Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Polish Rod Pada Pumping Unit



 Polish Rod 

Polishrod adalah bagian teratas dari batang as dari suckerrod dimana pada bagian ini yang bertemu dengan bagian luar dari rangkaian sumur dan  bredel 


Polish rod ini bergesekan langsung dengan rubber gland yang dimasukan kedalam sfufingbox, sehingga sering terjadi ke ausan pada polishrod ini.


Ada beemacam - macam penyebab polish rod ini lebih cepat aus atau rusak dan beberapa diantaranya adalah :


1. Kurangnya greasing / perawatan

Sesuatu yang sering bergesekan harus ada pendinginannya sebab jika tidak akan menimbulkan panas dan kemùdian membuat polishrod ini akan aus, maka operator sumuran harus rutin melakukan regreasing pada polish rod ini. 

Cara regreasing nya dapat dilakukan pada stufingbox ada pentil ehh neple greasing dan bisa langsung ke polishrod yang keluar masuk stufing box


2. Rubber  gland terlalu ketat

Jika pengencangan rubber gland terlalu ketat, maka resiko gesekan akan lebih besar sebab greasing tidak akan masuk kedalam surface yang bergesekan sehingga hal ini akan menimbulkan panas berlebih hingga serjng kejadian jika pengencangan terlalu ketat akan timbul panas dan berasap. 

Pengencangan ini dapat di kira2 jangan terlalu longgar nanti akan terjadi bocornya cairan minyak keluar dari polishrod dan dapat mencemari lingkungan selain akan menyebabkan kotor.

Dan jika pengencangan terlalu kuat maka akan terjadi seperti disampiakan diatas.


3. Pumping Unit tidak center dengan sumur

Hal ini sering terjadi karena pada saat setting pumping unit memang sudah tidak cwnter atau pumping unit bergeser sendiri karena gerakan pumping unit sendiri.

Pondasi pumping unit yg tiidak stabil juga dapat menyebabkan pumping jnit bergeser pada saat unit dioperasikan 

Dan masih banyak lagi faktor penyebabnya bisa dari sub surface  dan surface fasilitynya

Pengen lebih banyak fahu terkait pumping unit ini? Kalian juga dapat kunjungi facebook fanpage dhevils mechanic  di :

https://www.facebook.com/DwieSangMechanic/

Karena kami bangga dan bahagiyah dapat berbagi pengalaman kerja kami

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...