Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Perbaikan Elmot Pompa High Temperature

Hallo teman - teman ketemu lagi dengan tulisan dhevils mechanic  yang pasti tak jauh - jauh membahas dunia oil and gas industry entah itu cerita terkait unit - unit yang sering digunakan, entah ituy cerita terkait isu - isu terbaru di dunia oil and gas hingga terkait troubleshot serta ide - ide kreative dhevils mechanic dalam menyeleseikan permasalahan di lapangan. dan kali ini yuk cerita kerjaan perbaikan elmot dari pompa yang ada di tempat dhevils mechanic bekerja. dan untuk elmot ini ukurannya termasuk kecil yaa...

Baca juga :




Elmot ini digunakan untuk mengerakan pompa Amine di tempat dhevils mechanic bekerja dimana amine ini digunakan untuk menangkap CO2 yang ada di gas alam guna pemurnian gas yang akan di jual ke konsumen. komposisi CO2 ini akan mempengaruhi nilai kalor dari gas alam, dimana semakin rendah CO2 yang ada didalam kandungan gas alam akan semakin tinggi nilai kalor atau BTU dari gas tersebut. dan didalam perjanjian jual beli gas ada batas maksimal kadar CO2 nya.

Dari laporan team operation ada kendala jika  unit pompa ini trip sehingga membutuhkan team maintenence untuk perbaikan. dan dilanjutkan pembuatan notive pterkait trouble / masalah yang ada di lapangan.
  
Team elins atau biasa disebut team electric dan instrument melakukan pengecheckan dilapangan  dan dilakukan test solo run dimana elmot dan pompa di lepas koplingnya untuk menghidupkan elmot tanpa beban, dan teryata di ketemukan temperature bearing panas, sehingga memerlukan pengecheckan lebih lanjut.
 

Karena unit pompa dan elmot ini kecil, elmot langsung di lepas dan dibawa ke workshop untuk dilakukan pengecheckan, elmot ini di lepas kopling, fan, housinf bearing DE dan Nde dan di ketemukan bearing macet.
  
Setelah sumua di lepas untuk di lakuakn pengechackan  rotor di bawa ke mesin bubut untuk dilakuakn pengukuran apakah masih center apa sudah bengkok shaftnya, karena jika shaft motor ini sudah bengkok akan sulit nanti pada saat pekerjaan aligment antara elmot dengan pompa, dan jika tida aligment akan berdampak ke vibrasi pompa dan akan lebih banyak lagi keruasakan yang terjadi akibat tida center nya antara shaft elmot dengan shaft pompa.
 

Setelah dilakuakn perbaikan shaft rotor dan sudah lurus part - part tersebut dilakuakn asembly kembali, dari pemasangan rotor, bearing seal serta cover bearing nya. jangan lupa pada saat pengencengan housing bearing harus lurus yaa, jangan sampai miring atau kencang sebelah yang annati juga akan menyebabkan shaft elmot ini tidak center lagi.
 

Selesei pekerjaan Asembly lanjut dibawa ke site elmot ini untuk dipasangkan pada skid pompa dan jangan lupa untuk di aligment, untuk cerita bagaimana cara aligment ini kalian dapat search di kolom pojok kanan atas darin halam ini ini yaa.. dengan kata kunci aligment sehingga kalian akan tahu bagaimana cara mengunakan alat aligment yang baik dan benar.
Setelah semua siap dan team operation njuga ikut menyakasikan untuk proses comisioning elmot after baikan ini, karena saat perbaikan ini valve discharger dan suction nya di lakukan LOTO atau penguncian operasi.
  

Pompa sudah running danntidak ada kendala pada saat monitoring lanjut team operation yang menghandle p[ekrjaan monitoring ruutin dan merka tulisakan di daily laporan operasai mereka, untuk team maintennce melakukan laporan pekerjaan, berita acara pekerjaan serta closing dari permite to works tadi.
Demikian lah sekelumit cerita perbaikan elmot yang dilakukan dhevils mechanic dan team semoga dapat memebri gambaran bagaimana tata cara bekerja / troublesshot di tempat dhevils mechanic bekerja, jika kalian mempunyai pertanyaan atau pengalaman terkait perbaikan elmot silahkan tulis dikolom komentar yaa, supaya berbagi kisah ini lebih menarik lagi dan dapat berguna bagi temen - teman yang membutuhkan  informasi lainnya 

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...