http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Hallo teman - teman ketemu lagi dengan tulisan dhevils mechanic yang pasti tak jauh - jauh membahas dunia oil and gas industry entah itu cerita terkait unit - unit yang sering digunakan, entah ituy cerita terkait isu - isu terbaru di dunia oil and gas hingga terkait troubleshot serta ide - ide kreative dhevils mechanic dalam menyeleseikan permasalahan di lapangan. dan kali ini yuk cerita kerjaan perbaikan elmot dari pompa yang ada di tempat dhevils mechanic bekerja. dan untuk elmot ini ukurannya termasuk kecil yaa...
Baca juga :
Elmot ini digunakan untuk mengerakan pompa Amine di tempat dhevils mechanic bekerja dimana amine ini digunakan untuk menangkap CO2 yang ada di gas alam guna pemurnian gas yang akan di jual ke konsumen. komposisi CO2 ini akan mempengaruhi nilai kalor dari gas alam, dimana semakin rendah CO2 yang ada didalam kandungan gas alam akan semakin tinggi nilai kalor atau BTU dari gas tersebut. dan didalam perjanjian jual beli gas ada batas maksimal kadar CO2 nya.
Dari laporan team operation ada kendala jika unit pompa ini trip sehingga membutuhkan team maintenence untuk perbaikan. dan dilanjutkan pembuatan notive pterkait trouble / masalah yang ada di lapangan.
Team elins atau biasa disebut team electric dan instrument melakukan pengecheckan dilapangan dan dilakukan test solo run dimana elmot dan pompa di lepas koplingnya untuk menghidupkan elmot tanpa beban, dan teryata di ketemukan temperature bearing panas, sehingga memerlukan pengecheckan lebih lanjut.
Karena unit pompa dan elmot ini kecil, elmot langsung di lepas dan dibawa ke workshop untuk dilakukan pengecheckan, elmot ini di lepas kopling, fan, housinf bearing DE dan Nde dan di ketemukan bearing macet.
Setelah sumua di lepas untuk di lakuakn pengechackan rotor di bawa ke mesin bubut untuk dilakuakn pengukuran apakah masih center apa sudah bengkok shaftnya, karena jika shaft motor ini sudah bengkok akan sulit nanti pada saat pekerjaan aligment antara elmot dengan pompa, dan jika tida aligment akan berdampak ke vibrasi pompa dan akan lebih banyak lagi keruasakan yang terjadi akibat tida center nya antara shaft elmot dengan shaft pompa.
Setelah dilakuakn perbaikan shaft rotor dan sudah lurus part - part tersebut dilakuakn asembly kembali, dari pemasangan rotor, bearing seal serta cover bearing nya. jangan lupa pada saat pengencengan housing bearing harus lurus yaa, jangan sampai miring atau kencang sebelah yang annati juga akan menyebabkan shaft elmot ini tidak center lagi.
Selesei pekerjaan Asembly lanjut dibawa ke site elmot ini untuk dipasangkan pada skid pompa dan jangan lupa untuk di aligment, untuk cerita bagaimana cara aligment ini kalian dapat search di kolom pojok kanan atas darin halam ini ini yaa.. dengan kata kunci aligment sehingga kalian akan tahu bagaimana cara mengunakan alat aligment yang baik dan benar.
Setelah semua siap dan team operation njuga ikut menyakasikan untuk proses comisioning elmot after baikan ini, karena saat perbaikan ini valve discharger dan suction nya di lakukan LOTO atau penguncian operasi.
Pompa sudah running danntidak ada kendala pada saat monitoring lanjut team operation yang menghandle p[ekrjaan monitoring ruutin dan merka tulisakan di daily laporan operasai mereka, untuk team maintennce melakukan laporan pekerjaan, berita acara pekerjaan serta closing dari permite to works tadi.
Demikian lah sekelumit cerita perbaikan elmot yang dilakukan dhevils mechanic dan team semoga dapat memebri gambaran bagaimana tata cara bekerja / troublesshot di tempat dhevils mechanic bekerja, jika kalian mempunyai pertanyaan atau pengalaman terkait perbaikan elmot silahkan tulis dikolom komentar yaa, supaya berbagi kisah ini lebih menarik lagi dan dapat berguna bagi temen - teman yang membutuhkan informasi lainnya
Comments