Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Suka Duka Merawat Gas Engine Arrow C106

Hallo teman - teman semuanya, ketemu lagi dengan dhevils mechanic dengan tulisan - tulisan tentang dunia mechanic oil nad gas industry. dan kami sering upload tulisan - tulisan tentang troubleshoot dan permasalahan pada dunia mechanic.
Dan kali ini dhevils mechanic ingin menceritakan suka duka merawat unit gas engine Arrow C106 yang banyak sekali di wilayah kerja dhevils mechanic. Unit ini kebanyakan digunakan sebagai prime over pumping unit dengan bahan bakar yang langsung dari sumuran.
bahan bakar yang digunakan kebanyakan tidak memalkui proses penghilangan zat - zat yang ada didalam gas tersebut tetapi hanya melewati scrubber yang berfungsi untuik memisahkan jika ada cairan yang terikut dari gas tersbut.

Bca juga :





Seperti dijelaskan diatas sistem untuk bahan bakarnya sangat sederhana sekali. dari casing dialirkan ke scrubber dan masuk ke engine yang melalui gas regulator dan carburetor engine.

Engine Arrow C106 ini running 24 jam nonstop dengan rpm rat -rata 800rpm dan dilakukan maintenance pemngantian minyak pelumas setiap 750 jam. sementara untuk pengecheckan dilakukan setaiap hari oleh mechanic dan well checker secara bergantian. 
Pengecheckan ini terutama jika ada keboccoran minyak pelumas atau kebocoran dari air pendingin radiator.  dan atau jika terjadi gangguan tekanan fuel gas yang dari casing tadi. yang bisa naik dan turun tekanannya.
jika tekanan fuel gas dari casing turun maka engineakan turun juga rpmnya, dan jika tekanan naik maka rpm akan naik dengan sendirinya dan hal ini akan berdampak pada kecepatan SPM pumping unit itu sendiri.
Sevara Over All tidak banyak permaslahan yang terjadi pada saat merawat unit gas engine arrow C106 ini. Unit yang cenedrung bandel disgala cuaca. asalkan terawat secara rutin.
Permasalahan yang sering timbul adalah dari konsistensi dari tekakan sumur / tekanan fuel gas yang keluar dari casing sumur itu sendiri. dan PTO yang sering rusak. sehingga segera dilakukan perbaikannya.
Demikianlah tulisan dhecvils mechanic tentang engine Arrow yang difungsikan sebagai prime over pumping unit yang dhevils mechanic rawat. dan semoga dapat bermanfaat ditunggu komentar dan diskusinya yaa agar sharring pengalaman ini lebih seru lagi. Oiya foto paling bawah adalah foto dhevils mechanic bersama bapak Sarjono penguasa mechanic distrik II yang sangat hafal lokasi dan nama - nama sumur di tempat kerja dhevils mecahnic.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...