http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Hallo teman - teman dhevils mechanic semua, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils mechanic ingin menceritakan perjalana dhevils mechanic dalam bekerja di zoil and Gas Industry
Tapi sebelum menginjak part 4 ini kalian bisa klik pada part 1 dan part 2 dan 3 nya ya..
Perjalanan Sang Dhevils Mechanic - Sense Of Machine (bag 1)
Sete;ah bagian 3 yuk kita lanjutkan kisah perjalanan Sang Dhevils Mechanic masih di wilayah Cemara, ini berjalan dari tahun 1997 pertengahan hingga tahun 2004, cukup lama juga dhevils mechanic bekerja disana yang tentun banyak pengalaman - pengalaman yang dapat dishare disini.
Di Bab sebelumnya kita banyak cerita tentang equipment apa saja yang ditanggani, dan disini kita kan cerita pengalaman - pengalaman trouble shot nya ya..setelah di pindah di wilayah kerja cemara yang sudah di ceritakan di bagian ke 3, disana banyak sekali unit - unit yang di handle untuk di rawat dan di perbaiki jika terjadi kerusakan. Dan salah satunya unit Caterpillar yang paling banyak populasinya.
Karena Plant - Plant yang ada diwilayah area Cemara kebanyakan kecil - kecil dengan produksi antara 500 sd 1000 barel/day sehingga tidak mmebutuhkan pompa atau unit pendukung yang besar. dan type cateripllar G3304 dan G3306 yang paling banyak disana.
Untuk pengadaan kebutuhan material sangat sulit seklai waktu itu sehingga sebagai mechanic harus bekerja keras untuk menyeleseikan setiap permasalahan yang terjadi. dan salah satunya yang terkait perbaikan motor starter.
Motor stater diperlukan oleh unit engine untuk memutar awal unit engine sampai unit engine dapat berputar oleh pembakaran yang terjadi didalam ruang kompresi. RPM dari motor starter ini bermacam - macam tergantung dari merk dan type dari engine tersbut, karena banyak faktor yang mmpengaruhi oengunaan RPM dari motor starter ini. dari perbandingan kompresi ratio, beratnya flywheel, RPM idle engine, dan tekanan kompresi dari engine.
Motor starter yang rusak biasanya di perbaiki sendiri oleh team mechanic, dan yang sering rusak adalah gulungan bendix dan sikat sepatu tembaga nya dimana jika sudah tidak dapat diperbaiki dicarikan bekas - bekas yang dapat digunakan kembali atau dengan cara - cara akal2an.
Dengan keadaan keterbatasa itulah maka munculah ide - ide yang dapat diguankan untuk menyeleseikan permasalahan dilapangan, sehingga menjadi seorang mechanic tidak hanya bisa bongakr dan pasang barang baru, tetapi dapat memperbaikinya sendiri jika ada kerusakan.
Untuk problem bendik tidak narik pada saat emergency mengunakan obeng untuk mendorong sepatu tembaga/ kontactotor supaya tegangan dapat masuk ke brush dan diteruskan ke rotor supaya motor starter dapat berputar, sehingga unit engine dapat hidup dengan putaran awal dari motor stater tersbut.
Untuk Problem Sikat / sepatu bendik yang sudah ngepong /rusak dapat diakali dengan membuat sendiri dari plat tembaga. tetap[i jika emergenci dilapangan dapat di gunakan langsung Obeng untuk menghubungkan kedua baut sepatu dari bendik motor starter.
Untuk Problem ingin menghidupkan unit engine tetapi kita tidak mempunyai motor starter kita dapat meminjam motor starter dari unit yang lain, untuk cat D3304 itu sama dengan G3304, D3306 dan G3306 kita mendatangi plant terdekat yang ada unit dengan type - type tersebut diatas.
Untuk melepas motor starter dalam kondisi unit hidup memang dibutuhkan keahlian khusus, mechanic dilarang grogi atau takut karena jika keputar sedikit posisinya gear bedik akan bergesekan dengan gear dari fleywhell sehingga menimbulakn suara kasar dan percikan api, dan hal itu menambah ketakutan mechanic yang akan melepasnya.
Dan berikut ini langkah - langkah melepas motor starrter pada unit engine caterpillar pada saat unit masih running :
Pertama - tama turunkan RPm menuju idle RPM biasanya untuk Engine model diatas rpm 600 sd 800 rpm tergantung pengunaan RPM, jika yang dipinjam unit engine generator jangan lupa lepaskan beban nya dulu ya..
Selanjutnya Lepas cable - cable yang menempel pada motor starter, dan Isolasi untuk cable yang masih ada tegangannya supaya tidak terjadi konsleting ya..
Setelah cable - cable terlepas selanjutnya melepas baut dari motor starter yang menempel bada housing flywheel dari engine. untuk pelepasannya tinggalkan 1 baut yang mudah dijangkau dan diputar dengan tengan kita.
Selanjutnya masukan lobang baut yang sudah dilepas dengan obeng atau biasanya mengunakan stang sock yang lurus, sebgai pengaman supaya motor starter tidak berputar.
Setelah semua sudah siap ambil posisi setengah jongkok, letakan lutut kita (dengkul) pada body starter sebelah bawah berfungi untuk menahan motor starter agar tidak mring sehingga tidak tergesek oleh gigi flywheel,
Selanjutnya tahan motor starter dengan tangan kiri kita untuk menahan sisi depan, dan tangan kanan lepepas sisa baut tadi, dan gerakan lutut kita ke sisi luar / kanan dari mmotor starter sudah tercabut.
Mudahkan? hal diatas dialakukan dengan penuh konsentrasi ya, karena unit masih posisi running.
Kemudian RPM engine yang kita pinjam motor starter dapat di naikan dan dioperasikan seperti biasa kembali. dan unit starter dapt digunakan untuk menghidupkan unit yang lain, dan begitu cara seterusnya yang dilakukan dilapangan.
hikmah yang dapat kita petik di kisah ini adalah Sebagai seorang mechanic jangan pernah menyerah dengan keadaaan, kita harus mampu menyeleseikan setiap permasalahan yang ada, karena seorang teknisi mechanic bukan hanya bongkar dan pasang spare part tetapi kita harus mampu memaksimalkan potensi yang ada sesuai dengan keadaan.
Semoga dapat bermanfaat, dan menambah wawasan kita kan dunia mechanic terutama di oil and gas Industry.
#dhevils
#DhevilsMechanic
#DwieSangDhevilsMechanic
Comments