Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Reciprocating Air Compresor

Hallo teman - teman semua, ketemu dengan tulisan dhevils mechanic lagi nich, yang jelas tak jauh dari pembahasan dunia mechanic oil and gas industry dimana sering diulas terkait spoeck dari equipment - equipemnt yang digunakan oelh perusahaan - perushaan migas, troubleshot yang pernah dilakukan dhevils mechanic dalam menyeleseikan permasalahan dilapangan atau ide - ide segar dalam menyeleseikan permasalahan dilapangan, Dan kali ini yuk kita ulas sedikit terkait air compressor dengan type reciprcating.


Reciprocating Compressor atau lebih sering di sebut kompresor piston adalah kompresor yang menggunakan sistem torak atau piston yang bergerak di dalam silinder untuk mengkompres udara. tabung silinder nya memiliki 2 buah port, yaitu port inlet(suction) dan port outlet (discharge). Pada saat piston berada di atas atau di dekat port inlet (suction) dan outlet (discharge) di dalam silinder dan bergerak turun maka udara dari port inlet (suction) akan masuk memenuhi silinder.
Lalu ketika Piston bergerak naik atau ke atas maka udara yang berada pada tabung silinder akan di pompa dan terkompres keluar melalui port outlet (discharge). Kompresor Piston (Reciprocating) memiliki banyak konfigurasi, tergantung dario peruntukan nya.

Dan jenis-jenis konfigurasi yang paling sering di gunakan adalah :


1. Kompresor Piston (Reciprocating) Horizontal
2.Kompresor Piston (Reciprocating) Vertical
Biasanya digunakan untuk kebutuhan Air Delivery ± 141,5 L/m (± 50 CFM) sampai ± 4.245 L/m (± 150 CFM)
3.Kompresor Piston (Reciprocating) Horizontal balance-opposed
Biasanya digunakan untuk kebutuhan Air Delivery ± 5660 L/m (± 200 CFM) sampai ± 141.500 L/m (± 5000 CFM)


4. Kompresor Piston (Reciprocating) Tandem (bergandengan)
Reciprocating Compressor atau kompresor piston memiliki 2 jenis tipe yaitu kompresor piston dengan sistem kerja tunggal dan kompresor piston sistem kerja ganda. Bisa di lihat pada gambar di atas perbedaan dari kedua tipe kompresor ini yaitu, pada kompresor piston sistem kerja ganda memiliki port inlet (suction) dan outlet (discharge) di kedua sisi nya.


Kompresor piston kerja tunggal, kompresor jenis ini paling banyak berada di pasaran,Penggunaan untuk tekanan udara yang relatif kecil. Kompresor piston banyak di gunakan untuk bengkel dan pemeliharaan serta perbaikan di industri. Untuk kompresor piston kerja ganda tidak jauh berbeda dengan kompresor jenis piston lain nya,


Biasanya untuk jenis kerja ganda ini biasanya terdapat pada industri besar seperti pada industri kereta api dan lain-lainnya yang menggunakan tekanan sampai 150 BAR. Kompresor piston juga memiliki konfigurasi dalam jumlah silindernya, yang paling sering di gunakan antara satu silinder sampai empat silinder. tergantung dari jumlah Air Delivery dan Pressure yang di butuhkannya. Semakin tinggi kebutuhan Air Delivery dan Pressurenya maka jumlah silinder akan semakin banyak.


Keuntungan dari kompresor piston (Reciprocating Compressor) adalah :

- Dari segi harga kompresor piston ini cukup terjangkau
- Perawatan dan maintence mudah
- Dapat di gunakan untuk Air Delivery dan Pressure yang tinggiKekurangan dari kompresor piston (Reciprocating Compressor) adalah :
- Memiliki tingkat kebisingan yang tinggi
- Udara dari pengeluaran nya memiliki suhu yang tinggi
Udara yang keluar memiliki persentase kandungan minyak yang tinggi

Kompresor piston dapat juga digunakan untuk menghasilkan udara yang bebas oli. Kita bisa memasangkan Filter Oli khusus yang di pasangkan pada jalur pipa atau menggunakan kompresor piston OIL FREE. Kompresor OIL FREE biasa di gunakan untuk kebutuhan di medical, laboratorium, food grade dan lain-lain. Dari segi harga kompresor OIL FREE memiliki harga di atas kompresor biasa
Demikianlah tadi sekelumit terkait reciprocating air compressor semoga dapat membantu dan menambah wawasan kita terkait dunia mechani di Oil and gas industry, jika kalian memounyai pengalaman dan pertanyaan terkiat reciproctaing air compressor dapat di tulis dikolom komentar yaa.. supaya berbagi pengalaman ini lebih menarik lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...