Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Cara Perbaikan Magneto Gas Engine Yang Gagal On Fire

 
Hallo teman - teman semua... ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang selalu bercerita tentang kehidupan mekanik terutama di dunia oil and gas industry. Dan kali ini dhevils mechanic ingin bercerita tentang magneto.
Klo kita bicara gas engine, pasti kita tidak akan asing dengan namanya Ignition system. karena gas engine membutuhkan system pengapian atau sering disebut dengan Ignition system dalam proses siklus langkah kerjanya. Siklus kerja gas engine adalah seperti berikut:

Baca juga :

Tata Cara Hidrotest  Scrubber Gas  Bekas Untuk Difungsikan Kembali

Merubah Gland Packing Menjadi Mechanical Seal Pada Pompa Centrifugal

Mengatasi Troubleshoot Gas Engine Caterpillar Tidak Dapat Start Karena Kebanjiran

Peralatan Keselamatan Pada Offshore Platform

1. langkah hisap
   piston bergerak kebawah posisi valve inlet membuka dan valve outlet menutup sehingga campuran udara dan gas yang da dimanifold inlet akan terhisap masuk keruang bakar.

2. Langkah Kompresi
 Piston bergerak keatas sementara valve inlet dan exhaust menutup sehingga udara dan gas yang da didalam ruang bakar akan terkompresi dengan temperature dan pressure tertentu sesuai dengan kompresi ratio dari gas engine tersebut.

3 Langkah Usaha
Disini Iginition system yang bekerja, busi memercikan api sehingga gas dan udara yang terkompresi tadi akan melaedak dan mendorong Piston bergerak kebawah. Oiya posisi valve inlet dan exhaust masih sama - sama tertutup yaa..

4. Langkah Buang
Pada waktu piston meluncur kebawah karena proses langkah usaha tadi dan sebelum piston menyentuh titik mati bawah valve exhaust membuka hingga piston naik ketas lagi untuk mendorong sisa gas pembakaran yang ada ruang cylinder.

Itulah siklus  langkah kerja untuk gas engine 4 langkah, dan sekarang dhevils mechanic ingin membahas tentang ignition system.nya pada engine gas atau juga pada gasoline engine. Ignition system diperlukan sekali pada gasoline engine untuk membakar / atau meledaknan campuran udara dan bahan bakar yang terkompresi di dalam ruang cylinder.

Ignition system merupakan kumpulan komponen yang menghasilkan percikan api. Dan komponen tersebut antara lain.
1. Magneto, 
2. Harness/ kable magneto ke koil, 
3. Coil atau juga biasa disebut transformer,
 4. Cable spark plug 
5. Spark plug atau busi.
Konstruksi magneto sendiri tediri dari bebarapa bagian, yang antara lain : generator, kumparan yang mengahsilkan listrik dari putaran engine, biasanya tegangan yang keluar antara 12v hingga 24volt, tegangan yang dikeluarkan akan masuk ke bagian peningkat tegangan yaitu kumpulan triac yang dirangkai sehingga tegangan 12 volt menjadi 128 volt. dari keluaran magneto ini lah yang akan diteingkatkan kembali oleh  transformer / koil menjadi 30Kvolt , 

Masalah yang sering terjadi pada gas engine yang berada di luar ruangan adalah magneto lembab sehingga tidak dapat menghasilkan tegangan, sehingga unit gas engine akan susah hidup pada saat distart.

Dan berikut ini urutan pekerjaan yang sering kami lakukan jika kami mengalami  magneto gagal on fire :
1 Bongkar magneto dan bersihkan dari kotoran atau air embun yang ada didalam magneto
2. lepas bagaian  generator dan booster tegangan supaya pemanasan lebih optimal
2  Masukan  dalam wadah besi supaya panas oven yang di lakukan tidak keluar
3. Siapkan lampu tembak yang  dayanya cukup besar supaya panas yang dihasilakan dapat kontan
4.  Oven magneto hingga 1 hari supaya benar2 kering dari lembab.
5. Rakit kembali magneto
6. Test magneto sebelum magneto digunakan kembali pada engine.

Semoga uraian diatas dapat membantu kita dalam menyeleseikan permasalahan yang sering timbul dilapangan.
 Ditunggu komentar dan diskusinya yaa, supaya berbagi penngalaman kita lebih seru lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...