Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Load Test Pompa Centrifugal KSB

 
 Hallo teman - teman semua, bertemu lagi dengan dhevils mechanic lagi. Setelah lama tidak share dunia mekanik di Oil and Gas Industry. Kali ini kita akan membahas test pada unit pompa centrifugal apa saja dan bagaimana mari kita pantengin terus blog ini.
 Dalam menjaga qualitas sebuah product harus melalui  bermacam - macam proses quality control dan salah satunya adalah test performa, dan test performa suatu pompa centrifugal ada beberapa tingkatan, yaitu:
1. Test di manufacture pompa
Test ini dilakukan setelah pompa selesei di asembly dan dilakukan di pabrik pembuat pompa, hal ini bertujuan supaya speck pompa yang diproduksi jelas dan sesuai dengan kurva yang ditawarkan ke konsumen. perpiaannya di test ini mengikuti standard yang berlaku. dan biasanya hasil test ini tertera di manual operation book pompa. dan biasanya kita hanya membeli gelondongan pompa saja tanpa primeover.

baca juga :
Praktek Dan Sertifikasi Crane Mobil di Pusdiklat Cepu

Profile Mechanic Team in Offshore Platform

Cara menaikan Kapasitas dan Head Pompa Centrifugal

2. Test Performa di Agen / Perakitan Unit pompa
Test ini dilakukan di Agen tempat kita membeli pompa sesuai dengan prime over / pengeraknya yang kita inginkan, biasanya ditempat ini membuat atau pabrikasi skid sesuai prime over yang diinginkan konsument, prime over mengunakan diesel engine, gas engine atau dengan electro motor yang merkbya bermacam - macam sesuai dengan permintaan dan budget pembeli. dan tentang hal ini yang nanti kita akan bahas.

3. Test Performa di Lapangan / on site
Test ini dilakukan setelah pompa terpasang dilapangan, hal ini dilakukan untuk memastikan unit pompa yang sudah dibeli sesuai dengan desain dari pompa. karena banyak kasus karena perpipaannya yang tidak sesuai, fluida yang tidak sesuai, akhirnya pompa tidak maksimal. biasanya dalam pabrikasi perpipaannya di witness oleh enginerring dari agen. sehingga diharapkan proses comiisionng dapat sesuai dengan desain pompa.

 Dan sekarang dhevils mechanic ingin berbagi pengalaman pada saat mengikuti test performa centrifugal pump yang dilakukan di Agen, pompa yang akan di test adalah merk KSB dengan prime over electro motor. Setelah pabrikasi  skid selesei, maka pompa dan elmot di dudukan dan di aligment. setelah unit pompa siap baru di letakkan di area tester perfomer pompa. dan berikkut ini hal - hal yang dilakukan.
 Setelah pompa di letakan di ruang test performa, perpipaan di instal, jangan lupa kencangkan baut - baut suction dan discharger pompa. jangan lupa buang angin yang terjebak didalam pompa maupun perpiaan dengan cara membuka valve drain
 
Test putaran pompa terlebih dahulu sebelum mulai record data, jika putaran salah makan perbaiki dahulu dengan meindahkan fasa cable power electro motor, tetapi jika putaran sudah tepat dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Perekaman dimulai hingga 3 sampai 5 titik sehingga nantinya dapat di interpolasi menjadi data kurva pompa, dan error sedapat mungkin dibawah 7%

Jangan lupa ukur juga putaran nyata pada pompa dan hal ini harus sama penunjukannya dengan yang ada di panel maupun di komputer.

Ukur juga temperature tiap - tiap bearing, untuk memastikan kondisi pompa dan elmot aman jika nanti terpasang pada site.

Ukur juga vibrasi di tiap - tiap bearing, untuk memastikan tidak ada kendala dan unit pompa dapat beropersi dengan maksimal dilapangan.

Pengetesan ini hanya dilakukan pada freq 30 Hz karena kekurangan daya pada tempat load test. tetapi hal ini dapat memwakili untuk freq yang lebih tinggi. Setelah selesei baru save dan interpolasi data di 30Hz, 45 Hz dan 60 Hz.
 Hasil kurva antara head dan kapsitas di freq 45 Hz
 
Hasil Kurva antara head dan qapasitas pada freq 60Hz
 Untuk lebih jelas urutan pengetesannya dapat kita ikuti video dari youtube berikut ini :
 
Demikian test performa pompa centrifugal yang dilakukan di agen perakitan pompa, saya mengikuti witness load performa ini bersama sahabat saya om Ahmad Soleh, beliau jago di dunia production di sebuah perusahaan Oil and Gas juga, banyak ilmu yang saya serap dari beliau.

Semoga dapat bermanfaat, ditunggu komentar dan diskusinya yaa..

Comments

Dhevilsmechanic said…
Sebaiknya dalam test load kita tidak mengunakan 1 freq dengan interpolasi data.. tapi mengunakan macam - macam freq yang real..

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...