Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Shearpin Coupling Dan Safety Device Pada Kawasaki Gas Turbine Generator

Hallo teman - teman semua, gimana kabar kalian selama ini? semoga selalu sehat wal afiat yaa.. ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang pasti tak jauh membahas dunia mechanic di oil and gas industry.  entah itu terkait specj unit yang di gunakan di oil and gas, entah itu terkait troubleshot yang sering dilakukan oleh temen - temen mechanic dan juga membahas ide - ide yang sering digunakan dalam meneyelseikan permaslahan dilapangan. dan kali ini yuk membahs shearpin yang digunakan pada gas turbine generator, terkait  kegunaan dan ditempatkan dimana.

Baca juga :


Jika kita bercerita tentang turbine, pasti banyak safety device yang dipasangnya, karena turbin identik dengan unit dengan power yang besar, RPM  tinggi dan kondtruksinya yang berbeda dengan engine convesional sehingga harga turbin pun tergolong mahal. dan hal ini membuat manufacture membuat bermacam - macam alat pengaman supaya turbin ini dapat berjalan dengan sempurna dengan durability yang panjang.

Dan kali ini yuk kita cerita turbin yang digunakan untuk mengerakan generator. yang biasa kita sebut dengan Gas Turbin generator, Safety device yang terpasang selain  untuk mengamankan generator dan juga untuk mengamankan engine dari turbin tersebut.

Untuk pengamanan engine dari kondisi internal beberapa diantaranya :

1. low pressure lube oil, alarm ini mengindikasikan jika terjadi low pressure lube oil apada gearbox atau sesudah keluar dari oil filter dan disini sensornya di letakan di beberapa titik.

2. high temp oil,  ini mengindikasikan jika terjadi kegagalan pada system oil cooler sehingga minyak pelumas yang di sirkulasikan mempunyai temperature lebih dari yang di standardkan

3. low pressure fuel, ini menandakan suplaya untuk bahan bakarnya kurang dari kebutuhan dan hal ini ada dua indikasi yang di sampaikan yaitu pressure untuk fual gas dan pressure unyuk liquid fuel

4. high pressure fuel, hal ini disampaikan untuk alarm pressure gas yang sering naik dengan sendirinya dan kegagalan pada pressure regulator, pressure gas yang naik signifikan ini berbahaya untuk gas turbin generator karena kan menyebabkan overspeed dan menyebabkan kerusakan fatal pada turbine
  
5. vibration gearbox,  Sensor vibration ini sangat penting karena kan mempengaruhi dari performa tuebin sehingga jika hal ini terjadi biasanya ada kersakan yang fatal pada turbin

6. vibration engine 1, vribration sensor yang dipasang ini untuk memonitor vibrassi yang terjadi pada engine 1 ini khusu untuk gas turbin yang mengunakan 2 power combuster yang berbeda untuk mengerakan 1 gearbox.

7. vibration engine 2, Vibration sensor yang dipasang ini untuk memonitor vibrassi yang terjadi pada engine 2 ini khusu untuk gas turbin yang mengunakan 2 power combuster yang berbeda untuk mengerakan 1 gearbox.8. Shearpin coupling

9. high speed / overspeed, sensor ini untuk mengamankan unit gas turtbin jika terjadi overspeed, sama halnya unit engine recipracting sensor overspeed ini sellau dipasang pada unit - unit turbomachenery.

10 dst, masih banyak lagi sensor- sensor atau alat pengaman dipasang pada unit gas turbin yang belum tersampaikan di kesempatan ini.

Seperti halnya generator pada umumnya untuk Pengaman pada bagian generator yang digerakan oleh gas turbine ini  antara lain :

1. low voltage, jika terjadi pembacaan low voltage dari keluaran generator.

2. high voltage, sama hal nya low voltage, Untuk high voltage ini sangat berbahaya untuk power suplay atau peralatan yang mengunakan tegangan dari output generator ini.

3. over current, sebagai pengaman dari generator saat mendapatkan beban yang lebih.

4. voltage exitasion, pengaman pada bagaian exitasion generator, yaitu pembatasan tegangan yang masuk ke exitasion

5. unbalace current. ini terjadi jika unbalace pada load yang melebih i dari standard yang diinginkan atau distandardkan ol;eh manufacture

6. reverse power. untuk hak ini kalian bisa kunjungi tulisan dhevil terkait reverse power pada generator

7. dst , masih banyak lagi pengaman - pengaman pada generator yang blum sempat tersampaikan di kesempatan ini
Cerita dengan jika ada beban kejut yang melebihi ambang batas tolerensi yang diperbolehkan oleh manufacture terdapat pengaman terakhir yang disebut dengan shearpin coupling, dimana pada coupling penghubung antara turbin gearbox dan generator terpasang baut yang dapat putus dengan torsi tertentu. Dan baut tersbut sadalah ShearPin .
Bentuk dari shearpin bermacam - macam ada yang hanya berbentuk pen, single nut, double nut dan seterusnya. intinya shearpin tersebut dapat putus dengan seetika jika terjadi lebihan beban torsi yang melewatinya.

Penempatan Shearpin juga bermacam - macam tergantung dari manufacture equipment yang dipasang pengaman tambahan shearpin ini. jika kita menilik dari kawasaki gas turbin type GPB30, sheapin di pasangkan diantara dua flexiblecoupling dan couplingnya mengunakan type diagpragma, dan shearpin ini berfungsi memutus hubungan antara primeover gas turbine dengan generator.


Hal yang pernah terjadi adalah unit generator mendapatkan beban kejut karena terjadi pemasalhan pada saat sincrone dua generator yang slah satunya reverse power. dan hal ini menyebabkan shear pin putus, sehingga unit gas turbine generator dapat terselamatkan. karena jika tidak putus maka hal - hal yang tidak diinginkan dapat terjadi seperti impeller turbin pecah, gearbox rusak, dan lain sebagainya.

Demikianlah tadi sekelumit cerita tentang alat pengaman yang yang bernama shearpin, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita terkait dunia mechanic oil and gas. kalian juga dapat kunjungi  dunianya dhevils mechanic di :

Facebook fan page :


Channel Youtube nya dhevils mechanic :


Karena kami bangga dan bahagiyah dapat berbagi pengalaman kerja kami
#dhevilsmechanic
#DwieSangDhevilsMechanic


























 

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...