Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Nama Peralatan atau Komponen RIG pengeboran Minyak dan Gas


Hallo teman - teman semua, ketemu lagi dengan tulisan dhevils mechanic yang jelas tak jauh - jauh dari dunia minyak dan gas, entah itu terkait troubleshot maupun kerjaan - pekerjaan yang berhubungan dengan minyak dan gas. dan kali ini yuk kita cerita sedikit terkiat komponen - komponen Rig pengeboran minyak dan gas.

Sebagaimana kita ketahui minyak dan gas menjadi kebutuhan utama manuasia modern selain pangan dan papan. dimana setiap kita beraktifitas dfalam perjalanan yang mengunakan kendaraan juga membutuhkan bahan bakar untuk mengeraknnya. dan jenis bahan bakar yang masih populer hingga saat ini adalah dari minyak dan gas.

Tahukah kalian dalam mencari minyak dan gas membutuhkan peralatan untuk mengebornya guna membuktikan pekerjaan sismik yang merupakan pemetaan 3 dimesni batuan bumi untuk memprediksi ada tidaknya minyak dan seberapa besdar cadangan minyak yang ada didalamnya. Dan dalam pembuktian itu kita membutuhkan peralatan yang namanya RIG pengeboran


Rig adalah alat pengeboran untuk mengambil minyak bumi dengan cara menembus lapisan-lapisan bumi. Terdapat beberapa jenis rig yang digunakan dalam pengeboran minyak bumi seperti land rig, swamp barge, tender barge, jack up rig, drilling jacket. semi-submersible rig dan drill ship.

Dan didalam Rig pengeboran mempunyai peralatan yang hampir sama  untuk menunjang operasi pemborannya. Alat ini tentunya terdiri dari berbagai macam bagian yang dapat menunjang operasi pengeboran minyak bumi (crude oil).

1. Mud Pumps

Pompa lumpur ini berfungsi penting untuk memompa lumpur dan menyalurkannya ke standpipe pressure. Pompa ini berperan penting dalam sistem sirkulasi lumpur selama proses pengeboran.

2. Rotary Table

Selang ini adalah perangkat mekanis yang terdapat pada rig pengeboran yang memberikan gaya rotasi searah jarum jam ke string bor untuk memfasilitasi proses pengeboran lubang bor. Selang ini berfungsi untuk menyalurkan lumpur dari mud pumps.

3. Trip Tank

Tempat ini berfungsi penampung fluida atau cairan ketika working pipe sedang dalam kondisi naik atau turun. Tangki ini biasanya digunakan untuk pengukuran volume lumpur yang akurat dan perubahan volume lumpur saat tripping. Ini harus tersedia di semua rig dengan indikator level.

4. Swivel

Bagian ini berfungsi untuk drill pipe. Swivel memberikan kemampuan kelly (tali bor) untuk berputar sambil membiarkan blok berjalan tetap dalam posisi posisi rotasi stasioner sekaligus memungkinkan masuknya cairan pengeboran ke dalam string bor.

5. Crown Block

Terdapat kawat baja atau sling dan merupakan bagian dari menara yang dapat pindah. Blok mahkota ini merupakan bagian stasioner dari blok dan berperan dalam menangani satu set katrol melalui garis bor (tali kawat) berulir.

6. Drilling Line

Drilling line merupakan kabel baja yang terletak diantara kerekan dan mesin katrol kerek. Tali ini adalah tali kawat bengkok yang terulir dalam biasanya 6 hingga 12 bagian antara blok perjalanan dan blok mahkota untuk memfasilitasi penurunan dan pengangkatan tali bor ketika masuk dan keluar dari lubang sumur.

7. Drill Floor

Lantai bor adalah ini dari setiap rig pengeboran. Drill Floor adalah tempat tali bor memulai perjalanannya ke dalam sumur. Lokasi ini adalah lokasi kerja utama untuk pekerja dan pengebor. Lantai bor ini terletak tepat di bawah derek.

8. Stand Pipe

Saluran vertikal yang fluida lewati sebelum masuk ke pipa penampung. Stand pipe atau pipa bor adalah pipa yang terdiri dari dua atau tiga sambungan yang terhubung dan berdiri di menara derek secara vertikal.

9. Blow Out Preventer

BOP merupakan katup khusus atau perangkat mekanis untuk menyegel, mengontrol, dan memantau sumur minyak dan gas untuk mencegah semburan dan pelepasan minyak bumi (crude oil) yang tidak terkendali. BOP biasanya terletak pada tumpukan katup.

10. Racking Platform

Area penempatan pipa sebelum ia masuk ke dalam sumur pengeboran. Area ini berada di sepanjang sisi menara derek (biasanya sekitar 35 atau 40 kaki di atas lantai). Papan ini adalah tempat tukang derek bekerja sambil meletakkan pipa.

11. Shale Shaker

Shale shaker adalah komponen peralatan pengeboran dan merupakan fase pertama dari sistem kontrol padatan pada rig pengeboran yang berperan untuk menghilangkan padatan besar dari cairan pengeboran atau lumpur.

12. Traveling Block

Bekerja sama dengan katrol untuk memindah dan mengangkat alat. Travelling block adalah bagian yang bergerak bebas dari sebuah balok dan tekel yang berisi satu set katrol dengan garis bor (tali kawat) yang tergulung dan berlawanan dengan blok mahkota (bagian stasioner).

13. Derrick

Derrick atau derek merupakan alat pengangkat yang terdiri dari minimal satu tiang berpelindung. Kebanyakan derek memiliki setidaknya dua komponen yaitu tiang berpelindung atau menara mandiri dan boom berengsel. 

14. Draw Works

Drawworks adalah komponen mesin pengangkat utama dari rig pengeboran putar. Fungsinya adalah menyediakan sarana untuk menaikkan dan menurunkan traveling block. Segmen garis bor dari drawwork ke blok mahkota disebut “garis cepat”. Kemudian, garis bor memasuki sheave pertama dari blok mahkota dan biasanya membuat 6 sampai 12 lintasan antara blok mahkota dan katrol blok berjalan untuk keuntungan mekanis. Setelah itu, garis blok keluar dari sheave terakhir di blok mahkota dan terikat ke kaki derek di sisi lain lantai rig. Bagian dari garis bor ini adalah “garis mati”. 

Demikianlah sekelumit cerita terkait komponen - komponen utama dari RIG Pengeboran, setiap merk rig mempunyai model peralatan yang berbeda, tetapi nama dan istilahnya hampir sama. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita terkait dunia minyak dangas.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...