Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Perawatan Pipa di Anjungan Offshore


  Hallo teman - teman semua, ketemu lagi dengan dhevils mechanic yang bercerita tidak jauh dari dunia mechanic Oil and Gas Industry, sharring pengalaman - pengalaman kerja dhevils mechanic. dan kali ini ingin bercerita perawatan apa saja pada pipa di anjungan Offshore

Pipeline system didefinisikan sebagai section yang memanjang dimulai dari inlet point, dari offshore platform atau onshore compression station menuju ke outlet point offshore platform, atau onshore receiver facility.  Pada inlet point ada fasilitas pig launcher. Pig Launcher digunakan sebagai fasilitas launching pig untuk cleaning, maintenance, dan inspeksi pipa, kemudian pig diterima di receiver facilities yang berada di outlet point

 
 Untuk memaentenance pipa ada bermacam - macam cara, untuk external maupun internal dari pipa tersebut. untuk internal salah satu caranya dengan mengunakan Pigging job memaentenance, biasanya di lakukan dengan waktu berkala, bisa harian, mingguan, atau bulanan. Didalam Intalasi Offshore Pig ini sangat penting sekali karena fluida minyak yang disalurkan melalui pipa akan cenderung mengendap dan menempel pada diding pipa karena perubahan suhu dan ketinggian, dan hal ini lama - kelamaan kan membuat jalur pipa tersebeut akan buntu dan tidak dapat dipergunakan kembali.
 
 pigging sendiri, tujuan utamanya membersihkan pipa (pipeline) dar r kotoran yg dibawa oleh fluida. Selain sebagai cara memitigasi korosi, efek samping dar rpigging ini adalah aliran fluida juga bisa lebih lancar kalau pigging rutin dilakukan. Setelah diluncurkan dan diterima di receiver, biasanya hasil recovery dan kondisi pig dicatat. Ini digunakan oleh pigging engineer atau pipeline integrity engineer utk menentukan kapan lagi dilakukan pigging, jenis pig yang akan digunakan, berapa banyak luncuran pig dibutuhkan dll. 

baca juga :





 Intelligent pig adalah alat inspeksi yg digunakan utk memonitor kondisi pipeline dari dalam pipa. Sequence-nya juga sama dengan pigging, didalam intelegent pig ini terdapat macam - macam alat yang dibenamkan, salah satunya alat untuk mengukur ketebelan pipa, Hal ini bermanfaat sekali untuk memonitor kekuatan dan performa dari perpipaan tersebut. Intelligent Pig ini bisa terhubung dengan GPS
Pig ada bermacam - macam bentuk, bahan, model, tergantung dari apa kebutuhannya dalam perawatan perpipaan. karena jika kita meluncurkan Pig yang salah bentuk dan kegunaannya maka akan fatal akibatnya, Pig akan tidak dapat meluncur dalam pipa tertahan dan menjadi penghambat dalam proses pemompaan.



Berikut ini adalah bentuk pig yang sering digunakan di lapangan Offshore tempat kami bekerja, Pig ini diluncurkan setiap minggu, karena minyak kami jenis HPPO dan beresiko mengendap di pipa jika terlalu lama di bersihkan.
 Pig  adalah komponen pipa yang digunakan untuk membersihkan bagian dalam dari pipa yang telah beroperasi. Pig launcher ini meluncurkan tabung yang dinamakan pig yang bertugas untuk membersihkan bagian dalam pipa. Umumnya pipa-pipa tersebut akan memiliki debris yang dihasilkan dari fluida yang di-drilling dari site. Untuk meluncurkan pig dari pig launcher perlu dilakukan mekanisme kerja mulai dari peluncuran hingga pig dikeluarkan kembali setelah selesai membersihkan. Sebelum membahas mengenai mekanisme kerja pig launcher kita akan membahas bagaian - bagian Pig louncer seperti gambar dibawah ini :
Dan berikut adalah gambaran umum dari Pig receiver, yaitu suatu komponen yang dibutuhkan untuk menerima dan mengeluarkan pig yang sudah dimasukan kedalam pipa, bentuk dan ukurannya bermacam - macam, tergantung dari kebutuhan dilapangan dan manufacture-nya. 
 .
 

Bersambung ke Tulisan berikutnya yaa...
Semoga dapat membantu, dan menambah  wawasan kita terhadap dunia mekanik oil and gas industry   
(* diambil dari berbagai sumber)

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...