Skip to main content

Overhoul Pedestal Crane Manitex ML2400 di X Ray Offshore Platform

Pedestal crane adalah adalah sebuah pesawat alat angkat yang ada di Offshore platform. pesawat angkat ini sangat penting keberadaannya di Offshore sebagai alat angkat dari kapal ke platform dan sebaliknya, dari kapal ke kapal, dan dari platform ke platform. Dan kehandalan pedestal crane ini harus tetap dijaga jangan sampai breakdown. Untuk menjaga kehandalan unit pedestal crane harus dilakukan overhoul atau perbaikan secara berkala sesuai dengan running hour dan kondisi pedestal crane tersebut.

Baca juga :






Pedestal crane dalam tulisan dhevils mechanic ini dilakukan pada unit pedestal crane di XD Platform merk Manitex ML2400 PT pertamina EP Field Jatibarang. Untuk merk Manitex ini ada 2 unit di XMA platform dan XD platform.

Dan Berikut ini pekerjaan - pekerjaan yang dilakukan pada pedestal crane Manitex ML 2400 ini :

Control Valves change out
Fungsi dari control valve ini untuk membagi minyak hidrolic yang bertekanan  keluar dari pompa hydrolic ke arah yang ingin operator crane lakukan. Misalnya operator ingin mengangkat boom dengan mengerakan tuas control dan mengatur caontrol valve ini mengalirkan minyak hydrolik bertekanan ke  motor winches boom, senadainya operator crane ingin melakukan swing boom dengan mengerakan tuas swing sehingga memerintahkan control valve ini menegalirkan minyak hydrolik bertekanan ke motor swing yang ada di pedestal crane, begitu seterusnya.

Changes Braden Winches.
Winch ini berfungsi untuk mengulur dan mengulung wirerope. di dalam pedestal crane merk Mnaitex ini ada 3 winch yaitu  winch boom untuk manarik dan mengulur  wirerope boom , winch main hoist untuk menarik dan mengulur wirerope main hoist dan winch aux hoist untuk menarik dan mengulur aux hoist. Didalam Winch ini ada gearbox dan motor hydrolic sebagai pemutar dari winch ini.

Hydraulic pumps change out
Hydrolic Pump ini berfungsi untuk memompa minyak yang ada di tangki hydrolic menuju ke tempat - tempat yang dituju yang membutuhkan peressure tertentu dalam system pedestal crane ini. model dari hydrolic pump ini adalah gear pump, dimana 2 gigi saling berputar untuk menekan minyak hydrolic. dan di pedestal crane merk mniatex ML2400 ini ada 2 hydrolic pump, yaitu pompa utama dan pompa aux hal ini karena membutuhkan qapasitas pompa yang besar terkait daya angkat dankehandalan dari crane ini.

Main hook block 
Man hook ini berfungsi untuk mengantungkan beban dengan alat bantu angkat wirerope atau webbing sling, pada main hook ini ada beberapa pulley didalamnya yang jumlah piulleynya tergantun dari daya angkat crane tersebut dan ukuran pengunaan wireropenya.

Anti 2 block change out
Anti 2 block ini berfungsi sebagai salah satu alat pengaman didalam crane, jangan sampai dalam mengulung wirerope hoist menabrak boom atau pulley boom yang ada di ujung boom. Anti to block ini sangat penting sekali dalam pemgoperasian dari crane.

Slew Brake installation
Slew Break ini berfungsi untuk menahan supaya pada saat swing dapat smoot/ halus dan berguba untuk menahan crane jangan sampai bergoyang kesamping / swing karena hembusan angin dari samping. bentuk dari slew break ini menyerupai disc rem pada mobil dengan kampas remnya. buka tutup disc break ini tergantung dari pergerakan handle swing crane.

Load Indicator Installation
Load indicator ini berfungsi untukmengukur beban yang ditanggung dari crane, jangan sampai beban yang ditanggung melebihi dari load cart yang diizinkan dari sertificate, load cart sendiri berada di dekat operator sehingga operator dapat melihat beban yang diangkat dengan beban yang diizinkan dengan sudut boom tertentu.

Pressure gauges installation
Pressure gauges ini sama seperti control panel pada engine, tetapi di pedestal crane ini yang dibaca adalah pressure dari beberapa bagaian yang sangat penting pada pedestal crane ini, seperti pressure ouput dari pompa hydrolic, pressure keluar dari pressure regulator, pressure pada winch dan lain - lain. sehingga operator dapat mengontrol pressure hydrolic pada system pedestal crane yang dioperasikannya. 

Slew Bearing re-torqued
Slew Baearing adalah bearing putar pada pedestal crane, bearing ini berada pada tiang penyangga pada pedestal crane dan harus di check kekencangan baut beraingnya, jangan sampai kendor dan pedestal crane jatuh padaa saat proses pengangkatan

Hydraulic tank clean up and change the filters
Filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran  atau gram - gram kecil yang terbawa oleh minyak hydrolic setelah berkeliling dari pompa hydrolic ke control valve ke motor winch dan lain - lain. dengan adanya filter ini diharapkan oli hydrolic yang bekerja pada system pedestal crane ini dapat selalu terjaga kebersihannya.

Pendant Rope Change Out
Pendant rope ini berfungsi untuk mengangkat dan menurunkan boom, yang terhubung dengan pulley yang ditarik oleh winch boom dengan dikaitkan gantry crane. nah lho semakin jlimet kan cerita tentang pedestal crane. Pendant rope ini terbuat dari wirerope tetapi diameter lebih besar karena menghitung beban yang nantinya akan diangkat oleh crane. dan biasanya dalam pedestal crane ada 2 pcs pendant rope

Wirerope Change
Wirerope yang setelah di inpeksi ada temuan, beberapa wire putus sesuaid dengan standard wire rope harus segera diganti. Wire rope twist atau mlintir juga harus segera diganti dan berikut ini video tentang pengantian wirerope


Load Testing with water bag and Load Cell.
Setelah semua pekerjaan perbaikan dan pengantian sudah dilakukan, maka pekerjaan terakhir adalah pengujian beban pada pedestal crane yang sudah kita perbaiki, dan di load test ini kita mengunakan water bag. yaitu dengan beban air laut.

Setelah dilakukan load test data - data yang diambil dari hasil load test dapat digunakan sebagai load cart pedestal crane terbaru dan berguna untuk mengurus sertifikasi "COI" pesawat angkat  yang diakui oleh lembaga yang ditunjuk pemerintah.
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, dan tulisan ini sebagai kenangan pernah kerja bersama dengan om Yudhi, Yacub dari PT Alatas Indonesia dedicated for my  crew mechanic X Ray  Platform Roni Santoso, Abdul Muin &  Didi Supriadi..  Dan thanks support Mandor mechanic Offshore mas Harkowi kapan bisa kerja bareng lagi..

Comments

Unknown said…
setelah membaca dan mengikuti uraian tulisan di atas, sangat baik sekali. semua bisa terlaksana dengan baik sampai akhir. itu berkat kita semua mampu bekerja secara team ( team work) saling support satu dan yg lain dengan kapasitas masing2.
tetapi seharusnya pekerjaan ini tdk perlu di lakukan, jika kita lakukan preventive maintenance dengan baik. yaitu mengidentifikasi semua parts dari crane tsb secara berkala dan konsekwen.. lagi2 team work perlu di kedepankan, karena dgn team work yg baik maka hasil kerja pasti akan baik..
udah ah... komen banyak2 nanti salah komen lagi... salam sukses terus utk team offshore crane.. special utk mas Dwi, thanks masih inget ma kita..
Dwie said…
siap om yudi.. makasih masukannya.. seneng bisa kerja bareng dan dapat ilmu banyak terkait crane dan kehidupan ini om.. sukses selalu untuk om yudi dan om jacub...
Hamba Allah said…
Nice sharing, bagus bagi generasi penerus yang ingin belajar maupun bekerja di bidang oil and gas, teruslah berkarya dan sharing knowledge dhevils mechanic.
Anonymous said…
Panutanque
Dwie said…
siapp omkoeh... sharring pengalaman yang pernah dikerjai om..semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya...
Dwie said…
siap om Adha... sukses selalu juga untuk omkoeh

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter.

Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya.
Baca juga :

Kehidupan di Offshore Platform 
Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor

Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio
Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine

Disini kita akn bandingkan kunci…

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini.
Baca Juga:

Merubah Diese…

Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor

Air dryer adalah suatu alat yang berfungsi untuk menghilangkan kandungan air pada compressed air (udara terkompresi). Sistem ini biasanya menjadi satu kesatuan proses dengan kompresor. Udara terkompresi hasil dari kompresor sebagian akan masuk ke tangki penyimpan dan sebagian lagi dikeringkan menggunakan air dryer.

Penggunaan udara kering ini banyak diperlukan di lapangan offshore. Udara kering, atau biasa disebut dengan instrument air, digunakan sebagai sumber penggerak aktuator dari control valve, power dari pompa chemical,  untuk satrting turbine dan damper (aktuator pneumatic). Selain itu dalam dunia industri telekomunikasi, udara kering bertekanan digunakan untuk menyelimuti kabel-kabel bawah tanah untuk menghindari short circuit akibat terbentuknya embun. 
Udara terkompresi yang dikeringkan, akan mengalami proses penurunan dew point. Dew point adalah nilai temperatur yang dibutuhkan untuk mendinginkan sejumlah udara, pada tekanan konstan, sehingga uap air yang terkandung…

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test :
Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll).
Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun.

Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N2).
Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box.

Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotest, hal ini …

Pengertian Kompresor dan Jenis - Jenis kompresor

Kompresor adalah mesin atau alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan atau memampatkan fluida gas atau udara. Kompresor biasanya menggunakan motor listrik, mesin diesel atau mesin bensin sebagai tenaga penggeraknya. Udara bertekanan hasil dari kompresor biasanya diaplikasikan atau digunakan pada pengecatan dengan teknik spray/ air brush, untuk mengisi angin ban, pembersihan, pneumatik, gerinda udara (air gerinder) dan lain sebagainya.


Prinsip kerja kompresor dapat dilihat mirip dengan paru-paru manusia. Misalnya ketika seorang mengambil napas dalam – dalam untuk meniup api lilin, maka ia akan meningkatkan tekanan udara di dalam paru-paru, sehingga menghasilkan udara bertekanan yang kemudian digunakan atau dihembuskan untuk meniup api lilin tersebut.



Jenis – jenis kompresor
Secara umum kompresor dibedakan menjadi dua jenis yaitu kompresor dinamis dan kompresor perpindahan positif.

1.Kompresor perpindahan positif
Kompresor perpindahan positif dibedakan menjadi…

Separator dan Peralatan Instrumentasi pendukungnya

Fluida produksi yang akan dijual harus memenuhi spesifikasi produk, sehingga fluida mengalami beberapa proses.Pada tahap proses produksi,fluida masih berupa campuran antaragas, condensate, water dan solid. Mengingat pentingnya pemisahan agar dapat memenuhi spesifikasi produk maka fluida harus dipisahakan masing-masing fasa (gas, condensate, dan water). Pemisahan awal ini dilakukan karena untuk proses pemisahan masing-masing fasa untuk proses selanjutnya berbeda.
High pressureSeparatoradalah bejana horizontal yang memiliki pressure dan temperature tinggi,berfungsi sebagai pemisah awal berdasarkan fasa (gas, condensate, dan water) sehingga untuk proses selanjutnya lebih fleksibel. Fluida yang dihasilkan dari sumur produksi masih terdiri dari campuragas,condensate,water dan solid.Fluida dapat mencapai permukaan karena tekanan permukaan lebih rendah dibandingkan dengan tekanan reservoir. Kemampuan cairan untuk melarutkan gas akan menurun sehingga gas akan terpisah dari cairan. Agar terjadi…

Governor Jenis Dan Cara Kerjanya Dalam Dunia Permesinan

Mesin genset harus mempertahankan kecepatan putarannya dengan konstan agar frekuensi listrik yang dihasilkan oleh generatornya juga stabil. Kecepatan putaran mesin ini dikendalikan dengan cara mengontrol jumlah bahan bakar yang disalurkan ke ruang bakar mesin. Bila putaran mesin terlalu rendah, maka jumlah BBM yang disalurkan harus ditambah, dan sebaliknya, jika terlalu tinggi, jumlah BBM harus dikurangi. Untuk mesin kendaraan, fungsi pengendalian jumlah bahan bakar ini dikerjakan oleh Sang Pengemudi dengan menekan atau mengangkat pedal gas sesuai kebutuhan. Namun pada mesin genset, fungsi ini tidak mungkin diserahkan kepada manusia. Karena itu digunakanlah Governor untuk mengontrol secara otomatis penyaluran BBM sesuai dengan beban mesin. Secara spesifik, fungsi Governor pada mesin genset adalah: Memudahkan mesin hidup saat start dengan memperbanyak penyuplaian penginjeksian bahan bakar.Mempertahankan kecepatan putaran mesin, mencegah overspeed.Membatasi kecepatan putaran mesin pada …

Macam - Macam Bearing dan Kegunaannya di Permesinan

Sebagai Seorang Mechanic, Tentunya kita sudah Mengetahui Apa Yang Dimaksud dengan Bearing (Bantalan). Tetapi, Tidak menutup kemungkinan Masih ada juga Teman-Teman Teknik yang belum mengetahuinya dan sekaligus saya juga ingin memberi tahukan tentang Bearing (Bantalan) ini Kepada Siapa saja yang ingin Mengetahuinya.

Bearing adalah alat yang memungkinkan terjadinya pergerakan relatif antara dua bagian dari alat atau mesin, biasanya gerakan angular atau linear. Dengan adanya Bearing, gesekan antara dua bagian tersebut menjadi sangat minim dibandingkan tanpa bearing.

Dan Berikut adalah macam - macam jenis Bearing :
Ball Bearing Ball bearing merupakan bearing yang paling umum dan tak hanya digunakan untuk automotive equipment. Biasanya komponen ini digunakan pada mesin dan alat-alat rumah tangga.
Ball-Bearing Roller Bearing Bearing ini punya kinerja sederhana tapi gerak putarnya efektif. Sehingga menjadi bearing yang paling banyak dipakai karena bisa mewakili baik beban putar (radial load) …

Seputar RIG HWU (Hydrolic Workover Unit ) atau Snubbing Unit

Snubbing unit itu adalah unit Rig unit berskala kecil yg biasa digunakan dalam workover unit (perbaikan sumu) atau kadang2 juga digunakan dalam drilling operation berskala kecil. prinsipnya bekerja atas prinsip hydraulic. dimana 4 silinder hydraulic berfungsi menaikkan dan menurunkan slip (alat untuk memegang dan melepaskan tubing/drill pipe) dinamik. ada 2 macam slip dalam snubbing unit, yaitu slip statik dibagian bawah dan slip dinamik dibagian atas.



Pada saat akan menurunkan tubing/drill pipe, awalnya slip dinamik lah yg memegang tubing/DP sementara slip statik dlm posisi free. Kemudian slip dinamik tsb diturunkan sambil membawa tubing/DP yg dipegangnya ke bawah sampai mentok di atas slip statik. Lalu gantian slip statik yg memegang tubing/DP sementara slip dinamik free dan dinaikkan ke atas untuk memegang tubing/DP berikutnya. slip statik free dan slip dinamik diturunkan lagi ke bawah . dan begitu seterusnya hingga tbg/DP sampai di kedalam yg kita tuju. Keunggulan sn…

TroubleShoot Mencari Penyebab Push Rod Bengkok Pada Engine Diesel Cat D3406

Hallo teman - teman, jumpa lagi dengan Dhevils mechanic.  pernahkah kalian mengalami unit negin yang tadinya normal selang operasi beberapa lama push rod bengkok? dan itu pernah terjadi di unit yang dhevils mechanic rawat.

Kejadian push rod bengkok ini terjadi pada unit Caterpillar model Cat D3406 yang beoperasi sebagai prime over pompa Sykes. unit engine pump ini berfungsi sebagai pompa air baku di WPS Kertasmaya PT Pertamina EP Field Jatibarang. Air baku di pompakan ke WTP Mundu dengan carak kurang lebih 32km. unit engine pump cat D3406 ini ada 2 unit dan beroperasi bergantian 24 jam non stop.
 Berawal dari laporan operator WPS, dimana unit tidak ada tenaga dan lama - lama unit engine mati, dan di start kembali susah hidup dan terasa berat pada saat start up.nya. dan team mechanic segera meluncur dari workshop BRU Mundu ke site.
Sesampai di sana team mechanic memastikan kondisi yang sebenarnya. dan berikut ini urutan pekerjaan yang dilakukannya.

baca juga :
Troubleshoot Engine Cat…