Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Overhoul Pedestal Crane Manitex ML2400 di X Ray Offshore Platform

Pedestal crane adalah adalah sebuah pesawat alat angkat yang ada di Offshore platform. pesawat angkat ini sangat penting keberadaannya di Offshore sebagai alat angkat dari kapal ke platform dan sebaliknya, dari kapal ke kapal, dan dari platform ke platform. Dan kehandalan pedestal crane ini harus tetap dijaga jangan sampai breakdown. Untuk menjaga kehandalan unit pedestal crane harus dilakukan overhoul atau perbaikan secara berkala sesuai dengan running hour dan kondisi pedestal crane tersebut.

Baca juga :






Pedestal crane dalam tulisan dhevils mechanic ini dilakukan pada unit pedestal crane di XD Platform merk Manitex ML2400 PT pertamina EP Field Jatibarang. Untuk merk Manitex ini ada 2 unit di XMA platform dan XD platform.

Dan Berikut ini pekerjaan - pekerjaan yang dilakukan pada pedestal crane Manitex ML 2400 ini :

Control Valves change out
Fungsi dari control valve ini untuk membagi minyak hidrolic yang bertekanan  keluar dari pompa hydrolic ke arah yang ingin operator crane lakukan. Misalnya operator ingin mengangkat boom dengan mengerakan tuas control dan mengatur caontrol valve ini mengalirkan minyak hydrolik bertekanan ke  motor winches boom, senadainya operator crane ingin melakukan swing boom dengan mengerakan tuas swing sehingga memerintahkan control valve ini menegalirkan minyak hydrolik bertekanan ke motor swing yang ada di pedestal crane, begitu seterusnya.

Changes Braden Winches.
Winch ini berfungsi untuk mengulur dan mengulung wirerope. di dalam pedestal crane merk Mnaitex ini ada 3 winch yaitu  winch boom untuk manarik dan mengulur  wirerope boom , winch main hoist untuk menarik dan mengulur wirerope main hoist dan winch aux hoist untuk menarik dan mengulur aux hoist. Didalam Winch ini ada gearbox dan motor hydrolic sebagai pemutar dari winch ini.

Hydraulic pumps change out
Hydrolic Pump ini berfungsi untuk memompa minyak yang ada di tangki hydrolic menuju ke tempat - tempat yang dituju yang membutuhkan peressure tertentu dalam system pedestal crane ini. model dari hydrolic pump ini adalah gear pump, dimana 2 gigi saling berputar untuk menekan minyak hydrolic. dan di pedestal crane merk mniatex ML2400 ini ada 2 hydrolic pump, yaitu pompa utama dan pompa aux hal ini karena membutuhkan qapasitas pompa yang besar terkait daya angkat dankehandalan dari crane ini.

Main hook block 
Man hook ini berfungsi untuk mengantungkan beban dengan alat bantu angkat wirerope atau webbing sling, pada main hook ini ada beberapa pulley didalamnya yang jumlah piulleynya tergantun dari daya angkat crane tersebut dan ukuran pengunaan wireropenya.

Anti 2 block change out
Anti 2 block ini berfungsi sebagai salah satu alat pengaman didalam crane, jangan sampai dalam mengulung wirerope hoist menabrak boom atau pulley boom yang ada di ujung boom. Anti to block ini sangat penting sekali dalam pemgoperasian dari crane.

Slew Brake installation
Slew Break ini berfungsi untuk menahan supaya pada saat swing dapat smoot/ halus dan berguba untuk menahan crane jangan sampai bergoyang kesamping / swing karena hembusan angin dari samping. bentuk dari slew break ini menyerupai disc rem pada mobil dengan kampas remnya. buka tutup disc break ini tergantung dari pergerakan handle swing crane.

Load Indicator Installation
Load indicator ini berfungsi untukmengukur beban yang ditanggung dari crane, jangan sampai beban yang ditanggung melebihi dari load cart yang diizinkan dari sertificate, load cart sendiri berada di dekat operator sehingga operator dapat melihat beban yang diangkat dengan beban yang diizinkan dengan sudut boom tertentu.

Pressure gauges installation
Pressure gauges ini sama seperti control panel pada engine, tetapi di pedestal crane ini yang dibaca adalah pressure dari beberapa bagaian yang sangat penting pada pedestal crane ini, seperti pressure ouput dari pompa hydrolic, pressure keluar dari pressure regulator, pressure pada winch dan lain - lain. sehingga operator dapat mengontrol pressure hydrolic pada system pedestal crane yang dioperasikannya. 

Slew Bearing re-torqued
Slew Baearing adalah bearing putar pada pedestal crane, bearing ini berada pada tiang penyangga pada pedestal crane dan harus di check kekencangan baut beraingnya, jangan sampai kendor dan pedestal crane jatuh padaa saat proses pengangkatan

Hydraulic tank clean up and change the filters
Filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran  atau gram - gram kecil yang terbawa oleh minyak hydrolic setelah berkeliling dari pompa hydrolic ke control valve ke motor winch dan lain - lain. dengan adanya filter ini diharapkan oli hydrolic yang bekerja pada system pedestal crane ini dapat selalu terjaga kebersihannya.

Pendant Rope Change Out
Pendant rope ini berfungsi untuk mengangkat dan menurunkan boom, yang terhubung dengan pulley yang ditarik oleh winch boom dengan dikaitkan gantry crane. nah lho semakin jlimet kan cerita tentang pedestal crane. Pendant rope ini terbuat dari wirerope tetapi diameter lebih besar karena menghitung beban yang nantinya akan diangkat oleh crane. dan biasanya dalam pedestal crane ada 2 pcs pendant rope

Wirerope Change
Wirerope yang setelah di inpeksi ada temuan, beberapa wire putus sesuaid dengan standard wire rope harus segera diganti. Wire rope twist atau mlintir juga harus segera diganti dan berikut ini video tentang pengantian wirerope


Load Testing with water bag and Load Cell.
Setelah semua pekerjaan perbaikan dan pengantian sudah dilakukan, maka pekerjaan terakhir adalah pengujian beban pada pedestal crane yang sudah kita perbaiki, dan di load test ini kita mengunakan water bag. yaitu dengan beban air laut.

Setelah dilakukan load test data - data yang diambil dari hasil load test dapat digunakan sebagai load cart pedestal crane terbaru dan berguna untuk mengurus sertifikasi "COI" pesawat angkat  yang diakui oleh lembaga yang ditunjuk pemerintah.
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, dan tulisan ini sebagai kenangan pernah kerja bersama dengan om Yudhi, Yacub dari PT Alatas Indonesia dedicated for my  crew mechanic X Ray  Platform Roni Santoso, Abdul Muin &  Didi Supriadi..  Dan thanks support Mandor mechanic Offshore mas Harkowi kapan bisa kerja bareng lagi..

Comments

Unknown said…
setelah membaca dan mengikuti uraian tulisan di atas, sangat baik sekali. semua bisa terlaksana dengan baik sampai akhir. itu berkat kita semua mampu bekerja secara team ( team work) saling support satu dan yg lain dengan kapasitas masing2.
tetapi seharusnya pekerjaan ini tdk perlu di lakukan, jika kita lakukan preventive maintenance dengan baik. yaitu mengidentifikasi semua parts dari crane tsb secara berkala dan konsekwen.. lagi2 team work perlu di kedepankan, karena dgn team work yg baik maka hasil kerja pasti akan baik..
udah ah... komen banyak2 nanti salah komen lagi... salam sukses terus utk team offshore crane.. special utk mas Dwi, thanks masih inget ma kita..
Dwie said…
siap om yudi.. makasih masukannya.. seneng bisa kerja bareng dan dapat ilmu banyak terkait crane dan kehidupan ini om.. sukses selalu untuk om yudi dan om jacub...
Hamba Allah said…
Nice sharing, bagus bagi generasi penerus yang ingin belajar maupun bekerja di bidang oil and gas, teruslah berkarya dan sharing knowledge dhevils mechanic.
Anonymous said…
Panutanque
Dwie said…
siapp omkoeh... sharring pengalaman yang pernah dikerjai om..semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya...
Dwie said…
siap om Adha... sukses selalu juga untuk omkoeh
Dwie said…
terima kasih, semoga sukses selalu
Dwie said…
siap omkoeh, banyak pengalaman dan kenangan yang telah kita lewati dalam pengantian engine crane ini omkoeh, dan semoga sehat selalu
Unipulse India said…
Nice and very informative post....Is anyone is interested to buy the F372a Equipments? Then, I'm availabe here to help you... F372A Unipulse, is a digital indicator, it is used to display physical quantity like as torque, load and pressure. This Item is available at best price from the unipulseindia. Contact us and get the easy delivery.
Dwie said…
Thanks for your information, please share your contact maybe other friend in this block is needed

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...