Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Continuous Improvement Program (CIP) Pertamina

Hallo temen - temen mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang selalu ingin bercerita tentang dunia mechanic Oil and Gas Industry. Kali ini dhevils ingin berbagi pengalaman mengikuti Continuous Improvement perogram yang diadakan oleh pertamina EP Aset 4.  apa dan bagaimana Contineuous Improvement Program ini mari kita lanjutkan membaca tulisan - tulisan dhevils mechanic.
Baca Juga :
Continuous improvement adalah usaha-usaha berkelanjutan yang dilakukan untuk mengembangkan dan memperbaiki produk, pelayanan, ataupun proses. Usaha-usaha tersebut bertujuan untuk mencari dan mendapatkan “bentuk terbaik” dari improvement yang dihasilkan, yang memberikan solusi terbaik bagi masalah yang ada, yang hasilnya akan terus bertahan dan bahkan berkembang menjadi lebih baik lagi.
Diantara semua tool yang digunakan untuk menjalankan misi Continuous Improvement adalah “pemodelan kualitas empat langkah” yang disebut PDCA (Plan-Do-Check-Act), yang dikenal juga dengan sebutan Siklus Deming atau Siklus Shewhart.
PDCA Adalah…
  • Plan:  
Tahap dilakukannya identifikasi masalah,  Stratifikasi masalah yang ada dengan pembobotan kepentingan yang mana akan dipilih untuk diseleseiakan dan untuk memeudahkan pemilihana seberapa besar korelasi masalah yang terjadi kita dapat mengunakan diagram Pareto,
Setelah ketemu masalah yang akan diseleseikan baru kita mencari root cause dari masalah yeng terjadi dengan mengunakan tool diagram Fish Bone dari diagram tersebut kita dapat mencari akar dari masalah yang terjadi dan sudut pandang akar masalah ini dapat dari Manusianya, Metodenya, Materialnya,Alat / Equipmentnya maupun dari sudut pandang Environment Lingkungannya. Semakin banyak korelasi dari kelimanya semakin jelas itu yang menjadi akar dari permaslahannya.
Dari Akar masalah yang terjadi baru kita mencari solusi peneyeleseian akar masalah, solusi ini ada beberapa alternative dan kita harus memilih yang paling efisien, cepat, murah dan paling kecil resikonya.
setelah mendapatkan Solusi pilihan kita harus mernecanakan terget dari pemecahan masalah ini, Target dpat secara Quality, Cost, Delvery/tata waktu, Safety, maupun dari sudut pandang Moralnya.

  • Do: 
Langah perbaikannya yang sesuai dengan rencana awal kita, hal ini terkait bagaiamana proses perbaikannya. kendala - kendala apa yang terjadi saat proses perbaikannya.

  • Check: 
Menggunakan data untuk menganalisa hasil dari perubahan dan menentukan apakah perubahan yang dilakukan telah / akan mendatangkan perbedaan yang berarti, bagaimana devisiasi anatara plant dan realisasi, apakah ada kendala atau perbedaan, dimana hal yang harus dilakukan untuk langkah perbaikannya, dan bagaimana hasil dari perbaikan tersebut

  • Act: 
Jika perubahan dianggap sukses, implementasikan perubahan tersebut dalam skala yang lebih besar dan pertahankan hasilnya. dan buat standard baru setelah ada perubahan. misalkan setelah ada perbaikan akan ada SOP baru yang timbul karena sudah ada perubahan.

Jangan lupa lakukan Sosialisasi perubahan tersebut supaya hal tersbut dapat diadopsi oleh bagian lain untuk di replikasisasi.

Demikianlah tulisan dhevils mechanic terkait Continouos Improvment Program.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...