http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Hallo teman - teman dhevils mechanic ketemu lagi dengan tulosan - tulisan dhevils mechanic yang tentu tak jauh membahas dunia mechanic Oil and Gas Industry, dimana sering dhevils cerita terkait pekerjaan - pekerjaan yang telah dhevils lakukan, ide - ide inovasi untuk menyelesikan permaslahan yang sering terjadi dilapangan. Atau review terkait unit dan equipement yang sering digunakan di Oil and Gas Industry. Dan kali ini yuk kita sedikit mambahas pekerjaan yang pernah dilakukan dhevils mechanic dalam menyelseikan permaslahan pilot bsaring PTO engine doosan model GV180.. seperti apa yang yang pernah dilakukan dilapangan untuk menyelseikan..
Engine doosan ini digunakan sebagai prime over dari pompa reciprocating dengan merk gaso model HP600xl dengan stroke 12" plunger 5" dan RPM maksimal operSi 280 RPM dimana membutuhkan power yang cukup besar saar pompa bekerja maksimal sekitar 600HP.
Dalam mereduce RPM dari 1500 ke 250 membutuhkan sebuah transmisi dan disini memgunakan v belt sehingga RPM dari pompa dapat terpenuhi
Untuk PTO (power take Off) mengunakan merk twindisc untuk memutus dan menyambungkan tenaga dari engine ke pompa Weathley Gaso dengan 3 plate disc.
Karena mengunakan Pulley untuk menurunkan RPM dari engine ke pompa, memyebabkan posisi antara sumbu engine dengan sumbu shaft pompa berseberangan. Ini berakibat ada gaya tarik - menarik antara pulley pompa dan pulley engine tergantung dari tekanan yang dihasilkan oleh pompa.
. Masalah berikutnya adalah lobang dari flywheel untuk dudukan pilot bearing ini yang kecil, karena memang shaft dari engine doosan ini yang kecil sehingga tidak muat jika di pasangkan dengan bearing yang type besar. dan harus modif dari adafter antara flywheel dan PTO yang akan digunakannya.
Dan disini Flywheel kita bongkar dan lepas untuk dilakukan perbaikan karena memang aus karena terkikis oleh beraing yang rusak dan masih ikut berputar oleh engine. Dan untuk pengelasan ini dilakukan oleh teamnya dhevils mechanic yang disebut "RT" beliau sudah sepuh tapi amat sangat lucu sehinngga membuat teman - teman yang lain ikut terbawa suasana ceria karena guyonan - guyonan dari RT ini.
Untuk proses pabrikasi machining dikerjakan oleh mas Doli dengan pegangan mesin bubut lathe andalannya. dia dengan mesin bubut ibarat sudah se iya seiramankarena memang sudah lama sekali mesin bubut ini menjadi pengannya dia, sehingga apa yang dia gerakan mesin bubut mengerti apa yang harus bergerak.
Setelah proses pabrikasi dan maching kemudian part - part PTO di instal kembali supaya dpat bekerja dengan baik. disni ada team mechanic overhoul ada Dono dan warsila yang kebagian bongkar dan pasang dari unit - unit yang akan kita perbaiki.
Demikianlah sekelumit cerita perbaikan PTO pada engine Doosan yang sering Rusak, Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait bdunia mechanic Oil and Gas.
Comments