Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Perjalanan Sang Dhevils Mechanic - Satu Motor Starter Untuk Beberapa Unit Engine (bag 4)


Hallo teman - teman dhevils mechanic semua, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini  dhevils mechanic ingin menceritakan perjalana dhevils mechanic dalam bekerja di zoil and Gas Industry

Tapi sebelum menginjak part 4 ini kalian bisa klik pada part 1 dan part 2  dan 3 nya ya..

Perjalanan Sang Dhevils Mechanic - Sense Of Machine (bag 1)




Sete;ah bagian 3 yuk kita lanjutkan kisah  perjalanan Sang Dhevils Mechanic masih di wilayah Cemara, ini berjalan dari tahun 1997 pertengahan hingga tahun 2004, cukup lama juga dhevils mechanic bekerja disana yang tentun banyak pengalaman - pengalaman yang dapat dishare disini.

Di Bab sebelumnya kita banyak cerita tentang equipment apa saja yang ditanggani, dan disini kita kan cerita pengalaman - pengalaman trouble shot nya ya..setelah di pindah di wilayah kerja cemara yang sudah di ceritakan di bagian ke 3, disana banyak sekali unit - unit yang di handle untuk di rawat dan di perbaiki jika terjadi kerusakan. Dan salah satunya unit Caterpillar yang paling banyak populasinya.


Karena Plant - Plant yang ada diwilayah area Cemara kebanyakan kecil - kecil dengan produksi antara 500 sd 1000 barel/day sehingga tidak mmebutuhkan pompa atau unit pendukung yang besar. dan type cateripllar G3304 dan G3306 yang paling banyak disana.

Untuk pengadaan kebutuhan material sangat sulit seklai waktu itu sehingga sebagai mechanic harus bekerja keras untuk menyeleseikan setiap permasalahan yang terjadi. dan salah satunya yang terkait perbaikan motor starter.
 

Motor stater diperlukan oleh unit engine untuk memutar awal  unit engine sampai unit engine dapat berputar oleh pembakaran yang terjadi didalam ruang kompresi. RPM dari motor starter ini bermacam - macam tergantung dari merk dan type dari engine tersbut, karena banyak faktor yang mmpengaruhi oengunaan RPM dari motor starter ini. dari perbandingan kompresi ratio, beratnya flywheel, RPM idle engine, dan tekanan kompresi dari engine.

Motor starter yang rusak biasanya di perbaiki sendiri oleh team mechanic, dan yang sering rusak adalah gulungan bendix  dan sikat sepatu tembaga  nya dimana jika sudah tidak dapat diperbaiki dicarikan bekas - bekas yang dapat digunakan kembali atau dengan cara - cara akal2an.

Dengan keadaan keterbatasa itulah maka munculah ide - ide yang dapat diguankan untuk menyeleseikan permasalahan dilapangan, sehingga menjadi seorang mechanic tidak hanya bisa bongakr dan pasang barang baru, tetapi dapat memperbaikinya sendiri jika ada kerusakan.
 
Untuk problem bendik tidak narik pada saat emergency mengunakan obeng untuk mendorong sepatu tembaga/ kontactotor supaya tegangan dapat masuk ke brush dan diteruskan ke rotor supaya motor starter dapat berputar, sehingga unit engine dapat hidup dengan putaran awal dari motor stater tersbut.

Untuk Problem Sikat / sepatu bendik yang sudah ngepong /rusak dapat diakali dengan membuat sendiri dari plat tembaga. tetap[i jika emergenci dilapangan dapat di gunakan langsung Obeng untuk menghubungkan kedua  baut sepatu dari bendik motor starter.

Untuk Problem ingin menghidupkan unit engine tetapi kita tidak mempunyai motor starter kita dapat meminjam motor starter dari unit yang lain, untuk cat D3304 itu sama dengan G3304, D3306 dan G3306 kita mendatangi plant terdekat yang ada unit dengan type - type tersebut diatas.

Untuk melepas motor starter dalam kondisi unit hidup memang dibutuhkan keahlian khusus, mechanic dilarang grogi atau takut karena jika keputar sedikit posisinya gear bedik akan bergesekan dengan gear dari fleywhell sehingga menimbulakn suara kasar dan percikan api, dan hal itu menambah ketakutan mechanic yang akan melepasnya.

 
Dan berikut ini langkah - langkah melepas motor starrter pada unit engine caterpillar pada saat unit masih running :

Pertama - tama turunkan RPm menuju idle RPM biasanya untuk Engine model diatas rpm 600 sd 800 rpm tergantung pengunaan RPM, jika yang dipinjam unit engine generator jangan lupa lepaskan beban nya dulu ya..

Selanjutnya Lepas cable - cable yang menempel pada motor starter, dan Isolasi untuk cable yang masih ada tegangannya supaya tidak terjadi konsleting ya..
 
Setelah cable - cable terlepas selanjutnya melepas baut dari motor starter yang menempel bada housing flywheel dari engine. untuk pelepasannya tinggalkan 1 baut  yang mudah dijangkau dan diputar  dengan tengan kita.
 
Selanjutnya masukan lobang baut yang sudah dilepas dengan obeng atau biasanya mengunakan stang sock yang lurus, sebgai pengaman supaya motor starter tidak berputar.
 
Setelah semua sudah siap ambil posisi setengah jongkok, letakan lutut kita (dengkul) pada body starter sebelah bawah berfungi untuk menahan motor starter agar tidak mring sehingga tidak tergesek oleh gigi flywheel,  


Selanjutnya tahan motor starter dengan tangan kiri kita untuk menahan sisi depan, dan tangan kanan lepepas sisa baut tadi, dan gerakan lutut kita ke sisi luar / kanan dari mmotor starter sudah tercabut.

Mudahkan? hal diatas dialakukan dengan penuh konsentrasi ya, karena unit masih posisi running.

Kemudian RPM engine yang kita pinjam motor starter dapat di naikan dan dioperasikan seperti biasa kembali. dan unit starter dapt digunakan untuk menghidupkan unit yang lain, dan begitu cara seterusnya yang dilakukan dilapangan.
 

hikmah  yang dapat kita petik di kisah ini adalah Sebagai  seorang mechanic jangan pernah menyerah dengan keadaaan, kita harus mampu menyeleseikan setiap permasalahan yang ada, karena seorang teknisi mechanic bukan hanya bongkar dan pasang spare part tetapi kita harus mampu memaksimalkan potensi yang ada sesuai dengan keadaan.
 
  Semoga dapat bermanfaat, dan menambah wawasan kita kan dunia mechanic terutama di oil and gas Industry.

#dhevils
#DhevilsMechanic
#DwieSangDhevilsMechanic

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...