Skip to main content

Korelasi Komposisi Gas Dengan Compresi Ratio Gas Engine

 
Hallo gues, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang selalu bercerita tidak jauh dari pengalaman bekerja di dunia oil and gas Industry sebagai seorang mechanic. Tulisan - tulisan dhevils mechanic menceritakan pengalaman - pengalaman kerja, pengalaman dalam melakukan troubleshot pada unit - unit equipment di dunia oil and gas maupun ide - ide yang telah dhevils mechanic lakukan untuk memudahkan dan efisiensi didalam bidang maintenace.

Baca juga :





Dan Kali ini dhevils mechanic ingin bercerita tentang unit engine gas, unit engine ini tidak banyak dipasaran umum karena yang mengunakannya kebanyakan juga berkecimpung d i dunia oil and gas industry atau pabrik - pabrik yang ada jalur gas untuk bahan bakarnya.
Prinsip kerja dari gas engine ini hampir mirip dengan gasoline engine, cuma perbedaannya jika gasoline engine bahan bakarnya bebentuk cair klo gas ini engine bahan bakarnya bebentuk gas, modelnya untuk gas engine ini juga bermacam - macam ada yang 4 stroke dan ada yang 2 stroke. tergantung dengan daya dan model yang dibutuhkan.

Tenaga yang dihasilkan oleh gas engine ini tergantung dari metan number darigas bahan bakarnya, berapa BTU-nya (british Termal Unit) standard nilai kalor yang di keluarkan oleh standar British. semaik tinggi BTU suatu gas akan semakin bagus bahan bakar tesebut.
Semakin tinggi nilai kalor maka akan semakin bagus bahan bakar tersbut dan efisiensi akan semakin tinggi,  selain itu juga bahan bakar gas juga dipengaruhi oleh komposisi / kandungan yang ada didalamnya seperti CO2, H2S, N2, dll.. dan itu sangat mempengaruhi nilai kalor dari pada bahan bakar gas tersbut
Apalagi jika bahan bakar gas tersebut langsung dari well atau sumuran tanpa ada pemisahan partikel - partikel yang ada didalamnya,  hanya pemisahan mengunakan scruber untuk memisahkan gas dan liquid yang ikut kedalam gas tersebut. dan gas natural atau gas wellhead ini sering dipengaruhi oleh cuaca alam. pada saat hujan dan pada saat panas akan berbeda komposisnya.
Tidak semua engine gas akn cocok mengunakan gas yang ada di filed atau lokasi, biasa jadi engine A cocok atau bisa running dengan normal, tetapi engine B tidak dapat Running dengan normal alias beban hanya mam[pu 50% atau bahkan unit tidak dapat runninmng. karena hal ini dipengaruhi oleh Compresi ratio dari gas engine tersebut.
Saran dari dhevils mechanic sebelum membeli gas engine sebaiknya ketahui dahulu komposisi gas yang ada di site tersbut, berap BTU.nya, Berapa C1 sd c12nya, berapa % komposisi CO2,nya dll. hal ini supaya nanti akan mendapatkan performa gas engine yang maksimal. sesuai dengan harapan dan sesuai dengan biaya yang telah dikeluarkan. karena banyak kasus pemebelian gas engine yang akhirnya mangkrak karena tidak sesuai anatara bahan bahan bakar dan compresi ratio engine.
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, dan membantu teman - teman dalam meilih dan membeli gas engine yang sesuai dengan kebutuhan dilapangan. ditunggu komentar dan diskuksinya yaa.. agar sharring pengalaman ini lebih seru dan rame lagi.

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...