Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Perbaikan Pilot Bearing Sering Hancur Pada Unit Engine Doosan Model GV180

Hallo teman - teman dhevils mechanic ketemu lagi dengan tulosan - tulisan dhevils mechanic yang tentu tak jauh membahas dunia mechanic Oil and Gas Industry, dimana sering dhevils cerita terkait pekerjaan - pekerjaan yang telah dhevils lakukan, ide - ide inovasi untuk menyelesikan permaslahan yang sering terjadi dilapangan. Atau review terkait unit dan equipement yang sering digunakan di Oil and Gas Industry. Dan kali ini yuk kita sedikit mambahas pekerjaan yang pernah dilakukan dhevils mechanic dalam menyelseikan permaslahan pilot bsaring PTO engine doosan model GV180.. seperti apa yang yang pernah dilakukan dilapangan untuk menyelseikan..


Engine doosan ini digunakan sebagai prime over dari pompa reciprocating dengan merk gaso model HP600xl dengan stroke 12" plunger 5" dan RPM maksimal operSi 280 RPM dimana membutuhkan power yang cukup besar saar pompa bekerja maksimal sekitar 600HP.


Dalam mereduce RPM dari 1500 ke 250 membutuhkan sebuah transmisi dan disini memgunakan v belt sehingga RPM dari pompa dapat terpenuhi


Untuk PTO (power take Off) mengunakan merk twindisc untuk memutus dan menyambungkan tenaga dari engine ke pompa Weathley Gaso dengan 3 plate disc.


Karena mengunakan Pulley untuk menurunkan RPM dari engine ke pompa, memyebabkan posisi antara sumbu engine dengan sumbu shaft pompa berseberangan. Ini berakibat ada gaya tarik - menarik antara pulley pompa dan pulley engine tergantung dari tekanan yang dihasilkan oleh pompa.

.      

Masalah berikutnya adalah lobang dari flywheel untuk dudukan pilot bearing ini yang kecil, karena memang shaft dari engine doosan ini yang kecil sehingga tidak muat jika di pasangkan dengan bearing yang type besar. dan harus modif dari adafter antara flywheel dan PTO yang akan digunakannya.
 Dan disini Flywheel kita bongkar dan lepas untuk dilakukan perbaikan karena memang aus karena terkikis oleh beraing yang rusak dan masih ikut berputar oleh engine.  Dan untuk pengelasan ini dilakukan oleh teamnya dhevils mechanic yang disebut "RT" beliau sudah sepuh tapi amat sangat lucu sehinngga membuat teman - teman yang lain ikut terbawa suasana ceria karena guyonan - guyonan  dari RT ini.

Untuk proses pabrikasi machining dikerjakan oleh mas Doli dengan pegangan mesin bubut lathe andalannya. dia dengan mesin bubut ibarat sudah se iya seiramankarena memang sudah lama sekali mesin bubut ini menjadi pengannya dia, sehingga apa yang dia gerakan mesin bubut mengerti apa yang harus bergerak.

 Setelah proses pabrikasi dan maching kemudian part - part PTO di instal kembali supaya dpat bekerja dengan baik. disni ada team mechanic overhoul ada Dono dan warsila yang kebagian bongkar dan pasang dari unit - unit yang akan kita perbaiki.
.    
Demikianlah sekelumit cerita perbaikan PTO pada engine Doosan yang sering Rusak, Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait bdunia mechanic Oil and Gas.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...