Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Overhoul Gaso HP 600 XL di Intal Dengan Cat G398

Hallo teman - teman dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang pasti tak jauh dari pembahasan mechanic di Oil and Gas Industry. entah itu terkait dengan speck peralatan, troubleshot dilapangan maupun tentang ide - ide yang dilakukan untuk memecahkan masalah yang terjadi di lapangan. dan kali ini yuk kita berkisah terkait pengalaman dhevils mechanic dalam overhoul pompa yang sangat fenomenal di tempat dhevils mechanic bekerja yaitu Gaso HP 600XL Pompa Gasso dengan model HP600XL ini digunakan untuk memompa minyak jenis HPPO dimana minyak mentah atau crude oil jenis ini akan membeku seperti aspal jika temperature nya dibawah 60*C sehingga didalam pemompaannya sellau di mixxing dengan air yang ikut terproduksi yang panas juga, jika tidak maka minyak mentah ini akan membeku di flowline. Pompa Gaso HP600 XL ini termasuk pompa reciprocating dimana mempunyai 5 Plunger yang sering disebut dengan istilah quintoplex pump, dengan diameter plunger 5"panjang stroke 12"sehingga temasuk pompa yang cukup besar dengan rate rata - rata 250m3/jam dengan single acting RPM max 280rpm.Kerusakan berawal dari pompas oli yang gagal mengirim lube oil ke sluruh saluran lube oil seperti ke connecting rod bearing, ke bushing pin croshead sehingga membuat crankshaft dari pompa ini termakan dalam kegerus oleh metal connecting rod bearing membuat unit pompa Gasso ini harius break down dan dibawa ke workshop untuk di overhoul, sebab jika dilakukan di site peralatan nya tidak memadai.Unit dilepas dan dibawa ke workshop untuk diperbaiki oleh team dhevils mechanic. diworkshop unit pompa ini satu persatu di lepas untuk di bersihkan dalammnya dan lanjut di inpeksi mana part yang harus di ganti, part yang harus di rekondisi dan part yang dapat di pakai ulang. karena di dhevils mechanic menganut perbaikan dengan swakelola dilakukan oleh team sendiri Untuk crankshaft dilakukan perngantian baru karena crankshaft terjadi kerusakann yang parah karena terjadi lengket pada connecting rod bearing, yang menyebabkan cranksft kegerus sangat dalam dan susah dilakukan perbaikan. Untuk Pekerjaan Power End telah selsei dimana yang dilakukan pada power end tadi adalah pengantian crankshft, pengantian cylindrical bearing, pengantian cone and cup bearing, pengantian pompa oli, pengantian bushing dan pin cross head, pengantian connecting rod bearing dan lain 0 lainnya.  Pemasangan Bearing Cylindrical dan Pemasangan Sleeve Bearing Cylindrical Pemasangan Cup Bearing paa Cover Besaring Housing Cone Bearing pada ekdua ujung dari Crankshaft pompa Perbaikan Cros Head dari pompa, pemasangan busing pin connecting rod bearing pemasangan fluid end dimana pekerjaan yang dilakukan pada fulid end lanjut pemasangan plunger, vpacking dan valve set inlet dan outlet pompaUntuk plunger sebagian di gunakan ulang dan sebagian diganti baru dan sebagian dilakukan perbaikan di bengkel tempat dhevils mechanic bekerja.Unit selsei diperbaiki, kemudian dilakukan painting dan pemasangan acesories seperti, pump lube oil, lube oil plinger, pulley, pipa lube oil plunger, dan lain - lain. Disisi lain teman - teman welder menyiapkan skid baru antara unit engine engine Caterpillar G398 dengan pompa Gasso ini, dimana unit engine lama engine Doosan GV180 sudah low performa dan harus dilakukan overhoul atau perbaikan berikutnya (dikesempatan lain akan dhevils kisahkan perbaikannya gas engine doosan GV180 ini). Ouw iya cat G398 ini termasuk engine bandel sekali karena unit ini di operasikan pertama kali tahun 1977 tetapi hingga sekarangmasih beroperasi dengan baik. Unit caterpillar ini juga banyak di gunakan oleh perusahaan - perusahaan oil and gas selain dari pertamina Ep.Setelah selesei dikawinkan antara unit pompa dan engine caterpillar G398 ini dilakukan penyambungan dengan mengunakan vanbelt dengan type D300, ukuran yang cukup besar karena memang pully dari pompa ini lumayan besar dengan diameter sekitar 180CM, untuk pulley engine keluaran dari PTO berdiameter sekitar 60cm dimana dapat meredusce RPM dari engine Ctaerpillar G398 ini 1200 sd 1500rpm mernjadi 250 sd 280 rom pada pompa gasso HP600 ini.Setelah selesei di lakukan perbaikan di workshop, unit dibawa ke lokasi untuk di instals kembali sebagai pompa minyak dari stasiun pengumpul utama ke PPP Balongan. dimana minyak yang dipompakannya mempunyai viscositas yang tinggi pada saat temperature dibawah 60*C. Pengangakutan ini membutuhkan alat berat crane dan trailer. Setelah di site unit di intal di posisinya semula, dimana pompa di hubungan kembali ke line suction dan dischagernya beserta acesories - acesories lainnya, seperti denvener, pressure safety valve, line bypass dan lainn sebagainya. Untuk engine dihubungkan kekbali dengan line fuel gas, line pengisian air radiatior, exhaust engine ke line muffler knalphotnya dan tentu untuk skid dilakukan dinabolet ke pondasi untuk mengurangi gaya vibrasi pada unit. Demikianlah tadi sekelumit cerita perbaikan pompa gaso HP600XL yang sering dilakukan oleh dhevils mechanic dan team, dimana pekerjaan - pekerjaan tersbut dilakukan secara swakelola. Part sebagian dibelikan, part yang dapat diperbaiki dilakukan perbaikan sendiri karena diworkshop tersedia perlatan machining seperti bubut, fraiz skrap, drilling, hydrotest , welding, dan lainn sebagainya sehingga memudahkan pekerjaan perbaikannya. #dhevilsmechanic#DwieSangDhevilsMechanic
http://dlvr.it/SVCKyJ

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...