Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Korelasi Komposisi Gas Dengan Compresi Ratio Gas Engine

 
Hallo gues, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang selalu bercerita tidak jauh dari pengalaman bekerja di dunia oil and gas Industry sebagai seorang mechanic. Tulisan - tulisan dhevils mechanic menceritakan pengalaman - pengalaman kerja, pengalaman dalam melakukan troubleshot pada unit - unit equipment di dunia oil and gas maupun ide - ide yang telah dhevils mechanic lakukan untuk memudahkan dan efisiensi didalam bidang maintenace.

Baca juga :





Dan Kali ini dhevils mechanic ingin bercerita tentang unit engine gas, unit engine ini tidak banyak dipasaran umum karena yang mengunakannya kebanyakan juga berkecimpung d i dunia oil and gas industry atau pabrik - pabrik yang ada jalur gas untuk bahan bakarnya.
Prinsip kerja dari gas engine ini hampir mirip dengan gasoline engine, cuma perbedaannya jika gasoline engine bahan bakarnya bebentuk cair klo gas ini engine bahan bakarnya bebentuk gas, modelnya untuk gas engine ini juga bermacam - macam ada yang 4 stroke dan ada yang 2 stroke. tergantung dengan daya dan model yang dibutuhkan.

Tenaga yang dihasilkan oleh gas engine ini tergantung dari metan number darigas bahan bakarnya, berapa BTU-nya (british Termal Unit) standard nilai kalor yang di keluarkan oleh standar British. semaik tinggi BTU suatu gas akan semakin bagus bahan bakar tesebut.
Semakin tinggi nilai kalor maka akan semakin bagus bahan bakar tersbut dan efisiensi akan semakin tinggi,  selain itu juga bahan bakar gas juga dipengaruhi oleh komposisi / kandungan yang ada didalamnya seperti CO2, H2S, N2, dll.. dan itu sangat mempengaruhi nilai kalor dari pada bahan bakar gas tersbut
Apalagi jika bahan bakar gas tersebut langsung dari well atau sumuran tanpa ada pemisahan partikel - partikel yang ada didalamnya,  hanya pemisahan mengunakan scruber untuk memisahkan gas dan liquid yang ikut kedalam gas tersebut. dan gas natural atau gas wellhead ini sering dipengaruhi oleh cuaca alam. pada saat hujan dan pada saat panas akan berbeda komposisnya.
Tidak semua engine gas akn cocok mengunakan gas yang ada di filed atau lokasi, biasa jadi engine A cocok atau bisa running dengan normal, tetapi engine B tidak dapat Running dengan normal alias beban hanya mam[pu 50% atau bahkan unit tidak dapat runninmng. karena hal ini dipengaruhi oleh Compresi ratio dari gas engine tersebut.
Saran dari dhevils mechanic sebelum membeli gas engine sebaiknya ketahui dahulu komposisi gas yang ada di site tersbut, berap BTU.nya, Berapa C1 sd c12nya, berapa % komposisi CO2,nya dll. hal ini supaya nanti akan mendapatkan performa gas engine yang maksimal. sesuai dengan harapan dan sesuai dengan biaya yang telah dikeluarkan. karena banyak kasus pemebelian gas engine yang akhirnya mangkrak karena tidak sesuai anatara bahan bahan bakar dan compresi ratio engine.
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, dan membantu teman - teman dalam meilih dan membeli gas engine yang sesuai dengan kebutuhan dilapangan. ditunggu komentar dan diskuksinya yaa.. agar sharring pengalaman ini lebih seru dan rame lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...