adalah Temperature pada dischager LP 1st stage sementara 2APT adalah Pressure inlet Intercooler.
Akhirnya Cylinder hydrolic ini kita bongkar kita bawa keworkshop untuk kita check kondisinya dan part dari cylinder hydrolic ini adalah sebagai berikut :
1. Cilinder
ini adalah rumah dari piston yang berbahan dari alumunium aloy 
2.Spring
Pegas yang berfungsi untuk mendorong kembali piston jika tidak ada tekanan dari minyak pelumas
3, Piston
Berbahan dari karet ini berfungsi untuk mendorong shaft ke trrootle valve
5. Shaft
Berfungsi meneruskan tenaga dari piston ke trrotlevalve atau ke blowdown valve
6. Cover real/front
Berfungsi sebagai penutup kanan dan kiri dari rauang cylinder.
Setelah dilakukan pembersihan dan diketemukan scrat sedikit pada diniding cylinder ini, kita perbaiki dengan mengamplas halus dan membalik cylinder dengan memilih yang lebih halus permukaan cylindernya,
Setalah di lakukan perbaikan dan disrakit dilakukan test stroke dengan mengunakan udara bertekanan, setelah dirasa panjnag dan pendeknya stroke sesuai kemudian dilakukan pemasangan pada unit untuk dilakukan mech run. dan dioptimasi alarm yang munculnya.
Demikianlah tadi sedikit tulisan dhevils mechanic terkait Hydrolic Cylinder pada air compressor Ingersollrand SH250, semoga dapat bemanfaat untuk membuka wawasan kita terkait dunia mechanic. terhadap unit - unit yang sering digunakan di Industry oil and Gas.
 #dhevilsmechanic

#DwiHardiSangDhevilsMechanic

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...