Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Flange Orifice

  

Hallo teman - teman dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang pasti tak jauh - jauh membahas dunia oil and gas industry dan dimana dhevils mechanic sering menulis terkiat speck - speck unit atau equipment yang sering digunakan di oil and gas  serta troubleshot yang dhevils lakukan dalam menyeleseikan permasalhan di lapangan. dan kali ini yuk kita bahas alat ukur gas yang membutuhkan flange untuk menahan orifice.

Orifice merupakan salah satu flow meter berbasis beda tekanan (pressure differential) yang sangat banyak digunakan karena desain dan cara pengukurannya yang sederhana, Penelitian- penelitian terbaru mengenai orifice telah dilakukan secara ekstensif untuk mengetahui perubahan discharge coefficient (CD) akibat Variasi dari tekanan dan flownya.
Seperti yang diketahui, kontrol aliran fluida dengan akurasi tinggi menjadi tantangan sediri dalam dinamika sistem perpipaan. Di sinilah peran orifice flange muncul, sebagai solusi kritis untuk mengatasi hal tersebut. Artikel ini akan mengulas tuntas orifice flange, fokus pada fungsi dan cara kerjanya sehingga komponen ini bisa berperan penting untuk laju aliran.

Orifice flange adalah jenis flensa khusus yang memiliki lubang berdiameter tertentu di tengahnya. Fungsinya adalah untuk mengukur aliran fluida dalam sistem perpipaan dengan membatasi aliran melalui lubang tersebut. Lubang pada orifice flange memiliki diameter yang telah dihitung secara cermat untuk menciptakan tekanan diferensial yang dapat diukur, yang kemudian digunakan untuk menghitung laju aliran fluida.

Orifice flange dapat mengatasi beberapa masalah umum dalam sistem perpipaan, seperti fluktuasi tekanan dan volume aliran yang tidak stabil. Dengan membatasi aliran melalui lubang orifice, flange membantu menciptakan kondisi yang lebih stabil untuk pengukuran aliran. Hal ini sangat berguna terutama dalam aplikasi di mana pengukuran aliran yang akurat sangat penting, seperti dalam industri minyak dan gas, air, atau industri kimia.

Dari segi bentuk, orifice flange sangat mudah dikenali karena memiliki lubang yang dibor melalui permukaan flange sejajar dengan pipa, bertujuan untuk mencegah turbulensi pada orifice flate. Orifice flange juga memiliki satu set baut tambahan yang disebut Jack screw digunakan untuk membantu memisahkan flange sehingga pemeriksaan dan/atau penggantian pelat lubang dapat dilakukan. Saat memasang orifice flange, pressure tap harus berada pada ketinggian yang sejajar antara satu sama lain, tidak boleh dipasang menghadap ke bawah karena tap dapat tersumbat oleh kotoran di salurannya.

Orifice flange biasanya digunakan di industri yang memerlukan kontrol aliran dengan presisi tinggi dengan pengukuran aliran yang tepat dan membantu mendeteksi kebocoran serta memantau karakteristik fluida. Seperti yang dibutuhkan oleh industri pengolahan air, penyulingan, dan pabrik kimia.

Tidak hanya itu, orifice flange juga dapat mengatur aliran pada bahan bakar kapal dan mengukur konsumsi air di perkotaan. Dalam industri minyak dan gas, orifice flange berperan dalam memastikan jumlah minyak atau gas yang melewati pipa diukur dengan benar. Penggunaan orifice flange ini dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya energi, dan meningkatkan profitabilitas.
Dengan demikian, dapat kita pahami bahwa orifice flange telah menjadi komponen yang turut berperan dalam menjaga integritas sistem dan pengelolaan perpipaan dengan memberikan pengukuran aliran fluida yang akurat. Meskipun demikian, orifice flange juga memiliki tantangan dan yang perlu diperhatikan yaitu penurunan tekanan dan sensitivitas terhadap kondisi aliran adalah aspek yang memerlukan perhatian khusus.
 Demikianlah sedikit ulasan terkait Orifice dan Orifice flange, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita terkait dunia Oil and gas industry.




Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...