Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Pengantian Front Crankshaft Seal Pada Engine Caterpillar Prime Over Pedestal Crane Di Offshore Platform

Hallo teman - teman semua, jumpa lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils mechanic dapat kiriman foto - foto pekerjaan dari temen - temen dhevils mechanic pada waktu masih kerja di offshore dulu. dan mereka sharring keseruannya terkait pengantian front seal crankshaft engine caterpillar ini. baca dan ikuti terus tulisan ini yaa... dan jangan lupa tulis komentarmu dan mungkin pengalaman kalian terhadap unit pedestal crane ini, supaya berbagi pengalaman ini lenih seru lagi dan dapat bermanfaat bagi yang lain.

Baca juga :






Pedestal crane adalah salah satu pesawat angkat yang ada di Offshore platform, dan merupakan jantungnya pengangkatan di offshore dari platform ke plaform, dari kapal ke platform atau sebaliknya dan kadang untuk mengangkat barang/material dari kapal ke kapal. Seandainya pedestal crane ini rusak maka pemindahan material di offshore platform akan menemui banyak kesulitan karena ruangannya di offshore platform sangat terbatas dan dikawatirkan mengenai equipment yang ada. Sehingga kehandalan dari Pedestal crane ini harus selalu dijaga.
Pedestal crane yang ada di X-ray platform mengunakan diesel engine merk Caterpillar. untuk  pedestal crane merk manitec mengunakan caterpillar D3406 dan untuk pedestal crane merk Roto mengunakan primeover cat D3304, dan saat ini ada kendala dengan minyak pelumas / oli bocor pada crankshaft yaitu pada seal front crankshaft dan hal ini harus segera diperbaiki. jika tidak segera diperbaiki unit di kawatirkan ngejam dan ini merupakan pekerjaan tersulit di offshore karena alat angkat yang digunakan rusak dan pedestal crane ini posisinya di offshore paling tinggi.
Spare part di orderkan dari darat/ onshore, dan jika sudah komlite spartpart dikirim ke offshore mengunakan kapal barang / AHT atau jika kecil dititipkan ke kapal crew boat yang tiap minggu bolak - balik ke pelabuhan untuk mengambil dan mengatar crew change.
Setelah menyiapakan dokument adminitrasi SIKA, JSA dan safety meeting, baru pekerjaan pengantian seal crankshaft ini dapat dilalukan dan berikut ini urutan pekerjaan yang dilakukan pada saat pengantian front seal crankshaft ini :
Lepas v-belt protector /alat pengaman ini berfungsi melindungi crew tehadap putaran kipas, v belt jangan sampai tangan operator / tehnisi terjepit pada saat pengecheckan / penambahan air radiator. dalam pembongkaran ini gunakan kunci pas ring ukuran 1/2 inch dan untuk posisi yang susah dijangkau dapat mengunkan kunci shock dengan rachet.
Setelah protector terlepas dapat melepas Radiator. Radiator ini berfungsi untuk head exchanger dari panasnya engine yang mengunakan angin sebagai media pendinginnya. angin itu sendiri dihasikan dari putaran kipas yang terhubung dengan  pulley crankshaft. Untuk melepas radiator ini gunakan kunci pas ring atau kunci shock dengan ukuran 9/16".Oo iya sebelum melepas radoator ini lepas hose radiatornya dulu dengan mengunakan obeng min atau dapat juga mengunakan kunci pas ring ukuran 3/8 inch. dalam melepas hose ini hati - hati karena air radiator akan menyemburkan air pendingin mesin.
Setelah radoator terlepas, dilenjutkan pekerjaan pelepasan pulley crankshaft. dan biasanya pulley crankshat ini menjadi satu dengan pulley denvener.  gunakan kunchi shock 1 1/4 inch untuk melepas bolt pulley ke crankshaft. dan untuk pelepasan pulley gunakan treker. bentuk shaft dan pulley ini tirus sehingga tidak begitu sulit untuk melepasnya. dan tidak mengunakan spie.
Setelah pulley terlepas Seal cranshaft baru dapat dilepas, untuk melepasnya dapat mengunakan obeng tipis. Karena sudah rusak seal lama dapat di congkel keluar langsung. dan baru Oil seal yang baru dapat langsung dipasang dengan mendorongnya perlahan - lahan. Perhatikan posisi spring seal pada saat pemasangan jangan sampai terlepas atau malah menjepit bibir seal sebelah dalam.

Setelah Seal terpasang, pasang kembali part - part yang tadi dilepas dengan urutan terbalik dari bawah, setelah semua part terpasang. isi air radiator, check minyak pelumas, dan check sekeling engine barangkali ada baut yang beleum terpasang atau ada kunci/toolkit yang tertinggal di sela - sela engine. dan ikuti SOP start engine yang biasanya tertempel di pintu kabin engine.
Demikianlah tulisan ini semoga dapat bermanfaat, ditunggu komentar dan diskusinya jika mempunyai pengalaman yang serupa atau berbagi pengalaman - pengalaman kerja yang lain terutama di dunia mekanik Oil and Gas Industry

Comments

Dwie said…
semoga dapat bermanfaat

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...